Kajian Standardisasi Prasarana Pada Sekolah SMP Negeri 33 Bandar Lampung
Abstract
ABSTRAK
Sekolah merupakan lembaga Pendidikan formal dengan tujuan untuk mengembangkan potensi siswa. Faktor penentu keberhasilan dan jalannya proses pembelajaran dengan lancar di sekolah yaitu dengan adanya fasilitas prasarana yang sesuai untuk mendukung dan mempermudah siswa dalam memahami konsep pembelajaran. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2007 Tanggal 28 Juni meliputi persyaratan minimum untuk prasarana yaitu mencakup lahan, bangunan, ruang-ruang, serta instalasi listrik dan layanan. Semua sekolah harus memenuhi kriteria standar minimum daripada peraturan yang berlaku. Studi kasus penelitian ini adalah SMP negeri 33 Bandar Lampung. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi untuk melakukan survei terhadap kondisi faktual sekolah dan menggunakan teknik analsisis deskriptif untuk mengkaji data dengan menyandingkan pada peraturan dan standar yang berlaku. Hasil analisis menunjukan bahwa prasarana sekolah masih kurang sesuai dan belum memenuhi standar prasarana yang berlaku. Oleh karenanya perlu penyediaan sarana dan prasarana Pendidikan untuk membantu keberlangsungan proses belajar.
Kata Kunci: sekolah, standar prasarana, smp, pendidikan
ABSTRACT
Study Of Infrastructure Standardization In 33 State Junior High Schools In Bandar Lampung. Schools are formal educational institutions with the aim of developing student potential. The determining factor for success and the smooth running of the learning process in school is the existence of appropriate infrastructure to support and make it easier for students to understand learning concepts. Based on the Minister of National Education Regulation Number 24 of 2007 dated June 28, it includes minimum requirements for infrastructure, namely land, buildings, spaces, as well as electrical installations and services. All schools must meet the minimum standard criteria of the applicable regulations. The case study for this research is SMP Negeri 33 Bandar Lampung. The data collection method is carried out by observation to conduct a survey of the school's factual conditions and using descriptive analysis techniques to examine the data by comparing it to applicable regulations and standards. The results of the analysis show that school infrastructure is still inadequate and does not meet applicable infrastructure standards. Therefore, it is necessary to provide educational facilities and infrastructure to help the continuity of the learning process.
Keywords: school, infrastructure standards, junior high school, education
Full Text:
PDFReferences
Perspektif Technologi Acceptance Model. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
https://repository.unika.ac.id/14719/4/12.60.0192 Fransisca Anita Carolina BAB III.pdf
Abdul, A. (2020). Teknik Analisis Data Analisis Data. Teknik Analisis Data Analisis Data, 1–15. https://lms.syam-ok.unm.ac.id/pluginfile.php/458566/mod_resource/content/1/PERTEMUAN 14. TEKNIK ANALISIS DATA.pdf
Ariefa Efianingrum. (2007). METODE PENELITIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF. 4(1), 88–100. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132206551/pendidikan/SEMINAR+SOSIOLOGI.pdf
Hasan (82). (2002). DataPrimer. https://raharja.ac.id/2020/11/08/data-primer/
Kemdikbud. (2015). tugas-dan-fungsi @ www.kemdikbud.go.id. https://www.kemdikbud.go.id/main/tentang-kemdikbud/tugas-dan-fungsi
M. Ghiffary, I.Gst.Lanang, Agung Parwata, N. L. P. S. (2021). Ketersediaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(2), 68. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i2.30878
Marimbun, M., & Pohan, R. A. (2021). Gambaran Sarana dan Prasarana Bimbingan dan Konseling pada Sekolah Menengah Negeri di Indonesia. ENLIGHTEN (Jurnal Dan Bimbingan Konseling Islam), 4(2), 76–87. https://doi.org/10.32505/enlighten.v4i2.3365
Permen pendidikan Nasional. (2007). LAMPIRAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NOMOR 24 TAHUN 2007 TANGGAL 28 JUNI 2007 tentang STANDAR SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH/MADRASAH PENDIDIKAN UMUM. 3–3. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/2020/10/Lampiran Permen 24 2007 Standar Sarana Prasarana.pdf
SIN ULUPUTTY. (2021). ANALISIS STANDAR SARANA DAN PRASARANA LABORATORIUM IPA DI SMP N 14 AMBON. 6.
Wati, D. C., & Arif, D. B. (2017). Penanaman Nilai-nilai Religius di Sekolah Dasar untuk Penguatan Jiwa Profetik Siswa. November. https://ppkn.uad.ac.id/wp-content/uploads/60-63-Dian-Chrisna-Wati-Dikdik-Baehaqi-Arif.pdf
DOI: https://doi.org/10.33024/jrets.v8i2.16584
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Rekayasa, Teknologi, dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Rekayasa, Teknologi, dan Sains View My Stats
Jurnal Rekayasa, Teknologi, dan Sains indexed by:
UNIVERSITAS MALAHAYATI
Mail : Jl. Pramuka No. 27, Kemiling, Kota Bandar Lampung
Telp : 0811729009
email: jurnalrts.ft@malahayati.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License