Pengaruh Pemanfaatan Hutan Mangrove Sebagai Sumber Belajar Ipa Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas VII SMP Misaya Mina Kandanghaur

Karsandi Karsandi, Rahma Dewi, Suniah Suniah

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan hutan mangrove Panjiwa Sumbermas sebagai sumber belajar IPA terhadap sikap peduli lingkungan siswa kelas VII SMP Misaya Mina Kandanghaur. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain pre-test post-test control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu VII A sebagai kelompok eksperimen dan VII B sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui angket skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.

Hasil uji-t menunjukkan nilai thitung = 2,59 dan ttabel = 2,005, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa pemanfaatan hutan mangrove sebagai sumber belajar memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan sikap peduli lingkungan siswa. Tiga indikator yang diukur, yaitu tanggung jawab, kebijaksanaan, serta menghargai dan menjaga lingkungan, menunjukkan peningkatan yang lebih signifikan pada kelas eksperimen dibanding kelas kontrol.

 

Kata Kunci: Quasi Experiment, Hutan Mangrove, Sumber Belajar IPA, Sikap Peduli Lingkungan

 

Abstract

 

This study aims to examine the effect of utilizing the Panjiwa Sumbermas mangrove forest as a science learning resource on students’ environmental awareness at SMP Misaya Mina Kandanghaur. The research employed a quasi-experimental method with a pre-test post-test control group design. The sample consisted of two classes: class VII A as the experimental group and class VII B as the control group. Data were collected using a Likert-scale questionnaire that had been tested for validity and reliability. The t-test results showed that the calculated t-value (2.59) exceeded the critical t-table value (2.005), indicating a significant difference between the experimental and control groups. This finding suggests that using mangrove forests as a learning resource has a positive effect on improving students’ environmental awareness. The three measured indicators—responsibility, wisdom, and respect and care for the environment—showed greater improvement in the experimental class compared to the control class.

 

Keywords: Quasi Experiment, Mangrove Forest, Science Learning Resource, Environmental Awareness

 


Keywords


Quasi Experiment, Hutan Mangrove, Sumber Belajar IPA, Sikap Peduli Lingkungan

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dahuri, R., Rais, J., Ginting, S. P., & Sitepu, M. J. (2001). Pengelolaan Sumber Daya Wilayah Pesisir dan Lautan Secara Terpadu. Jakarta: Pradnya Paramita.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). (2009). Data Spasial Tutupan Mangrove Kabupaten Indramayu. Jakarta: KLHK.

Kusmana, C. (2003). Teknik Rehabilitasi Mangrove. Bogor: IPB Press.

Magasing, S. (2013). “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Lingkungan Terhadap Kepedulian Lingkungan Siswa.” Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2), 45–54.

Palmer, J. A. (1998). Environmental Education in the 21st Century: Theory, Practice, Progress and Promise. London: Routledge.

Setyawan, A. D. (2017). “Analisis Perubahan Lahan Mangrove Menggunakan Citra Satelit di Kabupaten Indramayu.” Jurnal Sains dan Teknologi Lingkungan, 9(1), 23–31.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Utomo, C. B. (2010). “Integrasi Nilai Konservasi dalam Pendidikan Dasar.” Jurnal Pendidikan dan Lingkungan, 8(2), 112–120.

Waluyo, J. (2012). Ekologi Hutan Mangrove dan Strategi Konservasinya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Winarni, R. (2011a). “Peran Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkan Kepedulian Lingkungan.” Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 33–40.

Winarni, R. (2011b). Instrumen Penilaian Sikap dalam Pembelajaran IPA. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMP.

Winarni, R. (2016). “Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Lingkungan, 5(2), 87–95.

Yokhebed, L. (2016). “Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dalam Pendidikan IPA.” Jurnal Pendidikan Sains, 4(1), 55–62.




DOI: https://doi.org/10.33024/jrets.v9i2.21973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Rekayasa, Teknologi, dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Secretariat Office:
UNIVERSITAS MALAHAYATI
Mail  : Jl. Pramuka No. 27, Kemiling, Kota Bandar Lampung
Telp  : 0811729009
email: jurnalrts.ft@malahayati.ac.id

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
View My Stats