Strategi Usaha Meningkatkan Pendapatan UPTD BPSJ dengan Metode Balance Scorecard

Dwi Retno Murdiyanti, Chriswardani Suryawati, Cahya Tri Purnami

Sari


ABSTRACT

 

UPTD Balai Pelayanan dan Saintifikasi Jamu (UPTD BPSJ) strives to increase income to maintain its sustainability in the future. Therefore, UPTD BPSJ needs to regulate business strategies to achieve revenue targets. One way to get a business strategy is with the Balance Scorecard. Balance Scorecard is a way for management to achieve goals by analyzing four perspectives including financial perspectives, learning and growth, internal business processes, and customers. This study was conducted to analyze the business strategy of UPTD BPSJ to increase revenue using the Balance Scorecard method. This type of research is qualitative with a case study design. The results of this study are known based on the financial perspective of UPTD BPSJ inefficient in managing the budget. As for the learning perspective, it was obtained information that productivity decreased due to lack of cooperation with the herbal industry, employee competence is lacking in terms of public speaking skills, using computers, introducing services through digital marketing, lack of communication between employees and units. From an internal business perspective, it is known that obstacles to innovation are that officers feel overlapping work, lack of supervision of minimum service standards and working according to standard operating procedures. Based on the customer perspective, information was obtained that customers feel that product prices are relatively expensive, lack of employee skills in conditioning visitors, the location of UPTD BPSJ cannot be accessed by public transportation, Google directions are not specific enough, and the service of the Laboratorium Saintifikasi Jamu unit is considered slow.The conclusion of this study is that UPTD BPSJ needs to optimize assets and employees to introduce UPTD BPSJ services, improve public speaking and digital marketing competencies of employees, improve effective communication, improve supervision of quality management systems and minimum service standards, evaluate service prices, improve collaboration so that access to UPTD BPSJ is easy and fast service.

 

Keywords: Balance Scorecard, Revenue, Strategy, UPTD BPSJ

 

 

ABSTRAK

 

UPTD Balai Pelayanan dan Saintifikasi Jamu (UPTD BPSJ) berupaya untuk meningkatkan pendapatan untuk menjaga keberlangsungannya di masa depan. Oleh karenanya UPTD BPSJ perlu mengatur strategi usaha mencapai target pendapatan. Salah satu cara mendapatkan strategi usaha yaitu dengan Balance Scorecard. Balance Scorecard adalah cara manajemen mencapai tujuan dengan menganalisis empat perspektif meliputi perspektif keuangan, pembelajaran dan pertumbuhan, proses bisnis internal, pelanggan. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis strategi usaha UPTD BPSJ meningkatkan pendapatan dengan metode Balance Scorecard. Jenis penelitian ini kualitatif dengan disain studi kasus. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diketahui berdasarkan perspektif keuangan UPTD BPSJ kurang efisien mengelola anggaran. Adapun dari perspektif pembelajaran didapatkan informasi produktivitas menurun karena kurangnya kerjasama dengan industri herbal, kompetensi karyawan kurang dalam hal kemampuan public speaking, menggunakan komputer, mengenalkan layanan melalui digital marketing, kurangnya komunikasi antar karyawan dan unit. Dari perspektif bisnis internal diketahui kendala berinovasi yaitu petugas merasa tumpang tindih pekerjaan, kurangnya pengawasan standar pelayanan minimal serta bekerja sesuai standar operasional prosedur. Berdasarkan perspektif pelanggan didapatkan informasi pelanggan merasa harga produk relatif mahal, kurangnya ketrampilan karyawan mengkondisikan pengunjung, lokasi UPTD BPSJ belum bisa diakses dengan kendaraan umum, petunjuk arah google kurang spesifik, pelayanan Laboratorium Saintifikasi Jamu dinilai lambat. Kesimpulan penelitian ini yaitu UPTD BPSJ perlu mengoptimalkan asset dan karyawan untuk mengenalkan layanan UPTD BPSJ, meningkatkan kompetensi public speaking serta digital marketing karyawan, meningkatkan komunikasi efektif, meningkatkan pengawasan sistem manajemen mutu dan standar pelayanan minimal, mengevaluasi harga layanan, meningkatkan kolaborasi agar akses menuju UPTD BPSJ mudah dan cepat pelayanannya. 

 

Kata Kunci: Balance Scorecard, Pendapatan, Strategi, UPTD BPSJ


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Anwar, C. (2015). Manajemen Konflik Untuk Menciptakan Komunikasi Yang Efektif (Studi Kasus Di Departemen Purchasing Pt. Sumi Rubber Indonesia). Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 148–157.

Ardilla, I., & Putri, A. A. (2015). Analisis Kinerja Keuangan Dengan Pendekatan Value For Money Pada Pengadilan Negri Tebing Tinggi. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 15(1), 78–85.

Asrizal Efendy Nasution, & Nasution, S. M. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Faktor Emosional Biaya Dan Kemudahan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pengguna Aplikasi Jasa Gojek Di Medan. Proceding Seminar Nasional Kewirausahaan, 2(1), 2021, Hal 142- 155, 2.

Aswat, I., & Hijriah, A. (2023). Bagaimana Pengoptimalan Manajemen Aset Dapat Meningkatkan Laba Perusahaan. Jurnal Audit Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura, 12(1), 37. Https://Doi.Org/10.26418/Jaakfe.V12i1.63356

Averio, T. (2020). The Analysis Of Influencing Factors On The Going Concern Audit Opinion – A Study In Manufacturing Firms In Indonesia. Asian Journal Of Accounting Research, 6(2), 152–164. Https://Doi.Org/10.1108/Ajar-09-2020-0078

Budiyanto, H., Setiawan, A. B., & Winansih, E. (2020). Pameran Virtual Untuk Umkm Di Kota Malang Dengan Atap Panggung Tiup Sebagai Solusi Pemasaran Online Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Abdimas Universitas Merdeka Malang, September, 1–9.

Chandra Dewi, G., Kurniati, D., & Maswadi, M. (2022). Kompetensi Dan Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Pemanenan Kelapa Sawit Di Perkebunan Plasma Talino Pa’upat. Jurnal E-Bis, 6(2), 712–725. Https://Doi.Org/10.37339/E-Bis.V6i2.1034

Damanpour, F. (1998). Organizational Innovation: A Meta-Analysis Of Effects Of Determinants And Moderator (1st Editio). Routledge.

Dirnaeni, D., Handrijaningsih, L., Mariani T.R, S., & Anisah, A. (2021). Persepsi Kemudahan, Customer Relationship Management Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan E-Wallet Melalui. Ultima Management : Jurnal Ilmu Manajemen, 13(20), 287–303. Https://Doi.Org/10.31937/Manajemen.V13i2.2203

Dona, E. M., & Lestari, V. A. (2020). Analisis Laporan Realisasi Anggaran Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada Kantor Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Oku. Balance : Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 5(2), 135. Https://Doi.Org/10.32502/Jab.V5i2.2877

Effendi, S. (2021). Pengaruh Efektifitas Dan Kontribusi Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Batam. Jurnal Akuntansi Barelang, 5(2), 67–73. Https://Doi.Org/10.33884/Jab.V5i2.4468

Fajriansyah, & Riski. (2020). Manajemen Strategik. Cv. Andi Offset.

Gaspersz Vincent. (2002). Sistem Manajemen Kinerja Terintegrasi Balance Scorecard Dengan Six Sigma Untuk Organisasi Bisnis Dan Pemerintah. Pt. Gramedia Pustaka Utama.

Hamdi, H. (2020). Penerapan Fungsi Manajemen Pada Kantor Kelurahan Rantau Kiwa Kecamatan Tapin Utara Kabupaten Tapin. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 6(2), 155–163. Https://Doi.Org/10.35972/Jieb.V6i2.332

Handayani, B. D. (2011). Pengukuran Kinerja Organisasi Dengan Pendekatan Balance Scorecard Pada Rsud Kab. Kebumen. 2(1), 78–91.

Handayani, F. (2020). Hubungan Antara Kepuasan Kerja Dan Kinerja Karyawan Bagian Produksi Pt. X Di Pasuruan. Calyptra, 2(2), 1–12.

Handayani, W. P. P., & Harsono, M. (2016). Aplikasi Technology Acceptance Model (Tam) Pada Komputerisasi Kegiatan Pertanahan. Jurnal Economia, 12(1), 13–22.

Hanum, N. (2017). Analisis Pengaruh Pendapatan Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Universitas Samudra Di Kota Langsa. Jurnal Samudra Ekonomika, 1(2), 107–116.

Harianto, R. (2020). Pengaruh Strategi Bisnis, Kepemilikan Institusional Dan Kebijakan Utang Terhadap Penghindaran Pajak. Liability, 02(1), 49–69.

Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). Jurnal Eksekutif, 15(1), 133–146.

Henri Slat, A. (2013). Analisis Harga Pokok Produk Dengan Metode Full Costing Dan Penentuan Harga Jual. 110 Jurnal Emba, 1(3), 110–117.

Kastella, N. A. F. (2019). Evaluasi Pelayanan Instalasi Farmasi Terhadap Waktu Tunggu Obat Dan Kepuasan Pelanggan Ditinjau Dari Kecepatan Pelayanan Resep Di Rumah Sakit Bhayangkara Brimob Tahun 2018. Marsi, 3(1), 74–84. Http://Ejournal.Urindo.Ac.Id/Index.Php/Marsi/Article/View/387

Kotler, P. And K. L. K. (2016). Marketing Management. Pearson Education,Inc.

Mardin, R. A., Susilo, H., Ruhana, I., Administrasi, F. I., & Brawijaya, U. (2016). Analisis Peran Pemimpin Dalam Memotivasi Dan Mengawasi Karyawan (Studi Pada Pt. Citra Perdana Kendedes Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 31(1), 184–191. Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/86653-Id-Analisis-Peran-Pemimpin-Dalam-Memotivasi.Pdf

Maulina, F., & Rhea. (2019). Analisis Rasio Keuangan Untuk Mengukur Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Kasus Pada Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat). In Jurnal Obis: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis (Vol. 2, Issue 1, Pp. 11–22). Https://Jurnal.Polteq.Ac.Id/Index.Php/Obis/Article/Download/30/12

Muthia Basri, Y. (2010). Hubungan Antara Strategi Organisasi Praktik Total Quality Management Dengan Financial Performance Pada Perusahaan Jasa Di Provinsi Riau. Jurnal Kajian Akuntansi Dan Auditing, 5(2). Https://Doi.Org/10.37301/Jkaa.V0i0.5072

Normina. (2014). Masyarakat Dan Sosialisasi. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah Xi Kalimantan, 12(22), 107–115.

Palan., R. (2007). Competency Management. Ppm.

Pengaruh, A., Efektif, K., & Koordinasi, D. A. N. (2019). Analisis Pengaruh Komunikasi Efektif Dan Koordinasi Terhadap Motivasi Kerja Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan Pt Garuda Indonesia(Persero) Tbk. Jurnal Ilmiah M-Progress, 9(2), 184–196. Https://Doi.Org/10.35968/M-Pu.V9i2.346

Prakarsa, M. L., & Tarigan, J. (2016). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Kinerja Keuangan Melalui Interverning Pada Berbagai Sektor Perusahaan Di Indonesia. Business Accounting Review, 4(1), 362–372.

Pristianingrum, N. (2017). Peningkatan Efisiensi Dan Produktivitas Perusahaan Manufaktur Dengan Sistem Just In Time. Assets - Jurnal Ilmiah Ilmu Akuntansi Keuangan Dan Pajak, 1(1), 41–53.

Putri, A., & Arif, M. (2023). Pengaruh Digital Marketing Dan Inovasi Produk Terhadap Pendapatan. Jesya, 6(1), 194–208. Https://Doi.Org/10.36778/Jesya.V6i1.915

Rajaraman, V. (2018). Introduction To Information Technology. Phi Learning Pvt. Ltd.

Retnosari, M. C., Suryawati, C., & Harto, P. (2022). Analisis Efektivitas Dan Efisiensi Pengelolaan Anggaran Di Rsup Dr. Kariadi Semarang. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, 10(3), 231–240. Https://Doi.Org/10.14710/Jmki.10.3.2022.231-240

Ronaldo Sae, M., Udayana, I. B. N., & Maharani, B. D. (2022). Pengaruh Kualitas Informasi, Nilai Yang Dirasakan Pelanggan, Dan Kualitas Pengalaman Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Shopeefood. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(6), 2369–2382. Https://Doi.Org/10.47467/Alkharaj.V5i6.2310

Rudhaliawan, V. M. (2013). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kemampuan Kerja Dan Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Telkom Indonesia, Tbk Kandatel Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 4(2), 1–10.

Saadah, L., & Moh Jafar Sodiq Maksum. (2018). Balance Scorecard Teori Dan Aplikasi. Deepublish.

Setyowati, R., Wibowo, A., & Mulyadi, F. P. (2023). Pelatihan Peningkatan Kompetensi Public Speaking Dan Komunikasi Bahasa Inggris Untuk Pemandu Wisata Di Desa Berjo Karanganyar. Dinamika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 12–15. Https://Doi.Org/10.56457/Dinamika.V1i1.361

Sugiyono, S., & Sulaiman, E. O. P. (2024). Penerimaan Teknologi Pendidikan Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (Tam) Studi Kasus Pada Aplikasi Ruang Guru. Intecoms: Journal Of Information Technology And Computer Science, 7(1), 268–281. Https://Doi.Org/10.31539/Intecoms.V7i1.7170

Supraptini, N., & Supriyadi, A. (2020). Pengaruh Fasilitas, Transportasi Dan Akomodasi Terhadap Kepuasan Wisatawan Dikabupaten Semarang. Jmd : Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 3(2), 121–131. Https://Doi.Org/10.26533/Jmd.V3i2.729

Surya, P. D. (2024). Strategi Komunikasi Dan Pemasaran Dalam Pengelolaan Candi Muara Takus Untuk Wisata Edukasi. Borobudur, Xviii, 68–79.

Suwardi, L. Dkk. (2007). Step By Step In Cascading Balanced Scorecard To Functional Scorecard. Pt Gramedia Pustaka Utama.

Thomas L. Wheelen, J. David Hunger Alan N. Hoffman, C. E. B. (2001). Strategic Management And Business Policy (Vol. 35, Issue 3). Pearson. Https://Doi.Org/10.1108/03090560110382101

Wahyono, F. N., & Saputra, R. A. (2023). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Warbon Kopi. 5(2), 1–11. Https://Doi.Org/10.59806/Tribisnis.V5i2.306

Widana & Muliani, P. L, W. (2020). Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan Di Rsud Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 3, 103–111. Https://Ejournal3.Undip.Ac.Id/Index.Php/Jkm/Article/View/11129

Winarno, T., Mas, M., & Said, Ud. (2021). Journal Of Governance And Local Politics Pengembangan Desa Wisata Adat Using Kemiren Melalui Pendekatan Penta Helix. Journal Of Governance And Local Politics, 3(2), 137–145. Http://Journal.Unpacti.Ac.Id/Index.Php/Jglp/Index

Yaman, A. (2022). Analisis Kinerja Keuangan Pada Rumah Sakit Pku Muhammadiyah Yogyakarta: Pendekatan Value For Money Dan Rasio Keuangan. Amal: Jurnal Ekonomi Syariah, 4(01), 50–66. Https://Doi.Org/10.33477/Eksy.V4i01.3220

Zaal, N., & Albuflasa, M. (2019). The Use Of Social Media And Its Influence On Employee Performance The Case Of Zain Bahrain| International Journal Of Innovative Science And Research Technology. 4(4). Https://Ijisrt.Com/The-Use-Of-Social-Media-And-Its-Influence-On-Employee-Performance-The-Case-Of-Zain-Bahrain




DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v5i8.19135

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Publisher: Universitas Malahayati Lampung


Creative Commons License
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


kostenlose besucherzähler