Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kesehatan di UPTD Puskesmas Jatirasa
Sari
ABSTRACT
Patient satisfaction is closely related to the quality of health services and is one of the measuring tools used to assess the fulfillment of patient needs and expectations in receiving health services at community health centers. Patient satisfaction depends on the quality of services provided at the Puskesmas. Quality of health services is the degree of perfection of health services in accordance with professional standards and service standards by using the potential resources available at the health center in a reasonable, efficient, effective manner and provided safely and satisfactorily according to norms. ethics, law and socio-culture by taking into account the limitations and capabilities of the government, as well as the consumer community. Knowing the factors that influence patient satisfaction with health services. Analytical with cross sectional design. The sample in this study was a portion of patients who visited the UPTD Jatirasa Health Center in January 2025, totaling 69 respondents. The sampling technique uses random sampling. The majority of respondents said they were satisfied (68.1%), good reliability (52.2%), good responsiveness (76.8%), good assurance (68.1%), good empathy (59.1%) and good tangibility (75.4%). There is an influence of Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy and Tangible on patient satisfaction at the Jatirasa Health Center UPTD, with a p value <0.05. There is an influence of Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy and Tangible on patient satisfaction at UPTD Jatirasa Health Center. It is hoped that the health service can pay attention to the needs of health workers at each health center so that health services can run as they should. Keywords: Satisfaction, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, Tangibles
ABSTRAK
Mutu pelayanan kesehatan dan menjadi salah satu alat ukur yang digunakan untuk menilai pemenuhan kebutuhan serta harapan pasien dalam menerima pelayanan kesehatan di puskesmas. Kepuasan pasien tergantung pada kualitas mutu pelayanan yang diberikan di Puskesmas. Mutu pelayanan kesehatan merupakan derajat kesempurnaan pelayanan kesehatan sesuai dengan standar profesi dan standar pelayanan dengan menggunakan potensi sumber daya yang tersedia di puskesmas secara wajar, efisien, efektif serta diberikan secara aman dan memuaskan secara norma. etika, hukum, dan sosial budaya dengan memperhatikan keterbatasan dan kemampuan pemerintah, serta masyarakat konsumen. Mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan. Analitikdengan rancangan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian pasien yang berkunjung di UPTD Puskesmas Jatirasa pada bulan Januari 2025 sebanyak 69 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan randoom sampling. Mayoritas responden mengatakan puas (68,1%), Reliability baik (52,2%), Responsiveness baik (76,8%), Assurance baik (68,1%) , Empaty baik (59,1%) dan Tangible baik (75,4%). Ada pengaruh Reliability, Responsiveness, Assurance, Empaty dan Tangible terhadap kepuasan pasien di UPTD Puskesmas Jatirasa, dengan nilai p value < 0,05. Ada pengaruh Reliability, Responsiveness, Assurance, Empaty dan Tangible terhadap kepuasan pasien di UPTD Puskesmas Jatirasa. Diharapkan dinas kesehatan dapat memperhatikan kebutuhan tenaga kesehatan setiap puskesmas agar pelayanan kesehatan dapat berjalan sebagaimana mestinya.
Kata Kunci: Kepuasan, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empaty Tangible
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Afrioza, S., & Baidillah, I. (2021). Hubungan Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Sepatan. Journal Of Nursing Practice And Education, 1(2), 169–180. Https://Doi.Org/10.34305/ Jnpe. V1i2.305
Alamsyah, T. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Umum Citra Husada Sigli. Majalah Kesehatan Masyarakat Aceh (Makma), 2(3), 78–88. Https://Doi.Org/10.32672 /Makma .V2i3.1548
Benoni, R. (2022). Epidemiological Factors Affecting Outpatient Department Service Utilization And Hospitalization In Patients With Diabetes: A Time-Series Analysis From An Ethiopian Hospital Between 2018 And 2021. Journal Of Global Health, 12. Https://Doi.Org/ 10.7189/Jogh.12.04087
De Araujo, E. B. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Di Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Rumah Sakit Regional Eduardo Ximenes Baucau Timor Leste Tahun 2022. Jurnal Rekam Medis & Manajemen Infomasi Kesehatan, 2(2), 29-39.
Effendi, K. (2020). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Uptd Puskesmas Mutiara Tahun 2019. Excellent Midwifery Journal, 3(2), 82–90. Https://Doi.Org/10.55541/ Emj.V3i2.127
Egy, P. H. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan (Doctoral Dissertation, Universitas Andalas).
Fitria Eka Resti Wijayanti, (2023). Hubungan Waktu Tunggu Pasien Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Klinik Mitra Sehat Karanganyar. Aisyiyah Surakarta Journal Of Nursing Https://Journal.Aiska-University .Ac.Id/Index.Php/Asjn
Istiana, M. N., Ahmad, L. O. A. I., & Liaran, R. D. (2019). Studi Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kendari. Kesehatan Masyarakat Celebes, 01(02), 24–31. Http://Jkmc.Or.Id/Ojs/Index.Php/Jkmc/ Article/View/23
Kotler, (2020). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid I Edisi Kedelapan, Penerbit Erlagga, Jakarta
Librianty, N. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan Puskesmas Bandar Petalangan Pelalawan Tahun 2017. Prepotif Jurnal Kesehatan Masyarakat, 1(2), 10-17.
Liong, C. M., Kolibu, F. K., Rumayar, A. A., Kesehatan, F., Universitas, M., Ratulangi, S., & Bengkol, P. (2019). Hubungan Antara Mutu Jasa Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Bengkol. Kesmas, 8(7),173–17
Listiono, H., & Irdan, I. (2021). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Puskesmas. Jurnal Kesehatan Terapan, 8, 9–19.
Mardijanto Said, Emi Ellya Astutik, Dan M. E. A. B. (2020). Hubungan Kepuasan Pasien Rawat Inap Dengan Kabupaten Jember. 15(2), 73–84
Neugebauer, F. (2022). Leadless Atrioventricular Synchronous Pacing In An Outpatient Setting: Early Lessons Learned On Factors Affecting Atrioventricular Synchrony. Heart Rhythm, 19(5), 748–756. Https://Doi.Org/10.1016/ J.Hrthm.2021.12.025
Nur’aeni, R., Simanjorang, A., & . J. (2020). Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Izza Karawang. Journal Of Healthcare Technology And Medicine, 6(2), 1097–111
Pasalli’, A., & Patattan, A. A. (2021). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Fatima Makale Di Era New Normal. Jurnal Keperawatan Florence Nightingale, 4(1), 14–19
Pontoh J. C. Putera (2023). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Rawat Jalan Rsup Prof. Dr. R. D. Kandou, Manado Medical Scope Journal 2023;5(2):222-231 Doi: Https://Doi.Org/10.35790/ Msj.V5i2.46227 Url Homepage: Https://Ejournal.Unsrat.Ac.Id /Index.Php/ Msj
Resi Aryanti (2024). Faktor–Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Hipertensi Di Puskesmas Anak Air Kota Padang Tahun 2024. Jukej: Jurnal Kesehatan Jompa. Vol. 3. No. 2 Desember 2024 E-Issn: 2830-5558 P-Issn: 2830-5744 Https://Jurnal.Jomparnd.Com/Index.Php/Jkj
Salfia, Sartiah, Y., & Juminten, S. (2021). Hubungan Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Badan Layanan Umum Daerah Rumah Sakit Umum Kabupaten Bombana. 12(4), 201–212
Setiawan, A., Qomariah, N., & Hermawan, H. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Al-Maqashid: Journal Of Economics And Islamic Business, 2(2), 47–54. Https://Doi.Org/10.55352/ Maqashid.V2i2.269
DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v5i10.19590
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Publisher: Universitas Malahayati Lampung
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
kostenlose besucherzähler