PENGARUH GAYA REM CAKRAM (DISK BRAKE), KETEBALAN CAKRAM, MINYAK REM PADA SEPEDA MOTOR HONDA BEAT POP 2015, 110CC

Naufal Nawaf Hafizh, Muhammad Yunus, Wisnaningsih Wisnaningsih

Abstract


 

ABSTRAK

 

Sistem pengereman adalah salah satu bagian yang paling penting bagi kinerja sepeda motor. Rem merupakan suatu sistem yang bekerja untuk mengontrol, memperlambat, dan menghentikan perputaran. Prinsip kerja dari rem adalah merubah energi kinetik menjadi panas dengan cara menggesekkan piringan (disc brake / rotor) dengan kampas rem (brake pad) pada saat kedua komponen tersebut berkontak. Rem berfungsi untuk mengurai kecepatan dan menghentikan laju kendaraan. Sistem ini sangan penting karena memiliki fungsi sebagai alat keselamatan dan menjamin untuk pengendara yang aman. Kendaraan tidak dapat berhenti apabila pengereman hanya dilakukan dengan pengereman mesin, kelemahan ini harus dikurangi agar dapat menurunkan kecepatan gerak kendaraan hingga berhenti. Kerja rem disebabkan adanya gaya gesek pada rem melawan sistem gerak putar piringan (disk). Tujuan dari penelitian ini mengetahui fungsi dari sebuah pengereman dalam posisi kecepatan yang telah ditentukan. Hasil dari penelitian ini yaitu pada sebuah sepeda motor Honda Beat Pop dengan berat total 217 kg melaju dengan kecapatan 80 km/jam (22,22 m/s) melakukan pengereman pada sepeda motor tersebut sampai berhenti. Motor itu berhenti setelah menempuh jarak 50 m dengan kecepatan 80 km/jam.

 

Kata Kunci : rem cakram, ketebalan cakram, pengaruh gaya rem cakram

 

 

ABSTRACT

 

The Effect Of Disc Brake Force, Disc Thickness, Brake Oil On Honda Beat Pop 2015 Motorcycle, 110CC. The braking system is one of the most important parts for motorcycle performance. Brakes are a system that works to control, slow down, and stop rotation. The working principle of the brake is to convert kinetic energy into heat by rubbing the disc (brake disc / rotor) with the brake pads when the two components are in contact. Brakes function to break down the speed and stop the vehicle. This system is very important because it has a function as a safety tool and guarantees a safe rider. The vehicle cannot stop if braking is only done with engine braking, this weakness must be reduced in order to reduce the speed of the vehicle until it stops. Brake work is caused by the frictional force on the brakes against the disc rotational motion system. The purpose of this study is to determine the function of a braking in a predetermined speed position. The method used in this research is an experimental method which is carried out directly. The result of this research is that on a Honda Beat Pop motorcycle with a total weight of 217 kg traveling at a speed of 80 km/hour (22.22 m/s) braking the motorcycle until it stops. The motorcycle stops after traveling 50 m at a speed of 80 km/h.

 

Keywords: disc brake, disc thickness, effect of disc brake force

 

 


Full Text:

PDF

References


AISI. (2018). AISI - Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia: Statistic (Online).Tersedia: http://www.aisi.or.id/statistic/. Diakses tanggal 03 Mei 2022.

Astra Motor. (2019). Spesifikasi Harga.

Gusniar, I. N., & Ibrahim, S. A. (2021). Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 8 (November). https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/ptm/article/view/15447. Diakses tanggal 03 Mei 2022.

Hardianto, I., & Yung, H. S. (2008). Kinerja Rem Tromol Terhadap Kinerja Rem Cakram Kendaraan Roda Dua Pada Pengujian Stasioner. Jurnal, Jurusn Teknik Mesin, Universitas Kristen Petra Surabaya.

Inuma Toshiyuki. (2020). All New Honda Beat Berbalut Teknologi Baru. https://www.republika.co.id/berita/q47kt1463/all-new-honda-beat-berbalut-teknologi-baru. Diakses tanggal 03 Mei 2022.

Nasution, H. M., & Tr, M. S. (1996). Manajemen Transportasi, Ghalia Indonesia. Jakarta. Herbowo, (2012).

Rusli, M., Mulyadi, B., & Harri, H. (2010). Analisis getaran dan suara pada rem cakram saat beroperasi. In Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin (SNTTM) ke-9, Universitas Andalas.




DOI: https://doi.org/10.33024/jrets.v6i2.7382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Rekayasa, Teknologi, dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Rekayasa, Teknologi, dan Sains View My Stats

 Jurnal Rekayasa, Teknologi, dan Sains  indexed by:


Secretariat Office:
UNIVERSITAS MALAHAYATI
Mail  : Jl. Pramuka No. 27, Kemiling, Kota Bandar Lampung
Telp  : 0811729009
email: jurnalrts.ft@malahayati.ac.id

<" Copyright UNIVERSITAS MALAHAYATI
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License