Analisis Penyebab Keterlambatan Pengiriman Barang Produk Karton Sheet dengan Metode FMEA dan Rekomendasi Solusi pada Industri Karton Sheet
Abstract
Bagian pengiriman dalam sebuah perusahaan memiliki peran penting dalam memastikan produk sampai ke tangan pelanggan dengan tepat waktu, aman, dan dalam kondisi baik. Sehingga dengan demikian, kinerja bagian pengiriman memiliki dampak yang sangat besar bagi keberhasilan operasional dan reputasi perusahaan. Kinerja bagian pengiriman bukan hanya soal mengantar barang dari satu titik ke titik lain, tapi juga tentang membangun kepercayaan, menciptakan pengalaman pelanggan yang positif, dan menjaga efisiensi internal. Oleh karena itu, bagian ini sangat krusial dalam mendukung keberhasilan jangka panjang perusahaan. Untuk memperbaiki kinerja bagian pengiriman, perusahaan perlu melakukan pendekatan secara menyeluruh, baik dari sisi operasional, teknologi, hingga sumber daya manusia. Sebagai langkah awal di dalam memperbaiki kinerja bagian pengiriman adalah menganalisis proses pengiriman saat ini dan memperbaiki potensi kegagalan. Tujuan penelitian adalah untuk melakukan analisis proses pengiriman saat ini dengan menggunakan metode FMEA dan merekomendasikan solusi perbaikan, khususnya terkait dengan pengiriman tepat waktu. Dari hasil analisis FMEA, potensi kegagalan yang memiliki nilai RPN di atas 100 direkomendasikan solusi perbaikan untuk menghilangkan akar masalah. Potensi kegagalan di mana conveyor beroperasi tidak normal dengan RPN sebesar 224 menjadi prioritas pertama untuk diselesaikan akar masalahnya, dan solusi yang direkomendasikan adalah memperbaiki conveyor sehingga beroperasi normal khususnya perbaikan pada tombol on/off yang sering error dan melakukan kegiatan perawatan secara periodik. Potensi kegagalan di mana durasi pengiriman lebih lama menjadi prioritas berikutnya untuk diselesaikan dengan dua solusi yang ditawarkan. Untuk potensi kegagalan yang disebabkan oleh sopir buang-buang waktu selama perjalanan dengan nilai RPN sebesar 162, solusi yang direkomendasikan adalah pemasangan unit GPS pada setiap kendaraan. Untuk potensi kegagalan yang disebabkan terjadi kerusakan pada kendaraan dalam perjalanan, solusi yang direkomendasikan adalah pemeriksaan kondisi kendaraan secara secara konsisten sebelum keberangkatan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Shboul, M. A. (2017). Infrastructure framework and manufacturing supply chain agility: the role of delivery dependability and time to market. Supply Chain Management, 22(2), 172–185. https://doi.org/10.1108/SCM-09-2016-0335
Benavides-Peña, I. V., Garza-Amaya, V., Garza-Madero, C., & Villarreal, B. (2017). Improving on-time delivery eliminating routing waste: A case study. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, 9.
Bushuev, M. A. (2018). Delivery performance improvement in two-stage supply chain. International Journal of Production Economics, 195, 66–73. https://doi.org/10.1016/j.ijpe.2017.10.007
Cui, R., Lu, Z., Sun, T., & Golden, J. M. (2023). Sooner or Later? Promising Delivery Speed in Online Retail. Manufacturing and Service Operations Management, 26(1), 233–251. https://doi.org/10.1287/msom.2021.0174
Dai, T., Cho, S. H., & Zhang, F. (2016). Contracting for on-time delivery in the U.S. Influenza vaccine supply Chain. Manufacturing and Service Operations Management, 18(3), 332–346. https://doi.org/10.1287/msom.2015.0574
Fatah, K. M. A. (2022). Menghilangkan Keluhan Pelanggan Dengan Menggunakan Teknik Poka-Yoke Sederhana Berbiaya Murah. J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 17(3), 168–173. https://doi.org/10.14710/jati.17.3.168-173
Gui, L. (2014). Rec cent Tr rends in Sup pply Chain Deliv very Models. 8(6), 1823–1826.
Hardono, J., Hidayat, D. F., & Irawati, D. (2020). ANALISA PERBAIKAN KINERJA PENGIRIMAN PRODUK R754046 DI PT. 9(1).
Hersanto, C. M., Adiningrum, N. T. R., & Sumarna, D. L. (2023). Analysis of the Causes of Delay in Delivery of Goods at Pos Express Using the Six Sigma Method. Journal Article, 16(01), 42–53.
Miftah, R., & Arizqi, N. (2023). PRODUK JADI DI PT TSUCHIYOSHI PROCORE INDONESIA. 6(2).
Niemi, T., Hameri, A. P., Kolesnyk, P., & Appelqvist, P. (2020). What is the value of delivering on time? Journal of Advances in Management Research, 17(4), 473–503. https://doi.org/10.1108/JAMR-12-2019-0218
Pangestuti, D. C., Nastiti, H., & Husniaty, A. R. (2022). Analisis Risiko Operasional Dengan Metode FMEA. 10(2), 177–186.
Rollandiaz, S., & Iskandar, Y. A. (2024). Evaluasi Keterlambatan Pengiriman Produk Bahan Bakar Minyak Menggunakan Lean Six Sigma. INFOTECH Journal, 10(1), 74–83. https://doi.org/10.31949/infotech.v10i1.8796
Sahara, S., & Munawwarah, O. (2023). EVALUATION OF HANDLING FREIGHT AT PT . LARIS CARGO. 06(01), 36–44.
Somadi, S. (2020). Evaluasi Keterlambatan Pengiriman Barang dengan Menggunakan Metode Six Sigma. Jurnal Logistik Indonesia, 4(2), 81–93. https://doi.org/10.31334/logistik.v4i2.1110
DOI: https://doi.org/10.33024/jrets.v9i2.21518
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Rekayasa, Teknologi, dan Sains

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Secretariat Office:
UNIVERSITAS MALAHAYATI
Mail : Jl. Pramuka No. 27, Kemiling, Kota Bandar Lampung
Telp : 0811729009
email: jurnalrts.ft@malahayati.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License