Efektivitas Video Edukasi Premenstrual Syndrom terhadap Pengetahuan, Perilaku dan Tingkat Kecemasan pada Remaja Putri
Sari
ABSTRACT
Premenstrual syndrome (PMS) is a symptoms of physical and mental disorders, which usually appear from one week to several days before menstruation comes, and disappear after menstruation comes, although sometimes it lasts until menstruation stops. PMS which occurs in teenagers can reduce productivity in carrying out daily activities. PMS symptoms in teenagers can affect their performance at school. The incidence of PMS affects activities at school, for example: decreased concentration in learning, disruption of communication with friends, it is also possible that there will be a decrease in learning productivity and an increase in absenteeism and attendance. The purpose this research was to determine the effectiveness of premenstrual syndrome educational videos on the knowledge, behavior and stress levels of teenager at Senior high School 1 Dawan Klungkung. This research are pre-experimental design with one-group pretest-post-test desaign. This research location was at Senior high School 1 DawanKlungkung. Analysis data was used univariate analysis, bivariate analysis with Wilcoxon test. The results of this study show that educational videos are effective in increasing knowledge and behavior as well as reducing the anxiety level of teenager with premenstrual syndrome with a p value of 0.0001. Educational videos are effective to increasing knowledge and behavior as well as reducing the anxiety level of teenager with premenstrual syndrome
Keywords: Educational Video, Knowledge, Behavior and Anxiety Level
ABSTRAK
Premenstrual syndrome (PMS) adalah sekumpulan gejala berupa gangguan fisik dan mental, yang biasanya muncul mulai satu minggu sampai beberapa hari sebelum datangnya haid, dan menghilang sesudah haid datang, walaupun kadang berlangsung sampai haid berhenti PMS yang terjadi pada remaja dapat menurunkan produktivitas dalammelakukan aktivitas sehari-hari. Gejala-gejala PMS pada remaja dapat berpengaruh terhadap prestasinya di sekolah. Kejadian PMS mempengaruhi kegiatan di sekolah, misalnya: penurunan konsentrasi belajar, terganggunya komunikasi dengan teman juga dimungkinkan terjadi penurunan produktivitas belajar dan peningkatan absensi kehadiran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas video edukasi premenstrual syndrom dengan pengetahuan, perilaku dan tingkat stress remaja putri di SMAN 1 Dawan Klungkung. Penelitian ini bersifat analitik dengan desain pre eksperimental dengan pendekatan one- group pretest-post-test. Tempat penelitian yaitu di SMA 1 Dawan Klungkung. Analisa data yang digunakan yaitu analisis univariat, analisis bivariat dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa video edukasi efektif terhadap peningkatan pengetahuan dan perilaku serta penurunan tingkat kecemasan remaja putri dalam menghadapi premenstrual syndrome dengan p value 0,0001. Video edukasi efektif dalam peningkatan pengetahuan dan perilaku serta penurunan tingkat kecemasan remaja putri dalam menghadapi premenstrual syndrome
Kata Kunci: Video Edukasi, Pengetahuan, Perilaku dan Tingkat Kecemasan
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Amalia, S., Aningsih, S., & Safitri, Y. R. (2025). Hubungan Pengetahuan Tentang Premenstrual Syndrome Dengan Kecemasan Silviatul Amalia. Jurnal Ilmiah Kesehatan Rustida, 12(01), 53–62.
Andiarna, F. (2018). Korelasi Tingkat Stres Dengan Kejadian Sindrom Premenstruasi Pada Mahasiswi. Jurnal Of Health Science And Prevention, 2(1), 8–13.
Astikasari, N. D., & Kofi, J. (2022). Analisis Tingkat Pengetahuan Tentang Kesehatan Reproduksi Terhadap Perilaku Menghadapi Premenstruasi Sindrom Pada Remaja. Journal For Quality In Women’s Health, 5(1), 8–16. Https://Doi.Org/10.30994/Jqwh.V5i1.127
Burhan, I. R., Mappaware, N. A., Daud, N. A., & St. Nurasni, S. N. (2023). The Influence Of Module-Based Education To Adolescent Women On Increasing Self Efficacy In Cases Premenstrual Syndrome. Jurnal Kebidanan Malahayati, 9(3), 525–533. Https://Doi.Org/10.33024/Jkm.V9i3.8797
Damayanti, D. Setya, Kurniawati, D., & S, Eka Afdi. (2022). The Effect Of Health Education With Pop – Up Book Media On Increasing Adolecent Knowledge Related To Premenstrual Syndrome. Jurnal Kesehatan Pasak Bumi Kalimantan, 5(1), 10–16. Http://E-Journals.Unmul.Ac.Id/Index.Php/Jkpbk
Decelita Wahyuni, S., & Dody Izhar, M. (2018). Determinan Yang Berhubungan Dengan Premenstrual Syndrome (Pms) Pada Remaja Putri Di Smpn 7 Kota Jambi Determinants Which Correlate With Premenstrual Syndrome (Pms) For Adolescent Girls In Smpn 7 Jambi City. Jurnal Kesmas Jambi, 2(1), 59–70.
Dina Raidanti, O. N. (2020). Faktor - Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Premenstruasi Sindrom Pada Remaja Di Pondok Pesantren Babus Sallam Kota Tangerang Tahun 2019. Jurnal Ilmiah Kesehatan Delima, 4(1), 54–63.
Hartanto, S. S., Astuti, W., Nugrahati, T., Sutomo, H., & Nada, S. K. (2018). Hubungan Antara Tingkat Stress Dengan Kejadian Premenstruasi Syndrome Pada Mahasiswi Di Asrama Putri Stikes Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang. Well Being, 3(1), 12–19.
Husnida, N., & Sutianingsih, H. (2016). Hubungan Antara Pengetahuan Dan Sikap Tentang Premenstrual Syndrome Dengan Perilaku Dalam Mengatasi Premenstrual Syndrome Pada Mahasiswa Jurusan Kebidanan Rangkasbitung Poltekkes Kemenkes Banten Tahun 2015. Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan), 3(1), 1–11. Https://Doi.Org/10.36743/Medikes.V3i1.147
Nurmilasari, & Ariestanti, Y. (2016). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Pencegahan Premenstrual Syndrome (Pms) Pada Siswi Smkn X Jakarta Timur 2016. Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan, 2(8), 500–509.
Puspita, I. M., Anifah, F., Adyani, A., & Rozifa, A. W. (2022). Asuhan Kebidanan Remaja & Perimenopause. Rena Cipta Mandiri.
Puspitaningrum, E. M. (2018). Hubungan Pengetahuan Remaja Putri Dengan Perilaku Mengatasi Gejala Premenstrual Syndrome (Pms) Di Man Model Kota Jambi. Menara Ilmu, Xii(80), 27–32.
Qotrunada, H. T., & Linggardini, K. (2023). Gambaran Morbiditas Premenstrual Syndrome Dan Tingkat Kecemasan Pada Remaja Putri. Faletehan Health Journal, 10(2), 193–198. Www.Journal.Lppm-Stikesfa.Ac.Id/Ojs/Index.Php/Fhj
Rahayu, A., Noor, M. S., Yulidasari, F., Rahman, F., & Putri, A. O. (2017). Buku Ajar Kesehatan Reproduksi Remaja & Lansia. In Journal Of Chemical Information And Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Ramdani, M. (2018). Premenstrual Syndrome (Pms). Encyclopedia Of Endocrine Diseases, 7(1), 432–435. Https://Doi.Org/10.1016/B978-0-12-801238-3.03915-5
Tri Wijayanti, Y. (2015). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Premenstrual Syndroma Pada Remaja Putri. Jurnal Kesahatan Metro Sai Wawai, 8(2), 1–7.
Wahyuningsih, M., & Liliana, A. (2018). Analisa Hubungan Antara Usia Menarche, Sikap Tentang Pre-Menstruasi Sindrom Terhadap Perilaku Dalam Mengatasi Pre-Menstruasi Sindrom Di Smpn 1 Mlati …. Jurnal Keperawatan Respati …, 5(2), 383–387. Http://Nursingjurnal.Respati.Ac.Id/Index.Php/Jkry/Article/View/210
Wardana, M., Noor, M. S., Istiana, Juhairina, & Nursantari, W. (2022). Pengaruh Penyuluhan Melalui Media Video Terhadap. Homeostasis, 5(2), 269–274.
Wulan, S., Lubis, B., Ginting Munthe, N. B., Sembiring, I. M., & Gurusinga, R. (2021). Hubungan Pengetahuan Remaja Putri Tentang Kesehatan Reproduksi Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Premenstruasi Syndrome. Jurnal Kesmas Dan Gizi (Jkg), 4(1), 51–57. Https://Doi.Org/10.35451/Jkg.V4i1.847
DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v5i12.17926
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Publisher: Universitas Malahayati Lampung

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
kostenlose besucherzähler


Panduan Penulisan





