HUBUNGAN KINERJA PERAWAT PELAKSANA DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP PENYAKIT DALAM RS PERTAMINA BINTANG AMIN BANDAR LAMPUNG TAHUN 2016

Shinta Arini Ayu

Abstract


Kinerja (prestasi kerja) merupakan hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya atau pasien. Hasil prasurvey terhadap 10 pasien di Ruang Rawat Inap Penyakit Dalam RS Pertamina Bintang Amin diketahui bahwa sebanyak 7 pasien (70%) mengatakan tidak puas terhadap kinerja perawat. Tujuan dari penelitian ini adalah diketahui hubungan kinerja perawat pelaksana dengan tingkat kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap Penyakit Dalam RS Pertamina Bintang Amin Bandar Lampung Tahun 2016.
Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat inap penyakit dalam RS Pertamina Bintang Amin Bandar Lampung sejumlah 219 pasien.Sampel 142 orang.Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisa data yang digunakan uji chi square
Hasil penelitian menunjukkandistribusi frekuensi responden menyatakan kinerja perawat dalam kategori baik, yaitu sebanyak 77 responden (54.2%).Distribusi frekuensi responden menyatakan tidak puas, yaitu sebanyak 78 responden (54.9%).Ada hubungan kinerja perawat pelaksana dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap penyakit dalam RS Pertamina Bintang Amin Bandar Lampung Tahun 2016 (p value 0,001, OR 3,4). Saran dalam penelitian diharapkan pihak rumah sakit meningkatkan kinerja perawat dengan melakukan evaluasi kinerja perawat dengan survey kepuasan pada pasien dan memberikan reward pada perawat yang mendapatkan penilaian terbaik.


Keywords


Kinerja Perawat, Kepuasan Pasien

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi.Revisi).Jakarta : Rineka Cipta

Azis.(2007). Metode Penelitian Keperawatan dan Tekhnik Analisa Data.Jakarta: Salemba Medika

Departemen Kesehatan RI. 2005. Pedoman Penilaian Kinerja Perawat dan Bidan. Jakarta

Hafid (2012) Hubungan Kinerja Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Pengguna Yankestis Dalam Pelayanan Keperawatan Di Rsud Syech Yusuf Kab.Gowa.journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/kesehatan/.../56

Hastono.(2007) Analisa Data Kesehatan.Jakarta : FKM. UI.

Ilyas Yaslis. (2011) Kinerja, Teori, Penilaian dan Penelitian, Badan Penerbit FKM UI Depok.

Khoiruliza (2013) Hubungan Kinerja Perawat Dalam Memberikan Asuhan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas Kelas III di RSUD Kabupaten Pekalongan.www.digilib.stikesmuh-pkj.ac.id/e.../index.php

Lestari, (2015).Kumpulan teori untuk kajian pustaka penelitian kesehatan. Yogyakarta: Nuhamedika

Muninjaya, Gde. A.A, (2011).Manajemen Kesehatan. Penerbit Buku Kedokteran. ECG, Jakarta

Netti (2015) Hubungan Antara Kinerja Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Puskesmas Kartasura.

Notoatmodjo, S. (2010).Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta

Nursalam (2011).Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Perdoman Skripsi, Tesis dan Instrumen Penelitian. Jakarta: Salemba Medika

Nursalam.(2013). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta. Salemba Medika

Nursalam. (2014). Manajemen Keperawatan: Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba Medika

Pohan,Imbalo. (2006). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan : Dasar-Dasar Pengertian Dan Penerapan. Jakarta: EGC

Profil Kota Bandar Lampung, 2013

Sabarguna. (2008). Manajemen Pelayanan Rumah Sakit Berbasis Sistem Informasi. Yogyakarta: Konsorsium RS Islam Jateng.

Selvia, N. 2013.Perbedaan stress kerja ditinjau dari shift kerja pada perawat di RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Jurnal psikologi,vol 2 No, 01

Februari 2013. Fakultas psikologi universitas Airlangga.Surabaya

Tulumang, 2015).Tingkat Kepuasan Pasien atas Pelayanan Rawat Jalan di Poli Penyakit Dalam (Interna) di RSU Prof. R. D. Kandou Malalayang – Manado.ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jikmu/article/.../7946

Undang-undang No. 29 Tahun 2004 Tentang Praktik Kedokteran

Wijaya, S., 2010.Konsep Keperawatan Gawat Darurat, PSIK Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Denpasar




DOI: https://doi.org/10.33024/hjk.v10i4.283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 HOLISTIK JURNAL KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.