Hubungan Peran Dosen Pengampu Mata Kuliah dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan

Rahmat Ali Putra Harahap, Teorida Laia, Elvipson Sinaga, Khairunnisa Batubara, Romauli E. G Siallagan

Sari


ABSTRACT

 

Nursing education is an important process that every nurse must go through. For this reason, the first and most important step in the process of nursing professionalism in Indonesia is to organize nursing education as professional education. To educate the nation's life, the role of lecturers is needed to help parents in terms of knowledge, especially cognitive and facilitate the development of individual potential to be able to carry out self-actualization. One of the noble duties carried out by lecturers is not only to teach students but to encourage them to learn more. The purpose of this research is to find out the relationship between the role of the lecturer in charge of the course and the learning motivation of undergraduate nursing students at Audi Indonesia University. This research is a descriptive analytic study with a cross sectional approach. Data collection was carried out using total sampling technique with a sample size of 85 undergraduate nursing students. The study showed that the role of lecturers in nursing was in the very good category of 87.1%. The learning motivation of undergraduate nursing students at Audi Indonesia University is 63.5% of respondents in the high category. There is a significant relationship between the role of lecturers and the learning motivation of undergraduate nursing students at Audi Indonesia University (p value 0.001).

 

Keywords : The Role of Subject Lecturers, Student Learning Motivation

 

 

ABSTRAK

 

Pendidikan keperawatan merupakan satu proses penting yang harus dilalui oleh setiap perawat. Untuk itu langkah yang paling awal dan penting dilakukan dalam proses profesionalisme keperawatan di Indonesia adalah menata pendidikan keperawatan sebagai pendidikan  professional. Untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, diperlukannya peran dosen membantu orang tua dalam hal pengetahuan terutama kognitif dan memfasilitasi berkembangnya potensi individu untuk bisa melakukan aktualisasi diri. Salah satu tugas mulia yang diemban dosen tidak hanya untuk mengajar mahasiswa tetapi lebih mendorong mereka untuk belajar. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui hubungan peran dosen pengampu mata kuliah dengan motivasi belajar mahasiswa sarjana keperawatan Universitas Audi Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian sedkriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan data dilakukan dengan teknik total sampling dengan jumlah sampel 85 mahasiswa sarjana keperawatan. Penelitian menunjukkan peran dosen sarjana keperawatan berada pada kategori sangat baik sebanyak 87,1%. Motivasi belajar mahasiswa sarjana keperawatan Universitas Audi Indonesia sebanyak 63,5% responden berada pada kategori tinggi. Ada hubungan bermakna antara peran dosen dan motivasi belajar mahasiswa sarjana keperawatan (p value 0,001).

 

Kata Kunci: Peran Dosen Pengampu Mata Pelajaran, Motivasi Belajar Mahasiswa


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Addo, A.A., Wenxin, W., Boadi, D. A., Abban, O.J., & Micah, G. B. (2020). Sustainability Of Health Institutions: The Impact Of Service Quality And Patient Satisfaction On Loyalty. European Journal Of Business And Management Research., 5(4), 1–7. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24018/Ejbmr.2020.5.4.345

Ah.Yusuf, Dkk. (2019). Kesehatan Jiwa Pendekatan Holistik Dalam Asuhan Keperawatan. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Amane, & L. (2022). Metode Penelitian. Insan Cendekia Mandiri.

Ansori, M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Edisi 2. Airlangga University Press.

Casmudi, C., & Prasetya, K. H. (2021). Kondisi Riel Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj). Tinjauan Implementasi Dan Problematika. Jurnal Basataka (Jbt), 4(2), 189-198.

Dewi, I.P., Nurrohmah, & F. R. F. (2020). Analisis Pengetahuan Perawat Dalam Menentukan Diagnosis Asuhan Keperawatan Spiritual Islami Di Rumah Sakit Syariah. , 4(1), ). Jurnal Ilmu Keperawatan Indonesia, 4(1), 7387.Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.31000/Jiki.V4i1.2925.G1898

Dewi, W. A. P., Sadjiarto, A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnam; Basicedu, 5(4).

Fadhli, K., & Khusnia, M. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia (Produktivitas Kerja). Guepedia.

Garaika, G., & Margahana, H. (2019). Peran Seleksi (Selection) Tenaga Kerja Yang Tepat Terhadap Tercapainya Tujuan Organisasi. Jurnal Aktual, 17(2), 133–141.

Hamzali, Said Tapaningsih, Weni Indah Doktri Agus, Nurhidayah, Rika Endah, Asy’ari, Abu Hasan Kom, Muhammad, Nurhayati, N. (2022). Pengantar Teori Dan Aplikasi(1 St Ed). Cv Azka Pustaka.

Hardiansyah, M. A. (2021). Analisis Perubahan System Pelaksanan Pembelajaran Daring Ke Luring Pada Masa Pandemu Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(6), 5840–5852.

Hidayat, A. A. (2021). Menyusun Instrumen Penelitian & Uji Validitas-Reliabilitas. Health Books Publishing.

Hidayatullah F. (2019). Guru Sejati : Membangun Insan Berkarakter Kuat Dan Cerdas. Yuma Pustaka: Surakarta.

Kannan, S., Avudaiappan, S., & Annamalai, M. (2020). Patient’s Satisfaction With Nursing And. Midwifery Research Midwifery Research, 25(6),471475.Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.4103/Ijnmr.Ijnmr_142_19

Koontz, H., Weihrich, H., & C. (2020). Essentials Of Management-An International, Innovation And Leadership Perspectiv. Mcgraw-Hill Education.

Lisum, K. & Sianturi, S. (2020). Persepsi Mahasiswa Keperawatan Tentang Gaya Belajar. Jurnal Keperawatan, 13(3), 379–386.

Rommy, D., Sulistiyana, Perangin-Angin, D., & Mubtadi, A. G. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit Lakeisha.

Setyawan, F. E. B., Supriyanto, S., Ernawaty, E., & Lestari, R. (2020). Understanding Patient Satisfactio And Loyalty In Public And Private Primary Health Care. Journal Of Public Health Research, 9(2), 140–143.Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.4081/Jphr.2020.1823

Sitompul, J. A. (2019). Problem Bared Learning: Diperlukannya Kemampuan Kritis Agar Meningkatkan Kebutuhan Pasien.

Subke, J., Downing, C., & Kearns, I. (2020). Practices Of Caring For Nursing Students: A Clinical Learning Environment. International Journal Of Nursing Sciences, 7(2), 214–219.Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.1016/J.Ijnss.2020.03.005

Wilder-Smith, A., & Freeman, D. O. (2020). Isolation, Quarantine, Social Distancing And CommunityContainment:Prrivotal Role For Old-Style Public Health Measure In The Novel Coronavirus (2019-Ncov) Outbreal. Journal of Travel Medicine.




DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v3i10.11276

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Publisher: Universitas Malahayati Lampung


Creative Commons License
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


kostenlose besucherzähler