PENGARUH PIUTANG USAHA DAN UTANG USAHA TERHADAP ARUS KAS OPERASI MASA DEPAN PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR TRANSPORTASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2019-2021

Ria Apriliani, Evi Martaseli, Ade Sudarma

Sari


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menjelaskan pengaruh piutang usaha terhadap arus kas operasi masa depan, pengaruh utang usaha terhadap arus kas operasi masa depan, serta pengaruh piutang usaha dan utang usaha terhadap arus kas operasi masa depan. Subjek dalam penelitian ini yaitu perusahaan sub sektor transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2019-2021. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 12 perusahaan dengan teknik random sampling. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Serta menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis dengan SPSS 25.

Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yakni secara parsial piutang usaha memiliki dampak positif yang signifikan terhadap arus kas operasi di masa depan dengan nilai signifikansi 0,000, utang usaha memiliki dampak positif yang signifikan terhadap arus kas operasi di masa depan dengan nilai signifikansi 0,013, serta secara simultan piutang usaha dan utang usaha berpengaruh terhadap arus kas operasi masa depan dengan nilai signifikansi 0,000.

 

Kata Kunci: Piutang Usaha, Utang Usaha, Arus Kas Operasi Masa Depan.


Kata Kunci


Piutang Usaha, Utang Usaha, Arus Kas Operasi Masa Depan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bahri, Syaiful. (2019). Pengantar Akuntansi Berdasarkan SAK ETAP dan IFRS. Yogyakarta: ANDI.

Binilang, G D Christosa. V Ilat, dan L M. Mawikere. (2017). Pengaruh Laba Bersih, Perubahan Piutang Usaha, Perubahan Hutang Usaha, dan Perubahan Persediaan Terhadap Arus Kas Operasi Masa Depan Pada Perusahaan Yang Terdaftar Dalam Indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015 JurnalEkonomi, Akuntansi dan Manajemen Multiparadigma Vol 5 No 2, 1484-1492.

Diana, Anastasia, dan L. Setiawati. (2017). Akuntansi Keuangan Menengah

Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Terbaru. Yogyakarta: ANDI.

Efendi, Gery dan Saprudin. (2019). Pengaruh Piutang Usaha dan Hutang Usaha Terhadap Arus Kas Operasi Pada PT Dunia Express Tahun 2016-2017. JurnalAkuntansi & Perpajakan Jayakarta Vol 1 No 1, 12-24.

Ghazali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS Edisi Sembilan. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hakim, Y Luqmanul, B Slamet, dan S Maimunah. (2019). Pengaruh Laba Bersih, Perubahan Piutang Usaha, dan Perubahan Utang Lancar Dalam Memprediksi Arus Kas Operasi Masa Depan Pada Perusahaan Sub Sektor Food & Beverages Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2013-2018.

Harahap, S. Syafri. (2016). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Haris, A M R Putra, dan S.Leny. (2021). Pengaruh Laba Kotor, Laba Operasi, dan Laba Bersih Terhadap Arus kasDi Masa Mendatang. Vol 8 No 5, 5194-5203.

Heri. (2017). Teori Akuntansi Pendekatan Konsep dan Analisis. Jakarta: Gramedia.

Hery. (2016). Akuntansi: Aktiva, Utang, dan Modal. Yogyakarta: Gava Media.

Kartikahadi, Hans. R U Sinaga, E T Wahyuni, S V Siregar, dan M Syamsul. (2019). Akuntansi Keuangan Berdasarkan SAK Berbasis IFRS. Edisis Ketiga. Buku Satu. Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.

Kartikahadi, Hans. R U Sinaga, E T Wahyuni, S V Siregar, dan M Syamsul. (2019). Akuntansi Keuangan Berdasarkan SAK Berbasis IFRS. Edisis Ketiga. Buku Dua. Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.

Kieso, E. Donald. J J Weygandt, dan T D. Warfield. (2018). Akuntansi Keuangan Menengah Intermediate Accounting. Jakarta: Salemba Empat.

Meliana, A Hormati, dan D P R Turuy. (2021). Pengaruh Laba Kotor, Laba Bersih, Perubahan Piutang Usaha, dan Perubahan Persediaan Terhadap Arus Kas Operasi Masa Depan. JurnalEkonomi, Akuntansi dan Manajemen Multiparadigma Vol 2 No 1, 63-72.

Nursya’adah, Dena. (2020). Analisis Kemampuan Prediktif Laba Kotor, Laba Operasi, Laba Bersih, Arus Kas Operasi, Perubahan Hutang, Perubahan Piutang, Perubahan Persediaan, dan Perubahan Depresiasi Terhadap Arus Kas Operasi Masa Depan. Vol 1 No 1, 120-135.

Purwaji, Agus. Wibowo, dan H. Murtanto. (2018). Pengantar Akuntansi 1. Edisi Keempat. Jakarta: Salemba Empat.

Sari, F Permana dan D Supriati. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prediksi Arus Kas Operasi Masa Depan. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia. Setiyowati, Supami Wahyu, Ati Retna Sari, dan Defia Nurhatin. (2018). Akuntansi

Keuangan Dalam Perspektif IFRS Dan SAK-ETAP. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Warren, S. Carl, J M Reeve, J E. Duchac, N Suhardianto, D S Kalanjati, A A Jusuf, dan C D. Djkaman. (2015). Pengantar Akuntansi. Edisi 25. Jakarta: Salemba Empat.

Wenas, D. Deisy, M Hendrik, dan Tirayoh, Z. Victorina. (2017). Analisi Pengaruh Arus Kas Operasi dan Laba Bersih Terhadap Dividen Kas Pada Perusahaan Properti yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). JurnalEkonomi, Akuntansi dan Manajemen Multiparadigma Vol 5 No 1, 96-104.




DOI: https://doi.org/10.33024/jur.jeram.v11i3.6917

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc-nd4.footer##