Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Pada Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional dan Kognitif Anak Prasekolah di Desa Babelan Kota

Narumi Narumi, Ana Rizana

Sari


ABSTRAK

 

Orang tua memiliki peran penting untuk mengontrol dan mengawasi anak prasekolah dalam hal penggunaan gadget. pola asuh orang dalam pengontrolan penggunaan gadget pada anak usia prasekolah akan berdampak pada perkembangan sosial emosional kognitifnya. Sebab usia prasekolah merupakan rentang periode emas dalam mencapai pertumbuhan dan perkembangan anak yang optimal. Untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua pada penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial-emosional dan kognitif anak prasekolah di Desa Babelan Kota Tahun 2023. Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain cross sectional dan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling. Dengan jumlah responden sebesar 189. Menunjukkan terdapat hubungan antara pola asuh anak pada penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial-emosional p-value 0,058 dan perkembangan kognitif sebesar 0,010. Pada penelitian ini mayoritas pola asuh yang diberikan adalah pola asuh otoriter yang berpengaruh terhadap perkembangan sosial-emosional cukup baik dan perkembangan kognitif sesuai usia anak. Pola asuh yang diberikan oleh orang tua kepada anak disesuaikan terhadap pertumbuhan, perkembangan, aktivitas dan kondisi anak yang sesuai dengan usia anak prasekolah.

 

Kata Kunci : Pola Asuh, Anak Prasekolah, Perkembangan Sosial-Emosinal dan Kognitif

 

 

ABSTRACT

 

Parents have an important role to control and supervise preschool children in terms of gadget use. parenting patterns in controlling the use of gadgets in preschool children will have an impact on their cognitive social emotional development. Because preschool age is a range of golden periods in achieving optimal growth and development of children. To determine the relationship between parenting patterns on the use of gadgets on the socio-emotional and cognitive development of preschool children in Babelan Kota Village in 2023. The research used is quantitative with a cross sectional design and the sampling technique is done by simple random sampling. With a total of 189 respondents. Shows there is a relationship between parenting on the use of gadgets on social-emotional development p-value 0.058 and cognitive development of 0.010. In this study, the majority of parenting patterns given were authoritarian parenting patterns which affected socio-emotional development quite well and cognitive development according to the age of the child. Parenting patterns given by parents to children are adjusted to the growth, development, activities and conditions of children in accordance with the age of preschool children.

 

Keywords: Parenting, Preschool Children, Socio-emotional and Cognitive Development.


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Anggraini, E. (2019). Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak. Serayu Publishing.

Asri, A. S. (2018). Hubungan Pola Asuh Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar.

Asti, M. (2022). Pengasuhan Anak Usia Dini Dari Orang Tua Ke Kakek Nenek Dalam Perkembangan Mental Di Desa Ulu Danau Kec. Sindang Danau Kab. Ogan Komering Ulu Selatan (Okus). Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lamppung.

Azizah, M. (2019). Hubungan Pola Asuh Ibu Bekerja Terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Se-Kelurahan Cinere-Depok. Bs Thesis Jakarta : Fitk Uin Syarif Hidayatullah Jakarta.

Bahran, B. (2021). Implementasi Kurikulum Terpadu Sistem Full Day School (Studi Kasus Di Madrasah Ibtidaiyah Ibnu Atha'illah Kandangan). Cross-Border 4.1.

Cahyadewi, M. (2022). Peran Phubing Terhadap Prokratinasi Akademik Mahasiswa Generasi Z Dijabodetabek. Journal On Education 5.1.

Dhiu, K. D. (2022). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Edukids: Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini 2.1.

Dos Santo Brito, L. (2021). Knowledge Of The Parents About Child Development: An Integrative Review. Rev Enferm Ufpi 10.1.

Fajrah, S. (2022). Pengetahuan Dan Sikap Orang Tua Tentang Bahaya Penggunaan Gadget Dalam Perkembangan Otak Balita Usia 3-5 Tahun Di Desa Bambalemo Kecamatan Parigi Kabupaten Parigi Moutang . Jurnal Ilmiah Kesmas-Ij.

Fauziyah, H. N. (2022). Dampak Pola Asuh Orang Tua Dan Intensitas Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Sekolah Dasar (Studi Kasus Di Dukuh Gelang Sukosri Babadan Ponorogo). Doctoral Dissertation, Iain Ponorogo.

Fernianti, A. (2022). Analisis Tingkat Stress Orang Tua Ketika Mengasuh Anak Selama Masa Pandemi. Journal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6.3.

Harsela, F. A. (2020). Dampak Permainan Gadget Dalam Mempengaruhi Perkembangan Kognitif Anak Di Tk Dharma Wanita Bengkulu. Jurnal Pena Paud 1.1.

Islami, A. M. (2020). Studi Literatur Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usiaa Prasekolah. Proceeding Of Sari Mulia University Nursing National Seminars Vol.2 No 1.

Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 9.1.

Khasanah, B. L. (2020). Pola Asuh Ayah Dalam Perilaku Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5.1.

Khasanah, N. (2023). Peran Ganda Ibu Single Parent Dalam Pola Asuh Anak (Studi Pada Ibu Rumah Tangga Wirausaha Di Nologaten Ponorogo). Doctoral Dissertation. Iain Ponorogo.

Napitulu, M. (2021). Hubungan Durasi Gadget Dengan Emosional Anak Usia Prasekolah Di Paud Naura Losung Batu Kota Padangsimpuan. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia/Indonesian Health Scientific Journal 66.2.

Nurhidayah, S. (2008). Pengaruh Ibu Bekerja Dan Peran Ayah Dalam Coparenting Terhadap Prestasi Belajar Anak. Soul : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi 1.2.

Pangesti, A. E. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Toodler. Diii Keperawatan .

Purwanti, E. (2020). Pengaruh Penggunaan Gawai Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-6 Tahun. Azzahra: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2.1.

Rahmah, A. A. (2022). Program Parenting Kelas Pertemuan Orang Tua (Kpo) Dan Keterlibatan Orang Tua Dalam Kelompok/Kelaksanaan (Kok). Jurnal Multidisipliner Bharasumba1.02.

Rawi, H. W. (2023). Upaya Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Kognitif Dan Operasional Kongkret Anak Pertengahan (7-11). As-Syar'i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga 5.2 .

Rohinaah, V. N. (2023). Analisis Pola Asuh Orang Tua Padda Kemndirian Anak Usia Dini. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8.1.

Siamora, A. S. (2016). Persepsi Orang Tua Terhadap Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Pendidikan Dasar.

Siregar, I. S. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini Studi Kasus Pada Anak Usia Dini Desa Siolip.

Soemantri, O. A. (2022). Kompetensi Pegawai Terhadap Kinerja Pelayanan Rumah Sakit Di Kota Bandung. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Akutansi: Emba, 1(1).

Sujianti, S. (2018). Hubungan Lama Dan Frekuensi Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Sosial Anak Prasekolah Di Tk Islam Al Irsyad 01 Cilacap. Jurnal Kebidanan 8.1.

Susanto, A. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini : Konsep Dan Teori. Bumi Aksara.

Taib, B. D. (2020). Analisis Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud 2.2.

Telaumbanua, M. M. (2018). Peran Ibu Rumah Tangga Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga. Sosio Informa: Kajian Permasalahan Sosial Dan Usaha.

Uce, L. (2017). The Golden Age: Masa Efektif Merancang Kualitas Anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak 1.2.

Widodo, M. (2021). Penyelenggara Pendidikan Orang Tua Pasca Pemberlakuan Permendikbud No 9 Tahun 2020. Deepublish.

Wijaya, A. S. (2021). Dampak Gawai Terhadap Perkembangan Anak Usia Prasekolah Pada Mmasa Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Silampari 5.1.




DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v3i11.10980

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Publisher: Universitas Malahayati Lampung


Creative Commons License
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


kostenlose besucherzähler