Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kepercayaan Diri Mahasiswa Program Studi Keperawatan S-1 Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Khadija Kusumawati, Yektiningtyastuti Yektiningtyastuti, Ikhsan Mujahid

Sari


ABSTRACT 

Parenting is intimately tied to an adult's personality. Self-confidence is one of important characteristic of personality in adolescent development. Character building for self-confidence starts with family education and parenting. The amount of self-confidence one has will affect his or her educational and career goals. This investigation aspires to determine the relationship between parenting patterns and self- confidence in S-1 Nursing college students of the Faculty of Health Sciences, Muhammadiyah Purwokerto University. This research design is descriptive correlation with cross sectional approach. A selection of 109 college student was acquired through proportional random sampling technique. Data was gathered using a questionnaire form and research data analysis using the Chi-Square test. The Chi-Square test results showed that the relationship between parental parenting style and the confidence of S-1 Nursing students was obtained with a significance value of p-value = 0.000 (pv < 0.05). There was a significant relationship between parenting patterns and the self-confidence of BSN students.

 

Keywords: Parenting, Self-Confidence, Nursing Students

 

ABSTRAK

 

 

Pola asuh orang tua sangat erat kaitannya dengan kepribadian seseorang saat dewasa. Rasa kepercayaan diri merupakan salah satu aspek kepribadian yang penting dalam perkembangan remaja. Pembentukan karakter kepercayaan diri dimulai dari pendidikan dan pengasuhan keluarga yaitu orang tua. Rasa Kepercayaan diri yang dimiliki seseorang akan mempengaruhi tujuan pendidikan dan karirnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan kepercayaan diri mahasiswa Program Studi Keperawatan S-1 di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (FIKES UMP). Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional dengan menggunakan pendekatan cross-sectional. Sampel sebanyak 109 mahasiswa yang diambil melalui teknik proportional random   sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisis data penelitian dibantu melalui uji Chi-Square. Hasil uji Chi-Square hubungan pola asuh orang tua dengan kepercayaan diri mahasiswa Program Studi S-1 Keperawatan diperoleh nilai signifikansi p-value = 0,000 (pv < 0,05). Terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan kepercayaan diri mahasiswa Program Studi S-1 Keperawatan.

 

Kata Kunci: Pola Asuh, Kepercayaan Diri, Mahasiswa S-1 Keperawatan


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Adawiah, R. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 33–48.

Aini, Z., Nirwana, H., & Marjohan. (2018). Kontribusi Penguatan Guru Mata Pelajaran Dan Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Keaktifan Siswa Dalam Belajar. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 1(1), 1–11.

Alan, S., Ertac, S., Kubilay, E., & Loranth, G. (2020). Understanding Gender Differences in Leadership. The Economic Journal, 130(626), 263–289.

Andersen, I. G., & Smith, E. (2022). Social Contexts and Gender Disparities in Students’ Competence Beliefs: The Role of Gender-Stereotypical Beliefs and Achievement Patterns in the Classroom for Students’ Self-Concept in Gender-Stereotypical Subjects. Frontiers in Education, 7(May), 1–16.

Carroll, P. (2022). Effectiveness of Positive Discipline Parenting Program on Parenting Style, and Child Adaptive Behavior. Child Psychiatry and Human Development, 53(6), 1349–1358.

Deni, A. U., & Ifdil. (2016). Konsep Kepercayaan Diri Remaja Putri. Jurnal EDUCATIO Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 43–52.

Djamarah, S. B. (2015). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga. Rineka Cipta.

Fosco, G. M., & Lydon-Staley, D. M. (2019). A Within-Family Examination of Interparental Conflict, Cognitive Appraisals, and Adolescent Mood and Well-Being. Child Development, 90(4), e421–e436.

Ghufron, M. N., & Risnawita, R. (2017). Teori-Teori Psikologi. Ar-Ruzz Media.

Gunawan, H. S. (2016). Hubungan Konsep Diri dan Pola Asuh Orangtua dengan Perilaku Asertif Siswa SMA Negeri 1 salem Kabupaten Brebes.

Hasrul, Sirajuddin, W., Melinda, P., Wulansari, Mulhaeri, Rahmayanti, D., Asniar, & Hafid, A. (2022). Implementasi Pola Asuh Autoritatif Dalam Menurunkan Kejadian Stunting. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 7(1), 2022.

Jasrin, F., Oktaviyana, C., Sartika, D., & Iqbal, M. (2023). Hubungan pola asuh orang tua dengan masalah perilaku dan emosional pada anak di SDN Kandang Cut Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Medika Nusantara, 1(3), 213–232.

Jati, R. S. (2014). Hubungan Antara Keterampilan Komunikasi, Kepercayaan Diri dan Self Efficacy Dengan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Mahasiswa Keperawatan S1 Angkatan 2010 Di Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Kocayörük, E., & Şimşek, Ö. F. (2016). Parental attachment and adolescents’ perception of school alienation: The mediation role of self-esteem and adjustment. Journal of Psychology: Interdisciplinary and Applied, 150(4), 405–421.

Kurniawati, E., Rosra, M., & Utaminingsih, D. (2017). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Percaya Diri Siswa. Jurnal FKIP Universitas Lampung, 93–105.

Langi, F. M., & Talibandang, F. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak. 2, 48–68.

Larasani, N., Yeni, I., & Mayar, F. (2020). Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 2368–2374.

Marheni, K. I. (2022). Kepercayaan Diri Mahasiswa/i Angkatan 2020 Program Studi Bimbingan dan Konseling di Universitas Sanata Dharma. Solution : Journal of Counseling and Personal Development, 4(1), 58–66.

Mustari, M. (2014). Nilai Karakter: Refleksi untuk Pendidikan (1st ed.). Rajawali Pers.

Nurfantri, Ernawati, Ahmadi, Pelawi, A. M. P., Simanjuntak, F. M., Siantar, R. L., Mawardi, E. A., Siregar, R., Aritonang, T. R., Nurvitriana, N. C., Widjayanti, Y., Deniati, K., Nisa, H., Meliyana, E., & Indrawati, L. (2022). Keperawatan Dasar. Rena Cipta Mandiri.

Peng, B., Hu, N., Yu, H., Xiao, H., & Luo, J. (2021). Parenting Style and Adolescent Mental Health: The Chain Mediating Effects of Self-Esteem and Psychological Inflexibility. Frontiers in Psychology, 12(October 2021), 1–11.

Perez-Gramaje, A. F., Garcia, O. F., Reyes, M., Serra, E., & Garcia, F. (2019). Parenting Styles and Aggressive Adolescents: Relationships with Self-esteem and Personal Maladjustment. The Europen Journal of Psychology Applied to Legal Context, 12(1), 1–10.

Pradani, G. D. (2017). Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Perilaku Emosional Pada Anak Remaja Di Desa Penaruban Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga 2017.

Putri, E. L. M., & Darmawanti, I. (2015). Perbedaan Kepercayaan Diri Remaja Akhir Ditinjau Dari Persepsi Terhadap Pola Asuh Orang Tua. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 3(2), 1–6.

Saputri, L. K., Lestari, D. R., & Zwagery, R. V. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kepercayaan Diri Remaja di SMK Borneo Lestari Banjarbaru. Dunia Keperawatan: Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan, 8(1), 34.

Subagia, N. (2021). Pola Asuh Orang Tua: Faktor, Implikasi terhadap Perkembangan Karakter Anak. Nilacakra.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Corona Virus 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 683–696.

Syam, A. (2017). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Kaderisasi IMM terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus di Program Studi Pendidikan Biologi. Jurnal Biotek, 5(1), 87–102.

Windiarto, T., Latifah, A. H. Y. S., Solih, R., Parwoto, F. H. E. S., Sinang, S. H. P. R., Rahayu, T. E., & Saryanto, D. P. I. A. (2019). Profil Anak Indonesia Tahun 2019. Kementerian Pemerdayaan Perempuan Dan Perlindngan Anak (KPPPA), 378.




DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v4i12.18526

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Publisher: Universitas Malahayati Lampung


Creative Commons License
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


kostenlose besucherzähler
slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor