Hubungan Pengetahuan Perawat tentang Kegawat Daruratan dengan Pelaksanaan Triage Pada Pasien Gawat Darurat di UGD RSUD Bantargebang
Sari
Pengetahuan adalah informasi yang diperoleh melalui pengamatan, penelitian, yang diketahui atau disadari oleh seseorang/kelompok dan dapat dipelajari secara umum. Pengetahuan yang tinggi seseorang akan mampu melaksanakan semua tugas secara efektif dan efisien, sehingga kinerja semakin membaik. Seseorang dengan tingkat pengetahuan yang tinggi dapat mematuhi setiap tindakan yang dilakukannya dan menghindari terjadinya kesalahan pada saat melakukan triase (Karyono et al., 2018 dalam noor, 2022). Untuk mengetahui hubungan Pengetahuan Perawat Tentang Kegawat Daruratan Dengan Pelaksanaan Triage Pada Pasien Gawat Darurat Di UGD RSUD Bantargebang Tahun 2023. Penelitian ini adalah kuantittif dengan menggunakan cluster sampling dengan jumlah sampling sebanyak 30 responden dan data diperoleh dari data primer (Kuesioner) dan pengamatan. Data dari hasil bivariat menggunakan Uji Chi Square Dari hasil uji statistik menunjukkan bahwa p-value (0,002) < 0,05 atau Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan perawat tentang kegawat daruratan dengan pelaksanaan triage pada pasien gawat darurat di UGD RSUD Bantargebang. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang significant antara pengetahuan perawat tentang kegawat daruratan dengan pelaksanaan Triage pada pasien gawat darurat. Bagi perawat diharapkan lebih intens lagi untuk terus memperbaharui ilmu pengetahuan dan lebih mendalami ilmu keperawatan khususnya dalam kegawat daruratan dan pelaksanaan triage.
Kata Kunci:Pengetahuan Perawat Tentang Kegawat Darurata, Pelaksanaan Triage
ABSTRACT
Knowledge is information obtained through observation, research, known or realized by a person / group and can be learned in general. High knowledge a person will be able to carry out all tasks effectively and efficiently, so that performance improves. A person with a high level of knowledge can obey every action he takes and avoid mistakes when triaging (Karyono et al., 2018 in noor, 2022).To determine the relationship between nurses' knowledge about emergency and the implementation of triage in emergency patients in the emergency room of Bantargebang Hospital in 2023 Research Method: This study is quantitative using cluster sampling with a sampling number of 30 respondents and data obtained from primary data (questionnaire) and observations Research Data from bivariate results using Chi Square Test From statistical test results show that p-value (0.002) < 0.05 or Ho is rejected. So it can be concluded that there is a significant relationship between nurses' knowledge about emergency and the implementation of triage in emergency patients in the emergency room of Bantargebang Hospital. The results showed that there was a significant relationship between nurses' knowledge of emergency and the implementation of Triage in emergency patients. For nurses, it is expected to be even more intense to continue to update science and deepen nursing science, especially in emergency departments and triage implementation.
Keywords: Nurse's Knowledge Of Emergency, Triage Implementation
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Agung. S. 2022. Mengenal Triage Igd. Jurnal Bulletin Kesehatan Volume 2 No 21
Ardiyani, V. M. (2015). Nalisis Peran Perawat Triage Terhadap Waiting Time Dan Length Of Stay Pada Ruang Triage Di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Dr Saiful Anwar Malang. Care: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 3(1), 39-50.
Ardiyani, V. M. (2018). Analisis Peran Perawat Terhadap Ketepatan Penetuan Prioritas I, Ii Dan Iii Pada Ruang Triage Di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Dr. Saiful Anwar Malang. Jurnal Ners Lentera, 6(2), 103-113.
Asyiah, N. (2020). Hubungan Pengetahuan Perawat Terhadap Pengambilan Keputusan Untuk Menentukan Triase Di Igd.
Darsini. 2019. Pengetahuan. Jurnal Keperawatan Volume Xii Nomor 1. Https://E-Journal.Lppmdianhusada.Ac.Id/Index.Php/Jk/Issue/View/3
Dinkes Provinsi Jawa Barat. (2019) Evaluasi Pelaksanaan Layad Rawat.
Febri, A. N. (2019). Tingkat Kecemasan Keluarga Pasien Di Instalasi Gawat Darurat (Igd) Dr. Hardjono Ponorogo (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).
Hidayati, R. (2019). Pengetahuan Tentang Penanganan Kegawatdaruratan Pada Siswa Dan Lulusan Slta. Jurnal Kesehata Karya Husada, 7(2), 272-277.
Gumarang, G. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Penanganan Kasus Kecelakaan Lalu Lintas Pada Pasien Cedera Kepala Di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Daerah Kolonel Abundjani Bangko Kabupaten Merangin Tahun 2011. Scientia Journal, 2(1), 7-16.
Krisanty Dkk. 2014. Asuhan Keperawatan Gawat Darurat. Jakarta: Trans Info Media.
Kemenkes Ri (2019). Efektivitas Pelayanan Gawat Darurat Berdasarkan Emergency Response Time.
Laoh, Dan Rako. 2014. Gambaran Pengetahuan Perawat Pelaksana Dalam Penanganan Pasien Gawat Darurat. Manado: Poltekes.
Mailita, W., & Rasyid, W. (2022). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Perawat Tentang Triage Di Igd Rumah Sakit Semen Padang Hospital. Humantech Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 2(2), 200–216.
Nadapdap, L. S. (2021). Literature Review: Gambaran Pengetahuan Masyarakat Terhadap Pertolongan Pertama Pada Penanganan Korban Tenggelam. Hutabarat, R. Y., & Putra, C. S. (2016). Asuhan KeperawatanKegawatdaruratan. Bogor: In Media.
Notoatmodjo, S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Pt. Rineka Cipta
.Novita. A. 2020. Hubungan Pengetahuan Perawat Terhadap Pengambilan Keputusan Untuk Menentukan Triase Di Igd.
Noor. Dkk. 2020 Hubungan Pengetahuan Perawat Igd Dengan Ketepatan Triase Pada Pasien Trauma Di Rsud.Ulin Banjarmasin
Sapriadi, S. (2019). Hubungan Pengetahuan Perawat Terhadap Penanganan Pasien Gawat Darurat. Jurnal Berita Kesehatan, 10.
Sitorus, A. M. S. (2020). Peran Perawat Dalam Pengambilan Keputusan Pada Pasien Di Ruang Gawat Darurat
Riduansyah, Dkk. 2021 Pemahamam Perawat Dalam Pelaksanaan Triage Kecelakaan Lalu Lintas Igd ( Understanding Of Nurses In Implementing Triage Of Traffic Accidents At The Emergency Department ). Caring Nursing Journal, 5(1), 15–18.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v3i12.11336
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Publisher: Universitas Malahayati Lampung
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
kostenlose besucherzähler