PENGARUH TEGANGAN LISTRIK TERHADAP KETEBALAN LAPISAN DAN LAJU KOROSI (MPY) HASIL ELEKTTROPLATING PLAT BESI STRIP DENGAN PELAPIS TEMBAGA

Abdullah Arkha, Usman Budiarta, Arief Sofyan

Abstract


Proses pelapisan dengan cara listrik atau elektroplating adalah proses pelapisan logam dan non logam yang menggunakan listrik arus searah melalui metode elektrolisis. Lapis listrik memberikan suatu perlindungan logam dengan memanfaatkan logam-logam tertentu sebagai lapis lindung misalnya tembaga, nikel, seng krom, emas, perak, kuningan, perunggu, dan lain sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan pengaruh tegangan yang digunakan terhadap ketebalan lapisan tembaga pada plat besi serta laju korosi yang terjadi pada pada variasi variabel tegangan sebesar 6, 9, 12, 15 volt, dan menentukan hasil pelapisan yang paling baik dan paling tebal serta memiliki laju korosi terendah. Material yang digunakan untuk menjadi spesimen pada penelitian ini adalah plat besi dengan dimensi berurutan panjang x lebar x tebal adalah 80 x 22 x 2 dalam satuan milimeter. Untuk bahan pelapis menggunakan larutan tembaga sianida (CUCN) dengan waktu pencelupan selama 20 menit. Untuk perhitungan laju korosi menggunakan metode pengurangan berat dari perendaman di larutan korosif, dan larutan korosif yang dipilih adalah campuran larutan asam nitrat (HNO3) 40 ml dan aquades 60 ml. Dari hasil pengaruh tegangan yang diberikan pada proses elektroplating terhadap ketebalan lapisan pada spesimen, tebal lapisan rata-rata tertinggi di dapat pada spesimen yang berlabel 5 yaitu 0,12mm (120 mikron) yang mana tegangan yang diberikan sebesar 15 volt. Dari hasil pengkorosian yang dilakukan, laju korosi rata-rata terendah di dapat juga pada spesimen yang berlabel 5 yaitu 213,67 Mpy.

Kata kunci : elektroplating, laju korosi (Mpy), pelapisan tembaga, variasi tegangan elektroplating.


ABSTRACT: The Effect Of Electric Voltage On The Layer Thickness And Corrosion Rate (Mpy) Elekttroplating Results Plat Iron Strip With Copper Copper.

Electrical coating process or electroplating is a process of coating a metal object by electrolytic deposition with another metal. Electroplating enables metal protection by utilizing certain metals as a protective metal like copper, nickel, zinc, chromium, gold, silver, brass, bronze etc. The objective of this study was to identify the effect of electricity voltage for electroplating process towards copper layer thickness on iron plate and corrosion rates for voltage variations on 6, 9, 12 and 15 volt. As addition, this study tried to find out the best coating result, the thickest and the lowest corrosion rate. The material used as specimen for this study was an iron plate with dimension length x width x thick, 80 x 22 x 2, respectively (in millimeter). The coat was made by immersing the plate into cyanide solution (CUCN) for 20 minutes. For calculating rate of corrosion through weight reduction method by submersing it into corrosive solution; the corrosive solution was compound from 40 ml nitric acid (HNO3) and 60 ml water. Result showed that the thickest layer was achieved on specimen with 5 label, 0.12 mm (120 micron) with 15 volt. The corrosion process revealed that the lowest rate of corrosion happened on specimen with label 5 for 213.67 Mpy.


Keywords : electroplating, rate of corrosion (Mpy), copper coating, electroplating voltage variation.


Keywords


teknik, mesin

References


A. Saleh, Azhar. (2014). Elektroplating Teknik Pelapisan Logam Dengan Cara Listrik. Bandung. Yrama Widya.

A. Saleh, Azhar. “Pelapisan Logam” Balai Besar Pengembangan Industri Logam dan Mesin.

Anton, J Hartono dan Tomijero, Aneko. (1992). Mengenal Pelapisan Logam Elektroplating. Yogyakarta. Andi Offset.

Azhar, M. (2011). Analisa Pengaruh Tegangan Listrik Terhadap Ketebalan Pelapisan Crom Pada Pelat Baja Dengan Proses

Elektroplating. Skripsi. Fakultas Teknik : Universitas Hassanudin Makasaar.

Hadromi. (2002). Industri Elektroplating Kecil dan Menengah. Yogyakarta.

Manurung, C. (2012). “Pengaruh Kuat Arus Terhadap Ketebalan Lapisan Dan Laju Korosi (Mpy) Hasil Elektroplating Baja Karbon

Rendah Dengan Pelapis Nikel.

Pattireuw, Kevin J. (2013). “Analisis Laju Korosi pada Baja Karbon Dengan Menggunakan Air Laut dan H2SO4”.

Purwanto, Syamsul Huda. (2005). Teknologi Industri Elekktroplating. Universitas Diponegoro. Semarang.

R, Kenneth dan Chamberlain Jhon. (1991). Korosi Untuk Mahasiswa Dan Rekayasawan. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Utami, I. (2009). “Proteksi Katodik dengan Anoda Tumbal sebagai Pengendali Laju Korosi Baja dalam Lingkungan Aqueous”. Jurnal Teknik Kimia. 3 (2), 242.

W, David. (2002). Prinsip-Prinsip Dasar Kimia Modern. Jakarta. Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.33024/jrets.v2i1.1117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Rekayasa Teknologi dan sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Rekayasa, Teknologi, dan Sains View My Stats

 Jurnal Rekayasa, Teknologi, dan Sains  indexed by:


Secretariat Office:
UNIVERSITAS MALAHAYATI
Mail  : Jl. Pramuka No. 27, Kemiling, Kota Bandar Lampung
Telp  : 0811729009
email: jurnalrts.ft@malahayati.ac.id

<" Copyright UNIVERSITAS MALAHAYATI
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License