Analisis Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap pada Rumah Sakit Kabupaten X

Viera Destya, Putri Raisah, Mhd Hidayatullah

Sari


ABSTRACT

 

National Health Service Quality Indicators called Quality Indicators are benchmarks used to assess the level of achievement of health service quality targets in independent practice of doctors and dentists, clinics, community health centers, hospitals, health laboratories, and blood transfusion units. Quality of Health Services is the level of health services for individuals and communities that can improve optimal health outcomes, provided in accordance with service standards, and the latest scientific developments, as well as to fulfill the rights and obligations of patients. To analyze the quality of health services on inpatient satisfaction at the Regional General Hospital x. This type of research was conducted using the Descriptive Analytical Method with a cross-sectional approach. The research location is in the working area of Regional Hospital x. The research was carried out on 12-28 June 2023. The population in this study included all patients hospitalized at Regional Hospital x. The number of samples that will be studied is 80 people. The results showed that the variables reliability, responsiveness, assurance, empathy and tangibles had a positive and significant effect on patient satisfaction p-value<0.05. Based on the results of research on 80 respondents regarding the analysis of service quality on patient satisfaction in inpatient rooms at Hospital x, it can be concluded that all variables are related to inpatient satisfaction at Hospital x. The dominant factor is most related to satisfaction. Reliability is the most dominant quality dimension in relation to Patient Satisfaction (OR 52.14).

 

Keywords: Quality Of Service, Health Facilities, Patient Satisfaction, Hospitalization, Service Standards.

 

 

ABSTRAK

 

Indikator Nasional Mutu Pelayanan Kesehatan yang disebut Indikator Mutu adalah tolok ukur yang digunakan untuk menilai tingkat capaian target mutu pelayanan kesehatan di praktik mandiri dokter dan dokter gigi, klinik, pusat kesehatan masyarakat, rumah sakit, laboratorium kesehatan, dan unit transfusi darah. Mutu Pelayanan Kesehatan adalah tingkat layanan kesehatan untuk individu dan masyarakat yang dapat meningkatkan luaran kesehatan yang optimal, diberikan sesuai dengan standar pelayanan, dan perkembangan ilmu pengetahuan terkini, serta untuk memenuhi hak dan kewajiban pasien. Menganalisis mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat inap pada Rumah Sakit Kabupaten x. Metode: Jenis penelitian yang dilakukan dengan Metode Deskriptif Analitik dengan pendekatan cross-sectional. Lokasi penelitian di wilayah kerja Rumah Sakit Kabupaten x. Penelitian telah dilaksanakan pada tanggal 12-28 juni 2023. Populasi pada penelitian ini adalah mencakup seluruh pasien yang di rawat inap di Rumah Sakit Kabupaten x. Jumlah sampel yang akan di teliti sebanyak 80 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik berpengaruh positif dan  signifikan terhadap kepuasan pasien p-value< 0,05. Berdasarkan hasil penelitian terhadap 80 responden  mengenai analisis mutu pelayanan  terhadap kepuasan pasien di ruang rawat inap pada Rumah Sakit Kabupaten x,  dapat disimpulkan bahwa semua variabel berhubungan dengan kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Kabupaten x. Faktor dominan yang paling berhubungan dengan kepuasan pasien adalah Kehandalan merupakan dimensi mutu yang paling dominan dalam hubungan dengan Kepuasan Pasien (OR 52,14).

 

Kata Kunci:  Mutu Pelayanan, Fasilitas Kesehatan, Kepuasaan Pasien, Rawat Inap, Standar Pelayanan.


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Aceh. (2021). Dinas Kesehatan Kabupaten Banda Laporan Tahunan Tahun 2021. Banda Aceh: Dkk Banda Aceh.

Acehjaya. (2020). Profil Rsud Teuku Umar Kabupaten Aceh Jaya.

Alfina, T. A. (2019). Analisis Mutu Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Tingkat Iv Kota Madiun Tahun 2019.Other Thesis, Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun.

Amelia, M. (2018). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit Usu”. Skripsi. Usu.

Arianda, A. R. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Rawat Inap Rumah Sakit Umum Dr. Gl. Tobing. Http://Repository.Uinsu.Ac.Id/14530/1/Skripsi%20ajeng%20rizky%20arinda.Pdf.

Azwar. (2019). Azwar A. (2019). Pengantar Administrasi Kesehatan, Edisi Ketiga. Jakarta: Bina Rupa Akasara.

Daryanto, I. S. (2019). Konsumen Dan Pelayanan Prima. Jakarta: Gava Media.

Gusti Suciati, C. Z. (2022). Skripsi Kepuasaan Pasien Pelayanan Rumah Sakit. Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Mohamad Rabain Kabupaten Muara Enim Tahun 2022.Https://Jurnal.Stikescendekiautamakudus.Ac.Id/Index.Php/Jkm/Article/View/1444.

Herlambang, S. (2019). Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit, Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Izati, A. (2020). Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Uptd Puskesmas Binuang Tahun 2020.Http://Eprints.Uniska-Bjm.Ac.Id/2034/1/Bismillah%20jurnal%20artikel%20anugrah%20asli.Pdf.

Kemenkes. (2022). Profil Data Kesehatan Indonesia 2022. Jakarta: Dinas Kesehatan.

Mulyati. (2020). Mulyati, Susanti, E., Aryati, S., Mardhotillah, E., Maftukhah, Sulistyowati, G., Indrayati, N., & Ph, L. (2020). Level Of Patient Satisfaction In Receiving Service Nursing Care. Jurnal Keperawatan, 12(1), 57–62.

Muninjaya, G. (2019). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Egc.

Notoadmojo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Pangerapan, D. T. (2018). Hubungan Antara Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Dipoliklinikpenyakit Dalam Rumah Sakit Umum Gmim Pancaran Kasih Manado.Urnal Kedokteran Klinik (Jkk), Volume 2 No 1 , Januari -Maret 2018. Https://Ejournal.Unsrat.Ac.Id/V3/Index.Php/Jkk/Article/View/1.

Ppri. (2018). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor: 2 Tahun 2018. Tentang Standar Pelayanan Minimal.

Sabarguna, B. S. (2018). Quality Assurance Pelayanan Rumah Sakit Edisirevisi. Jakarta: Cv Sagung Seto.

Sari. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Urug Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya. Https://Jurnal.Unigal.Ac.Id/Index.Php/Dinamika/Article/View/3431.

Tjiptono. (2019). Strategi Pemasaran, Ed. 3, Yogyakarta: Andy.

Wardiah, R. (2021). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rsud Dr. Rasidin Padang. Human Care Journal, 6(1), 225–231.

Who, W. H. (2020). Word Health Organization (Who). 2020, Sexual And Reproductive Health,[Cited2020may12],Availableat:Http://Www.Who.Int/Reproductivehealth/.

Wijaya, H. M. (2021). The Relationship Of The Quality Of Hospital Health Services With The Satisfaction Level Of Inpatient Patients At Adi Husada Kapasari Hospital Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit. 2(1), 7.




DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v3i12.12431

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Publisher: Universitas Malahayati Lampung


Creative Commons License
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


kostenlose besucherzähler