SOSIALISASI PENCATATAN SPP ONLINE DI SMK TELKOM MEDAN UNTUK MENINGKATKAN RELEVANSI LAPORAN KEUANGAN

Wahdan Arum Inawati, Ruri Octari Dinata, Tri Utami Lestari

Sari


Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) adalah dana yang wajib dibayarkan dari siswa kepada sekolah untuk menunjang terselenggaranya sistem belajar mengajar yang baik. Pengelolaan SPP menjadi poin penting bagi terciptanya transparansi untuk meningkatkan relevansi laporan keuangan sekolah. Murid dan orag tua dapat menjadi pengawas dalam sistem pencatatan dana sekolah. Berdasarkan hasil pengumpulan data awal, SMK Telkom Medan masih melakukan pencatatan SPP secara manual sehingga dapat berpeluang menimbulkan pencatatan yang tidak transparan. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini, tim menggunakan metode sosialisasi untuk memberikan pemahaman yang memadai kepada manajemen sekolah akan pentingnya penerapan tata kelola sekolah. Pelaksanaan kegiatan ini telah berjalan baik dan manajemen sekolah mengisi feedback yang telah disediakan. Berdasarkan feedback yang telah diisi oleh peserta kegiatan pengabdian ini mendapatkan tanggapan positif. Saran untuk kegiatan selanjutnya adalah melakukan kegiatan secara onsite karena lebih efektif jika disampaikan langsung di lokasi mitra. Adanya programmer dapat membantu tim dalam membuat sistem yang bertujuan untuk meningkatkan transparansi sehingga relevansi laporan keuangan terpenuhi.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


FASB. (1980). Statement of Financial Accounting Concepts No. 2 - Qualitative Characteristics of Accounting Information. FASB Concepts Statements, 2, 0.

Korupsi Dana Desa Paling Banyak Terjadi Selama Semester I/2020 | Databoks. (2020). https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/09/30/korupsi-dana-desa-paling-banyak-terjadi-selama-semester-i2020.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In CV Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.33024/pkmakt.v2i1.6724

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit : Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi, Universitas Malahayati, Bandar Lampung