Pengaruh Finger Painting terhadap Frekuensi Temper Tantrum

Vivop Marti Lengga, Arie Kusumaningrum, Nurna Ningsih

Sari


ABSTRACT

 

Temper tantrums occur in children aged 1-3 years because they cannot express what they want, so they cannot control emotions which frustrate parents. There is an alternative to overcome emotional outbursts and prevent temper tantrums from happening again, namely through finger painting, which is a painting technique using the fingers and palms. The purpose of this study was to determine the effect of finger painting on the frequency of temper tantrums in toddlers in Inderalaya Utara. The research design used in this study was a pre-experiment with a pretest and posttest one group design. The sampling technique was purposive sampling, totaling 17 people with almost balanced sex characteristics and age 30 months. The forms of temper tantrums include: throwing things (4), crying loudly (5), screaming (4), hitting (3) and kick (1). Using the Wilcoxon test, research results show that there was a significant difference between the frequency of temper tantrums before 3.18 ± 1.88 and after finger painting 1.73 ± 1.27 (P value = 0.010, α = 0.05). It can be concluded that there is an effect of finger painting on the frequency of temper tantrums in toddlers in Timbangan Inderalaya Utara village. It is recommended for future research to apply finger painting not only once for treatment and to be carried out intermittently and to use a control group. For the nursing profession it is hoped that it can improve child nursing care that focuses on families by introducing this finger painting, and it is recommended for parents to use finger painting as a technique in dealing with temper tantrum behavior in toddlers.

 

Keywords: Finger Painting, Temper Tantrums, Toddler

 

 

ABSTRAK

 

Temper tantrum terjadi pada anak usia 1-3 tahun karena tidak dapat mengungkapkan ekspresi atas apa yang mereka inginkan, sehingga tidak dapat mengontrol emosi yang membuat orang tua frustasi. Terdapat salah satu alternatif untuk mengatasi luapan emosi dan mencegah temper tantrum terjadi kembali yakni melalui finger painting yang merupakan teknik melukis menggunakan jari-jari dan telapak tangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh finger painting terhadap frekuensi temper tantrum pada toddler di Inderalaya Utara. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experiment dengan rancangan pretest dan posttest one group design. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling yang berjumlah 17 toddler dengan karakteristik jenis kelamin yang hampir berimbang dan umur rata-rata 30 bulan. Bentuk temper tantrum melempar barang (4), menangis sekeras-kerasnya (5), menjerit (4), memukul (3) dan menendang (1). Dengan menggunakan uji Wilcoxon, diketahui bahwa terdapat perbedaan bermakna antara frekuensi temper tantrum sebelum 3,18 1,88 dan sesudah finger painting 1,73 1,27 (P value= 0,010, α= 0,05). Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh finger painting terhadap frekuensi temper tantrum pada toddler di Inderalaya Utara. Penelitian selanjutnya disarankan untuk menerapkan finger painting tidak hanya satu kali perlakuan dan dilakukan secara berselang serta menggunakan kelompok kontrol. Bagi profesi keperawatan diharapkan dapat meningkatkan asuhan keperawatan anak yang berfokus pada keluarga dengan memperkenalkan finger painting ini, serta disarankan bagi para orang tua untuk menggunakan finger painting sebagai salah satu teknik dalam menghadapi perilaku temper tantrum pada toddler.

 

Kata Kunci: Finger Painting, Temper Tantrum, Toddler


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Aminah, S. (2010). Upaya Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Latihan Motorik Halus Dengan Menggunakan Keterampilan Mosaics Pada Siswa Autis Kelas I Semester I Di Slb Autis Alamanda Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011.

Cdc. (2021). Toddlers. Https://Www.Cdc.Gov/Ncbddd/Childdevelopment/Positiveparenting/Toddlers2.Html

Daniels, E., Mandleco, B., & Luthy, K. E. (2012). Assessment, Management, And Prevention Of Childhood Temper Tantrums. Journal Of The American Academy Of Nurse Practitioners, 24(10), 569–573. Https://Doi.Org/10.1111/J.1745-7599.2012.00755.X

Farid, D. A. (2023). Devona Azaria Farid (2023) Implementasi Kegiatan Finger Painting Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Pada Kelompok B Di Satuan Paud Sejenis Aster 51 Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember (Doctoral Dissertation, Uin Kiai Haji Achmad Siddiq Jember).

Hasanah, N. (2021). Implementasi Metode Finger Painting Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Aisyiyah Sumbersari Bantul Metro Selatan (Doctoral Dissertation, Iain Metro).

Hayuningtyas, W. P. (2020). Finger Painting Dan Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Prasekolah: Finger Painting And The Developments Of Preschoolers Fine Motors In The Pre-Kindergartens. Jurnal Teras Kesehatan, 3(2), 10-17.

Kamila, Q. (2018). Pengaruh Kelekatan (Attachment) Anak Pada Orangtua Terhadap Temper Tantrum Usia Prasekolah (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Laura L. Sisterhen; Paulette Ann W. Wy. (2020). Temper Tantrums - Statpearls - Ncbi Bookshelf. Https://Www.Ncbi.Nlm.Nih.Gov/Books/Nbk544286/

Lestari, L. (2018). Pengaruh Kegiatan Melukis Abstrak Terhadap Peningkatan Kemampuan Motorik Halus (Penelitian Pada Siswa Kelas B Raudhatul Atfhal Al Huda Kwayuhan Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2017/2018) (Doctoral Dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Mashar, R. (2015). Emosi Anak Usia Dini Dan Strategi Pengembangannya. Kencana.

Maryani, T., & Estiwidani, D. (2020). Development Stimulation With Finger Painting Techniques And Toddler Age Tantrum Frequency. Jurnal Kesehatan Ibu Dan …, 14(1), 23–29. Http://E-

Journal.Poltekkesjogja.Ac.Id/Index.Php/Kia/Article/View/616

Maslakhah, K. (2017). Pengaruh Finger Painting Story Terhadap Peningkatan Pemahaman Logika Anak (Penelitian Pada Anak Kelompok B 2 Tk Aba 1 Baledono Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017) (Doctoral Dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Natalia, A. (2016). Deskripsi Penerapan Finger Painting Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Kelompok B Di Tk Dharma Wanita Persatuan Sukarame Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016.

Nasril, U. K. (2020). Pengaruh Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Kelompok B Tk Tunas Harapan Kota Palopo (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Palopo).

Nhs. (2019). Temper Tantrums - Nhs. Https://Www.Nhs.Uk/Conditions/Baby/Babys-Development/Behaviour/Temper-Tantrums/

Novita Tanandry. (2010). Bad Behavior, Tantrums, And Tempers (1st Ed.). Elex Media Komputindo.

Potter & Perry’s. (2021). Potter & Perry’s Essentials Of Nursing Practice, Sae, E Book (P. 807).

Rofi’ah, U. A., Hafni, N. D., & Mursyidah, L. (2022). Sosial Emosional Anak Usia 0-6 Tahun Dan Stimulasinya Menurut Teori Perkembangan. Az-Zahra: Journal Of Gender And Family Studies, 3(1), 41-66.

Suzanti, M. W., Riyani, E., Istiqomah, A., & Ihtiar, C. (2015). Efektivitas Finger Painting Untuk Menurunkan Perilaku Temper Tantrum Pada Anak Kb Pk Yogyakarta. In Jurnal Pendidikan Anak (Vol. 3, Issue 1). Https://Doi.Org/10.21831/Jpa.V3i1.3055

Tuljannah, E. (2018). Hubungan Permainan Finger Painting Dengan Kemampuan Menulis P Ada Anak Usia Dini.

Wahyuni, R., & Erdiyanti. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Finger Painting Menggunakan Tepung Singkong. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 28–40. Https://Doi.Org/10.37985/Murhum.V1i1.5




DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v4i1.12637

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Publisher: Universitas Malahayati Lampung


Creative Commons License
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


kostenlose besucherzähler