HUBUNGAN KINERJA PERAWAT PELAKSANA DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP PENYAKIT DALAM RS PERTAMINA BINTANG AMIN BANDAR LAMPUNG TAHUN 2016
Abstract
Kinerja (prestasi kerja) merupakan hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya atau pasien. Hasil prasurvey terhadap 10 pasien di Ruang Rawat Inap Penyakit Dalam RS Pertamina Bintang Amin diketahui bahwa sebanyak 7 pasien (70%) mengatakan tidak puas terhadap kinerja perawat. Tujuan dari penelitian ini adalah diketahui hubungan kinerja perawat pelaksana dengan tingkat kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap Penyakit Dalam RS Pertamina Bintang Amin Bandar Lampung Tahun 2016.
Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat inap penyakit dalam RS Pertamina Bintang Amin Bandar Lampung sejumlah 219 pasien.Sampel 142 orang.Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisa data yang digunakan uji chi square
Hasil penelitian menunjukkandistribusi frekuensi responden menyatakan kinerja perawat dalam kategori baik, yaitu sebanyak 77 responden (54.2%).Distribusi frekuensi responden menyatakan tidak puas, yaitu sebanyak 78 responden (54.9%).Ada hubungan kinerja perawat pelaksana dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap penyakit dalam RS Pertamina Bintang Amin Bandar Lampung Tahun 2016 (p value 0,001, OR 3,4). Saran dalam penelitian diharapkan pihak rumah sakit meningkatkan kinerja perawat dengan melakukan evaluasi kinerja perawat dengan survey kepuasan pada pasien dan memberikan reward pada perawat yang mendapatkan penilaian terbaik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi.Revisi).Jakarta : Rineka Cipta
Azis.(2007). Metode Penelitian Keperawatan dan Tekhnik Analisa Data.Jakarta: Salemba Medika
Departemen Kesehatan RI. 2005. Pedoman Penilaian Kinerja Perawat dan Bidan. Jakarta
Hafid (2012) Hubungan Kinerja Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Pengguna Yankestis Dalam Pelayanan Keperawatan Di Rsud Syech Yusuf Kab.Gowa.journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/kesehatan/.../56
Hastono.(2007) Analisa Data Kesehatan.Jakarta : FKM. UI.
Ilyas Yaslis. (2011) Kinerja, Teori, Penilaian dan Penelitian, Badan Penerbit FKM UI Depok.
Khoiruliza (2013) Hubungan Kinerja Perawat Dalam Memberikan Asuhan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas Kelas III di RSUD Kabupaten Pekalongan.www.digilib.stikesmuh-pkj.ac.id/e.../index.php
Lestari, (2015).Kumpulan teori untuk kajian pustaka penelitian kesehatan. Yogyakarta: Nuhamedika
Muninjaya, Gde. A.A, (2011).Manajemen Kesehatan. Penerbit Buku Kedokteran. ECG, Jakarta
Netti (2015) Hubungan Antara Kinerja Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Puskesmas Kartasura.
Notoatmodjo, S. (2010).Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta
Nursalam (2011).Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Perdoman Skripsi, Tesis dan Instrumen Penelitian. Jakarta: Salemba Medika
Nursalam.(2013). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta. Salemba Medika
Nursalam. (2014). Manajemen Keperawatan: Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba Medika
Pohan,Imbalo. (2006). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan : Dasar-Dasar Pengertian Dan Penerapan. Jakarta: EGC
Profil Kota Bandar Lampung, 2013
Sabarguna. (2008). Manajemen Pelayanan Rumah Sakit Berbasis Sistem Informasi. Yogyakarta: Konsorsium RS Islam Jateng.
Selvia, N. 2013.Perbedaan stress kerja ditinjau dari shift kerja pada perawat di RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Jurnal psikologi,vol 2 No, 01
Februari 2013. Fakultas psikologi universitas Airlangga.Surabaya
Tulumang, 2015).Tingkat Kepuasan Pasien atas Pelayanan Rawat Jalan di Poli Penyakit Dalam (Interna) di RSU Prof. R. D. Kandou Malalayang – Manado.ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jikmu/article/.../7946
Undang-undang No. 29 Tahun 2004 Tentang Praktik Kedokteran
Wijaya, S., 2010.Konsep Keperawatan Gawat Darurat, PSIK Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Denpasar
DOI: https://doi.org/10.33024/hjk.v10i4.283
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 HOLISTIK JURNAL KESEHATAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.