ANALISA PENGENDALIAN KUALITAS BATUBARA DENGAN METODE SEVEN TOOLS DI RECEIVING LINE CPCT (COAL PREPARATION AND COKE TRANSPORTATION) PT KRAKATAU POSCO CILEGON

sri mukti wirawati

Abstract


Faktor utama yang menentukan suatu perubahan adalah kualitas barang dan jasa yang sesuai dengan apa yang diinginkan konsumennya. Oleh karena itu organisasi atau perusahaan perlu mengenal konsumen atau pelanggannya dan mengetahui kebutuhan dan keinginannnya. Peralatan (7 tools) pengendalian kualitas ; Histogram, Diagram pareto, Diagram SIPOC dan Diagram tulang ikan merupakan salah satu yang digunakan untuk menunjukan faktor, tingkat dan kuantitas secara umum dari suatu penyimpangan. Metode ini terbukti efektif untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas produk dan proses pada penanganan batubara, sehingga dengan demikian jumlah cacat yang merugikan perusahaan dapat ditekan seminimal mungkin dan akhirnya diharapkan keuntungan dari perusahaan akan meningkat pula. Oleh karena itu langkah-langkah ini merupakan langkah yang sangat terarah dan berkesinambungan.


Kata Kunci : pengendalian kualitas, batubara, histogram, diagram pareto, sebab-akibat


ABSTRACT: The main factor that determines a change is quality of goods and service that are consistent with what the consumer follows.

Therefore organizations or companies need to know their customers or customers and know their needs and desires. Quality qontrol equipmnet (7tools);Histogram, pareto diagram, sipoc diagram and fishbone diagram are one that is used to indicate the factors levels and quantities in general of a deviation. This methode has proven effective to improve and improve the quality of product and processes of coal handling . So that the number of defect that harm the company can be minimized to a minimum and eventually expected profits from the company will also increase.Therefore these steps are very directed ad continous steps.


Keywords : quality control, coal, histogram, pareto, fishbone diagram


Keywords


teknik, industri

References


Ardiansyah, E, Firman. (2014). Pengendalian Cacat Produk Degan Pendekatan Six Sigma. Universitas Stikubank, Jurnal Dinamika Teknik.

Arikunto, S. (2007). Manajemen Penelitian. Jakarta :Rineka Cipta

Gaspersz, Vincent. (2001). Metode Analisis untuk Peningkatan Kualitas. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.

Ginting, R. (2007),Sistem Produksi. Yogyakarta: Graha Ilmu

Hasbullah, Y. (2016). Definisi Diagram SIPOC (Supplier, Input, Process, Ouput, Customer), Bab II Kajian Pustaka dan Kerangka

pemikiran.

Mufti, F, Verdi. (2018). Data Umum Tempat Kerja Praktik, Universitas Banten Jaya, Buku Laporan Kerja Praktik.

Tannady, Hendy. (2015). Alat Penunjang Kualitas, Buku Pengendalian Kualitas.

Yuri, M.Z., Rahmat, Nurcahyo. (2013). TQM Manajemen Kualitas Total Dalam Perspektif Teknik Industri.




DOI: https://doi.org/10.33024/jrets.v3i1.1094

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Kesehatan Holistik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Rekayasa, Teknologi, dan Sains View My Stats

 Jurnal Rekayasa, Teknologi, dan Sains  indexed by:


Secretariat Office:
UNIVERSITAS MALAHAYATI
Mail  : Jl. Pramuka No. 27, Kemiling, Kota Bandar Lampung
Telp  : 0811729009
email: jurnalrts.ft@malahayati.ac.id

<" Copyright UNIVERSITAS MALAHAYATI
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License