Hubungan Pengetahuan Perawat tentang Pemberian Obat dengan Penerapan Prinsip 6 (Enam) Benar Pada Pasien di Rumah Sakit Rumkitban 02.09.04 Kerinci

Moza Suzana, Defvi Herlina

Sari


ABSTRACT

 

Patient safety is the main reference and principle in the health servive process in a health provider institution. The world helath organization (WHO) in 2020 reported that in several countries there were cases of as many as 70% of medication erros that caused permanent disability in patients. Medication erros also often occur in the caused permanent disability in hospitals. Errors in drug administration in Indonesia were ranked first (24.9%) of the top 10 reported incident. The aim of this research is to determine the relationship between nurses' knowledge about administering medication and the 6 principles of correct medication. The purpose of this study was to all nurses who worked at the Rumkitban Hospital amounting to 32 respondents. The samples taken were 32 respondents who were obtained using a total sampling technique with a cross sectional approach. The ingtrument used is a questionnaire. The data in this study were processed using the chi-square test with a signifixanxe level of P= 0,005. From the study, it was found that there was a significant relationship between nurses knowledge about drug administration and application of the 6 correct principles of medicine (P=0,017). The recommended advice for nurses and hospitals is to seek as much information as possible about the application of the 6- drug principle so that patient safety is guaranted

 

Keywords: Nurses, Knowledge and Application of the Six Right Medicine Principles

 

 

ABSTRAK

 

Keselamatan pasien merupakan acuan dan prinsip utama dalam proses pelayanan kesehatan di sebuah lembaga penyedia kesehatan. World Health Organitation (WHO) pada tahun 2020 melaporkan bahwa beberapa negara  terjadi   kasus   sebanyak 70%  kesalahan pengobatan hingga menyebabkan kecacatan permanen pada pasien. Kesalahan pengobatan juga sering kali terjadi dalam proses pengobatan, khususnya di Rumah Sakit. Kesalahan dalam pemberian obat di Indonesia menduduki peringkat pertama (24,9 %) dari 10 besar insiden yang dilaporkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan perawat tentang pemberian obat dengan prinsip 6 benar obat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perawat yang bekerja di rumah sakit rumkitban yang berjumlah 32 responden. Sampel yang diambil berjumlah 32 responden yang di peroleh menggunakan teknik total sampling dengan pendekatan Cross Sectional. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Data dalam penelitian ini diolah dengan menggunakan uji chi-square dengan tingkat kemaknaan P = 0,005. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan perawat tentang pemberian obat dengan penerapan prinsip 6 benar obat (P = 0,017). Saran yang dianjurkan yaitu bagi perawat dan rumah sakit adalah mencari infoemasi sebanyak-banyaknya tentang penerapan prinsip 6 obat agar keselamatan pasien terjamin.

 

Kata Kunci: Perawat, Pengetahuan dan Penerapan Prinsip Enam Benar Obat


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Aryani. (2017). Prosedur Klinik Keperawatan Pada Kebutuhan Dasar Manusia (1nd ed., Vol.1). EGC

Boyd & Claire. (2015). Keterampilan Penatalaksanaan Obat Untuk Perawat. (1nd ed., Vol.1). Bumi Medika

Dharma K.K. (2015). Metedologi Penelitian Keperawatan (2nd ed., Vol. 2). CV. Trans Info Media.

Efendi & Makhfudli (2009). Keperawatan Kesehatan Komunitas Teori dan Praktik dalam Keperawatan. Salemba Medika

Fatimah S.F. (2016). Gambaran Penerapan Prinsip Benar Pemberian Obat Di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit II. Jurnal Ners dan Kebidanan Indonesia, 4(2), 79-83.

Gibson, J. L, Ivancevich, J. M, & Donnely, J. H. (2017). Organisasi: Perilaku, Struktur, Proses. (8nd ed., Vol. 2). Binarupa Aksara.

Hastianti. (2017). Hubungan Tingkat Pengetahuan Perawat Dengan Kepatuhan Melaksanaan Prinsip 7 Benar Pemberian Obat Di Rumah Kelas III (Penyakit Dalam) RSU Wates. Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Alma Ata Yogyakarta.

Hilmawan, F.A, Suprapti E, & Solechan, A (2014). Hubungan Antara Penerapan Standart Operational Procedure (SOP) Pemberian Obat Prinsip Enam Benar Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di RSUD Ungaran. Stikes Telogorejo.

Hughes, V.M. (2010). Teacher Evaluation Practices And Teacher Job Satisfaction. Presentation for the Faculty of the Graduate School University of Missouri-Columbia.

Karch, M. A. (2010). Buku Ajar Farmakologi Keperawatan (2nd ed., Vol. 2). EGC

Kee, JL & Hayes, ER (2002). Pharmacology: a Nursing process approach, (3nd ed., Vol. 3). WB Sauders Co.

Khairurrijal M.A.W & Putriana NA. (2020). Review: Medication Erorr Pada Tahap Prescribing, Transcribing, Dispensing, dan Administration. Farmasetika.com (Online), 2(4), 1-8.

Kurtanti. (2005). Tingkat Penerapan Prinsip ‘Enam Tepat’ Dalam Pemberian Obat Oleh Perawat Di Ruang Rawat Inap. Jurnal Keperawatan Indonesia, 1(9), 21-25.

Lestari, S. H. (2018). Keefektifan Pemberian Nebulizer Terapi Combivent Dan Terapi Bisolvon Terhadap Patensi Jalan Nafas Pada Pasien Asma Bronkial Diruang Igd Bbkpm Makassar . Jurnal Keperawatan Global, 2(3), 86-97.

Notoatmodjo. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. (1nd ed., Vol. 1). PT Rineka Cipta.

Nursalam. (2015). Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan (2nd ed., Vol. 2). Salemba Medika.

Pakpahan M.H, Nasution Z & Nurjanah. (2023). Penerapan Enam Benar Pemberian Obat Di Rumah Sakit Bidadari Binjai. Jurnal Darma Agung, 1(2). 8-16.

Perry, Peterson & Potter. (2005). Buku saku ketrampilan dan prosedur dasar. (5nd ed., Vol. 3). EGC

Pudjowati E.V, Widodo D & Wahidyandti R.H. (2016). Hubungan Pengetahuan Perawat Tentang Pemberian Obat Dengan Penerapan Prinsip 7 (Tujuh) Benar Pada Pasien Di Rumah Sakit Panti Waluya Sawahan Malang. Nursing News, 1(1), 62-69.

Racmawati N & Harigustian Y. (2019). Menejemen Patient Safety Konsep & Aplikasi Patient Safety Dalam Kesehatan (1nd ed., Vol. 1). PT.Pusaka Baru

Sidauruk D & Bayoh Y.D. (2021). Pengetahuan Dan Sikap Mahasiswa Profesi Ners Tentang Pemberian Obat 10 Benar. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 4(3), 727-734.

Suryani L & Permana L. (2020). Peningkatan Perilaku Perawat Melalui Pengetahuan Dalam Menjalankan Prinsip Pemberian Obat 12 Benar. jurnal ilmu kesehatan, 2(5), 79-85




DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v4i3.13790

Refbacks



Publisher: Universitas Malahayati Lampung


Creative Commons License
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


kostenlose besucherzähler