Analisis Tingkat Kepuasan Pejalan Kaki Terhadaptrotoar Di Pusat Kota Bandar Lampung (Studi Kasus: Di Sepanjang Trotoar Jalan Kartini)

Irfan Hasbi, Karlia Dirangga, Dewi Fadilasari

Abstract


ABSTRAK

 

Trotoar merupakan bagian ruang terbuka publik yang berfungsi sebagai jalur khusus pejalan kaki untuk dapat melakukan aktifitasnya dengan aman dan nyaman. Namun keberadaan trotoar tidak berfungsi sebagaimana mestinya, seperti pada Trotoar di Jalan Kartini Kota Bandar Lampung saat ini banyak terjadi penyalahgunaan, tidak hanya pedagang kaki lima (PKL) dan parkir kendaraan, serta keadaan trotoar juga dapat dikatakan kurang layak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tingkat kepuasan pejalan kaki di Jalan Kartini Kota Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data ini ialah melalui teknik pengumpulan data dengan cara pengamatan (wawancara atau kuisioner) yang digunakan adalah metode Importance Performance Analysis (IPA) yang digunakan untuk mengukur kepuasan pejalan kaki ditinjau dari keamanan kenyamanan dan keselamatan dari seluruh aspek tersebut di buat kuesioner dengansebanyak 100 responden menunjukan tingkat kepuasan pejalan kaki di trotoar jalanKartini Bandar Lampung ialah sebanyak 55,67%, berdasarkan tabel CSI kualitas pelayanan trotoar dianggap cukup puas.

 

Kata Kunci : pejalan kaki, kepuasan, trotoar     

 

ABSTRACT

 

Analysis Of The Level Of Pedestrian Satisfaction With Sidewalks In The City Center Of Bandar Lampung (Case Study: Along The Sidewalk Of Jalan Kartini). The sidewalk is a part of public open space that functions as a special path for pedestrians to carry out their activities safely and comfortably. However, the existence of sidewalks does not function as it should, such as on the sidewalks on Jalan Kartini, Bandar Lampung City, currently there is a lot of misuse, not only from street vendors (PKL) and vehicle parking, and the condition of the sidewalkscan also be said to be inadequate. This research aims to determine the level of pedestrian satisfaction on Jalan Kartini, Bandar Lampung City. The method used in collecting this datais through data collection techniquesby meansof observation(interviews or questionnaires) which is used is the Importance Performance Analysis (IPA) method which is used to measure pedestrian satisfaction in terms ofsecurity, comfort and safety from all these aspects in created a questionnaire with 100 respondents showing that the level of pedestrian satisfaction on the sidewalks of Jalan Kartini Bandar Lampung was 55.67%, Based on the CSI table, the quality of sidewalk service is considered quite satisfactory.

 

Keywords: pedestrians, satisfaction, sidewalks


Keywords


pejalan kaki;kepuasan;trotoar

Full Text:

PDF

References


Bakri, Istaslama. 2013. Alih Fungsi Trotoar Menjadi Tempat Pedagang Kaki Lima Jalan Z.A. Pagar Alam Bandar Lampung. Skripsi Universitas Bandar Lampung

Direktorat Jendral Perhubungan Bina Marga, Departemen Pekerjaan Umum RI, (1999), Pedoman Perencanaan Jalur Pejalan Kaki Pada Jalan Umum.

Direktorat Jendral Perhubungan Bina Marga, Departemen Pekerjaan Umum RI, (1999), Pedoman Perencanaan Jalur Pejalan Kaki Pada Jalan Umum.

Muchtar, Chaerul. 2010. Identifikasi Tingkat Kenyamanan Pejalan Kaki Studi Kasus Jalan Kedoya Raya – Arjuna Selatan, Jurnal PLANESATM. 1 (2).

Undang- Undang nomor 22 tahun 2009 Dirjen Penataan Ruang 2000. Pedoman Penyediaan dan Pemanfaatan Prasarana dan Sarana Ruang Pejalan Kaki di Perkotaan.




DOI: https://doi.org/10.33024/jrets.v8i2.15344

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Rekayasa, Teknologi, dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Rekayasa, Teknologi, dan Sains View My Stats

 Jurnal Rekayasa, Teknologi, dan Sains  indexed by:


Secretariat Office:
UNIVERSITAS MALAHAYATI
Mail  : Jl. Pramuka No. 27, Kemiling, Kota Bandar Lampung
Telp  : 0811729009
email: jurnalrts.ft@malahayati.ac.id

<" Copyright UNIVERSITAS MALAHAYATI
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License