ANALISIS KUALITAS PELAYANAN GEDUNG PARKIR PEMERINTAH KOTA BANDAR LAMPUNG TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA LAYANAN DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALISYS (IPA)

Lazuardita S, Mira Wisman, Dewi Fadilasari

Abstract


ANALISIS KUALITAS PELAYANAN GEDUNG PARKIR PEMERINTAH KOTA BANDAR LAMPUNG TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA LAYANAN DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALISYS (IPA)

Oleh

 

LAZUARDITA S

 

Pertumbuhan penduduk di Bandar Lampung mengakibatkan peningkatan infrastruktur untuk mendukung mobilitas dan layanan publik. Transportasi dan fasilitas parkir penting dalam perkembangan ekonomi, pariwisata, pendidikan, sosial, dan budaya. Kualitas layanan pemerintah berpengaruh pada kepuasan pengguna, terutama fasilitas parkir. Evaluasi umpan balik pengunjung diperlukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan Pemerintah Kota Bandar Lampung. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan penguna layanan gedung parkir pada Parkiran Gedung Satu Atap Pemerintah Kota Bandar Lampung dan untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap  kepuasan pengguna layanan parkir di Parkiran Gedung Satu Atap Pemerintah Kota Bandar Lampung Analisa dilakukan dengan metode IPA (Importance Performance Analisys). Berdasarkan hasil penelitian kualitas pelayanan yang paling tinggi adalah faktor (Keselamatan) variabel pertanyaan P4 Ada jalur evakuasi yang jelas dan aman digedung parkir yaitu sebesar 102,62%, sedangkan kualitas pelayanan yang rendah adalah faktor (Kenyamanan) variabel pertanyaan P10 Tersedianya fasiltas tambahan seperti toilet, tempat ibadah atau istirahat yang bisa digunakan yaitu sebesar 72,79% Hasil keseluruhan indikator antara kenyataan dan harapan yang di hasilkan dari penelitian ini tingkat kesesuaian total sebesar 86,85% (sangat puas). Hal ini menunjukan bahwa pengguna layanan merasa puas terhadap kualitas pelayanan gedung parkir pemkot bandar lampung karena sudah melebihi presentase 81-100% yaitu menjukan kepuasan pengguna layanan terhadap gedung parkir.

 

 

Kata Kunci : IPA, Kualitas Pelayanan, Gedung Parkir

Full Text:

PDF

References


Arikunto S, (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Cetakan ke- Jakarta: PT Rineka Cipta. Halaman: 67,225.

Immanuel, G. A., & Setiawan, R. (2020). Implementasi Metode Importance Performance Analysisuntuk Pengukurankualitas Sistem Informasi Akademik. KURAWAL Jurnal Teknologi, Informasi Dan Industri, 3(2), 181–190.

Keputusan Menteri pendayagunaan Aparatur Negara: 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang “Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik Keputusan”. Yogyakarta: GRAHA ILMU, 2004.

Likert RA. (1932). Technique for the measurement of attitudes. Archives of Psychology, 140 pp: 1-55 Bandung.

Nasution. (2010). Importance Performance Analysis. Jakarta: Bumi Aksara.

Perda. (2011). Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung Nomor 10 Tahun 2011.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Jakarta : Lembaga

Tata Cara Perancangan Sistem Pencahayaan Buatan Pada Bangunan Gedung, (SNI 03-6575-2001)




DOI: https://doi.org/10.33024/jrets.v8i1.12550

Refbacks



Copyright (c) 2024 Jurnal Rekayasa, Teknologi, dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Rekayasa, Teknologi, dan Sains View My Stats

 Jurnal Rekayasa, Teknologi, dan Sains  indexed by:


Secretariat Office:
UNIVERSITAS MALAHAYATI
Mail  : Jl. Pramuka No. 27, Kemiling, Kota Bandar Lampung
Telp  : 0811729009
email: jurnalrts.ft@malahayati.ac.id

<" Copyright UNIVERSITAS MALAHAYATI
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License