Hubungan Kesehatan Mental dan Prestasi Belajar Remaja Stunting
Sari
ABSTRACT
Adolescence is a time of searching for character. There are many factors that influence its growth and development. One of them is nutritional intake, insufficient nutritional intake can result in stunting which then affects children's motoric, psychological and cognitive development. One of the psychological problems that arises is mental health problems and cognitive problems, namely learning achievement. This research is to determine the relationship between mental health and the learning achievement of stunted adolescents. The research used a quantitative approach with Spearman Rank correlation analysis, a sample of 73, total sampling method. Measuring tools use the Strength and Difficulties Questionnaire (SDQ), anthropometry and documentation of report cards. This research has a Spearman correlation coefficient value of 0.669, indicating a strong positive relationship between mental health and the learning achievement of stunted adolescents. Good mental health will support good learning achievement.
Keywords: Mental Health, Learning Achievement, Teenagers, Stunting
ABSTRAK
Masa remaja adalah masa mencari karakter. Ada banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya. Salah satunya adalah asupan gizi, asupan gizi yang kurang bisa mengakibatkan stunting yang kemudian berpengaruh terhadap penkembangan motorik, psikologis dan kognitif anak. Salah satu masalah psikologis yang muncul yaitu masalah kesehatan mental dan untuk kognitif yaitu prestasi belajar. Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kesehatan mental dengan prestasi belajar remaja stunting. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisa korelasi Spearman Rank, sampel sebanyak 73, metode pengambilan sampel total sampling. Alat ukur menggunakan Strenght and difficulties Questionnare (SDQ), antropometri dan dokumentasi nilai rapot. Penelitian ini memiliki nilai koefisien korelasi Spearman 0,669, menunjukkan hubungan positif yang kuat antara kesehatan mental dan prestasi belajar remaja stunting. Kesehatan mental yang baik akan mendukung prestasi belajar yang baik.
Kata Kunci: Kesehatan Mental, Prestasi Belajar, Remaja, Stunting
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Adilla Dwi Nur Yadika, Khairun Nisa Berawi, & Syahrul Hamidi Nasution3. (2019). Pengaruh Stunting Terhadap Perkembangan Kognitif Dan Prestasi Belajar. Jurnal Majority, 8(2), 273–282. Https://Tinyurl.Com/Ms7vx2wh
Ahmadi, S. (2013). Psikologi Belajar. Pt. Rineka Cipta.
Aisyaroh, N., Hudaya, I., & Supradewi, R. (2022). Trend Penelitian Kesehatan Mental Remaja Di Indonesia Dan Faktor Yang Mempengaruhi: Literature Review. Scientific Proceedings Of Islamic And Complementary Medicine, 1(1), 41–51. Https://Doi.Org/10.55116/Spicm.V1i1.6
Akhiruddin, Sujarwo, Atmowardoyo, H., & H, N. (2019). Haryantoatmowardoyo Dr. Nurhikmahh.S.Pd., M.Pd.
Ardiansyah, S., Tribakti, I., Suprapto, Yunike, Febriani, I., Saripah, E., Kuntoadi, G. B., Zakiyah, Kusumawaty, I., Rahayu, M., Putra, E. S., Kurnia, H., Narulita, S., Juwariah, T., & Akhriansyah, M. (2023). Kesehatan Mental.
Atik, M. (2019). Pengaruh Kesehatan Mental Siswa Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pai Siswa Kelas X Di Sman 2 Ponorogo Tahun Ajar 2018/2019. Institusi Agama Islam Negeri Ponorogo. Https://Etheses.Iainponorogo.Ac.Id/6197/1/Skripsi.Pdf
Daradjad, Z. (2016). Kesehatan Mental. Gunung Agung.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia.
Kemenkes Ri. (2024). Remaja 10-18 Tahun. Https://Ayosehat.Kemkes.Go.Id/Kategori-Usia/Remaja
M. Akbar Alwi, H. H. A. F. L. (2022). Determinan Dan Faktor Risiko Stunting Pada Remaja Di Indonesia : Literature Review. Https://Doi.Org/I.Org/10.33860/Shjig.V3i1.1489
Nirmalasari, N. O. (2020). Stunting Pada Anak : Penyebab Dan Faktor Risiko Stunting Di Indonesia. Qawwam: Journal For Gender Mainstreming, 14(1), 19–28. Https://Doi.Org/10.20414/Qawwam.V14i1.2372
Pemkab Wonogiri. (2022). Pencegahan Stunting Pada Remaja. Https://Infostunting.Wonogirikab.Go.Id/Berita/Read/Pencegahan-Stunting-Pada-Remaja
Rafika, M. (2019). Dampak Stunting Pada Kondisi Psikologis Anak. Buletin Jagaddhita, 1(1), 1–4. Http://Dx.Doi.Org/10.4236/Ojmp.2016.54007
Riskesdas. (2020). Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan.
Rosyid, M. Z. (2020). Prestasi Belajar (M. P. Rofiqi, S.Pd.I (Ed.); 2nd Ed.). Lieratsi Nusantara.
Santrock, J. W. (2011). Perkembangan Anak (Edisi 7, J).
Siti Nadia Tarmizi, M. E. (2023). Prevalensi Stunting Di Indonesia Turun Ke 21,6% Dari 24,4%. Kementrian Kesehatan Ri. Https://Sehatnegeriku.Kemkes.Go.Id/Baca/Rilis-Media/20230125/3142280/Prevalensi-Stunting-Di-Indonesia-Turun-Ke-216-Dari-244/
Supini, P., Gandakusumah, A. R. P., Asyifa, N., Auliya, Z. N., & Ismail, D. R. (2024). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesehatan Mental Pada Remaja. Jerumi: Journal Of Education Religion Humanities And Multidiciplinary, 2(1), 166–172. Https://Doi.Org/10.57235/Jerumi.V2i1.1760
Tsauri, S. (2015). Pendidikan Karakter Peluang Dalam Membangun Karakter Bangsa. Http://Digilib.Uinkhas.Ac.Id/1723/1/Buku Sofyan Tsauri Pendidikan Karakter 2015.Pdf
Ulfah. (2023). Pengaruh Kesehatan Mental Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Tingkat Akhir. Annual Guidance And Counseling Academic Forum, 23–28.
Unicef. (N.D.). Mengatasi 3 Beban Malnutrisi Di Indonesia. Retrieved July 30, 2024, From Https://Www.Unicef.Org/Indonesia/Id/Gizi
Widanti, Y. A. (2017). Prevalensi, Faktor Risiko, Dan Dampak Stunting Pada Anak Usia Sekolah. In Jurnal Teknologi Dan Industri Pangan (Vol. 1, Issue 1, Pp. 23–28).
Yunita, E. (2020). Faktor Determinan Kejadian Stunting Pada Anak Sekolah Dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Ilmu Gizi Indonesia (Jigzi), 1(1), 59–70. Https://Doi.Org/10.57084/Jigzi.V1i1.309
DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v4i9.16670
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Publisher: Universitas Malahayati Lampung
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
kostenlose besucherzähler