Pola Asuh Orang Tua dan Tingkat Percaya Diri Mahasiswa Stikes di Surabaya

Ni Nyoman Wahyu Lestarina, Dwi Purwantini, yunita Wiguna

Sari


ABSTRACT

 

Good parenting is seen as providing a welcoming and friendly environment so that children have high self-confidence. The purpose of this research is to see the relationship between parenting styles and the level of self-confidence of STIKES students in Surabaya. The research design used is a correlational study with a cross-sectional approach. The variables in this research are parents' parenting style and level of self-confidence. The number of respondents for this research was 138 STIKES students in Surabaya who were taken using purposive sampling techniques. The measuring tools used are the Parental Authority Questionnaire (PAQ) and a self-confidence questionnaire. The statistical test used is the Spearman Rank (Rho) correlation test. As many as 80% of parents have a democratic parenting style, and as many as 69% of students have a moderate level of self-confidence. The results of statistical tests obtained a p-value of 0.002, which means there is a relationship between parental parenting and students' level of self-confidence. Parental parenting style has a major contribution to teenagers' self-confidence. There is a need for education regarding the implementation of effective parenting patterns for parents and character education for students so that it can help increase self-confidence.

 

Keywords: Parenting Style, Self-Confidence, Students

 

 

ABSTRAK

 

Pola asuh orang tua berpengaruh terhadap rasa percaya diri anak. Lingkungan keluarga yang bersahabat dan ramah dapat meningkatkan interaksi antara anak dan orang tua sehingga dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak.  Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara pola asuh orang tua dan Tingkat percaya diri mahasiswa STIKES di Surabaya. Penelitian ini menggunakan studi korelasi dengan pendekatan cross sectional. Variabel dalam penelitian ini adalah pola asuh orang tua dan tingkat percaya diri. Jumlah responden penelitian ini sebanyak 138 mahasiswa STIKES di Surabaya yang diambil dengan teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Parental Authority Questionnaire (PAQ) serta kuesioner percaya diri. Uji statistik yang digunakan adalah uji korelasi Spearman Rank (Rho). Didapatkan 80% memiliki pola asuh demokratis, sebanyak 69% mahasiswa memiliki tingkat percaya diri yang sedang, Hasil uji statistik didapatkan nilai p 0,002 yang menandakan bahwa ada hubungan antara pola asuh dan tingkat percaya diri mahasiswa. Pola asuh orang tua berkontribusi besar terhadap rasa percaya diri remaja. Perlu adanya edukasi terkait penerapan pola asuh yang efektif pada orang tua serta pendidikan karakter mahasiswa sehingga dapat membantu untuk meningkatkan rasa percaya diri.

 

Kata Kunci: Pola Asuh, Percaya Diri, Mahasiswa


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


ambika, Avadam, And Neeraj Panwar. (2021). “Self-Confidence: A Comparative Study On Young Adolescents.” The International Journal Of India Psychology 9(4):0–3. Doi: 10.25215/0904.220.

Aninda. (2016). “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Citra Tubuh Remaja Pada Masa Pubertas Di Wilayah Kelurahan Bintaro Jakarta Selatan.” Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Ekadaya, Vianda Yustia. (2020). “Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Kepercayaan Diri Siswa Kelas V Di Sd Muhammadiyah Program Plus Besuki Tulungagung.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Ella, Kurniawati &., And Diah Rosra, Muswardi & Utaminingsih. (2017). “Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Percaya Diri Siswa.” Jurnal Bimbingan Konseling 5(5):93–105.

Ghufron, M., &. Rini. (2014). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hidayat, A. (2017). Metode Penelitian Keperawatan Dan Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.

Hidayati, Richma, Nur Hidayah, M. Ramli, S. Santoso, Urip Tisngati, And Nely Indra Meifiani. (2014). “Pengaruh Kepercayaan Diri Dan Pola Asuh Orang Tua.” Jurnal Derivat 1(2):8–18.

Hulukati, Weni. (2019). Pengembangan Diri Siswa Sma. 1st Ed. Gorontalo: Ideas Publishing.

Kishor, Nand. (2022). “Self-Confidence Among Adolescents.” The Research Voyage: An International Bi-Annual Peer Reviewed Multidisciplinary Research Journal 1(1):7–14.

Kurniawati, Ella, Muswardi Rosra, And Diah Utaminingsih. (2017). “Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Percaya Diri Siswa.” Jurnal Bimbingan Konseling 5(5):93–105.

Maimun. (2017). Psikologi Pengasuhan : Mengasuh Tumbuh Kembang Anak Dengan Ilmu. 2nd Ed. Edited By Sobry. Mataram: Sanabil.

Maya, Sri, Soetjiningsih Soetjiningsih, Iga Trisna Windiani, And Igan Sugitha Adnyana. (2018). “Korelasi Pola Asuh Orangtua Terhadap Self-Esteem Remaja Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Harapan Denpasar.” Sari Pediatri 20(1):24. Doi: 10.14238/Sp20.1.2018.24-30.

Meina, Nurul. (2020). “Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Kepercayaan Diri Pada Siswa Smp Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar.” Universitas Islam Negeri Ar- Raniry.

Ningsih, Neneng Fitria, And Siti Hotna Siagian. (2020). “Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Kepercayaan Diri Pada Remaja Di Mtsn 1 Kampar.” Jurnal Ners 6(2):1–6.

Nirmayanti, Dian Novita Siswanti, And Wilda Ansar. (2023). “Pengaruh Pola Asuh Demokratis Terhadap Kepercayaan Diri Pada Remaja.” Journal Of Correctional Issues 6(2):307–16.

Nugraha, Agustin Syafitri. (2017). “Pola Asuh Orang Tua Untuk Meningkatkan Percaya Diri Dan Konsep Diri Remaja Dalam Belajar.” Al-Munawarah : Jurnal Pendidikan Islam 9:37–50.

Nugroho . D. (2019). Berpikir Positif Dan Berjiwa Besar. Yogyakarta: Araska.

Purnama, Ni Luh Agustini. (2022). “Relationship Of Parenting Paterrns With The Self Confidence Of Pre School Children In The Pandemic Covid 19.” Cientific Journal Of Nursing 8(2):486–94.

Purwaningtyas, Fifin Dwi. (2021). Pola Asuh Otoriter Orang Tua Dan Perilaku Kenakalan (Delinquency) Pada Remaja. 1st Ed. Edited By T. Hidayati. Jawa Tengah: Cv. Pena Persada.

Samiullah, Sarwar. (2017). “Influence Of Parenting Style On Children’s Behaviour.” Journal Of Education And Educational Development 4(1):94–110.

Subagia, I. Nyoman. (2021). Pola Asuh Orang Tua: Faktor & Implikasi Terhadap Perkembangan Karakter Anak. 1st Ed. Bali: Nilacakra.

Sukiman, Palupi Raraswati, Agus Mohammad Solihin, Yuwono Tri Prabowo, Maswita Djaja, Ninin Nirawaty, Syefriani Darnis, Mohamad Roland Zakaria, Lilis Hayati, Sri Lestari Yuniarti, Yufiarti, Andyda Meliala, Ida Widayanti, Nana Maznah, Perwita Sari, And Anne Gracia. (2016). Seri Pendidikan Orang Tua : Pengasuhan Positif. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Tim Pengembang Pp Pnfi Regional I Bandung. (2012). Modul 5: Pendidikan Keorangtuaan. 1st Ed. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Zhang, Huimin. (2022). “The Factors, Effects, And Treatments Of Parenting Styles On Young Adolescents’ Academic Achievements.” Proceedings Of The 2022 3rd International Conference On Mental Health, Education And Human Development (Mhehd 2022) 670(Mhehd):352–56. Doi: 10.2991/Assehr.K.220704.065.




DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v4i7.14637

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Publisher: Universitas Malahayati Lampung


Creative Commons License
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


kostenlose besucherzähler