Analisis Pelaksanaan Rekredensial dan Adaptasi Budaya Kerja Baru terhadap Kinerja Perawat RS Bina Husada
Sari
ABSTRACT
Re-credentialing is a re-evaluation process for nursing staff who already have clinical authority to determine the appropriateness of granting clinical authority. Implementing the new work culture acquired by the hospital, which includes caring, respect, empathy, innovativeness, and teamwork, is expected to influence the performance of nurses in providing services at the hospital. This research was conducted to analyze the relationship between recruitment and adaptation to a new work culture on the performance of nurses at Bina Husada Cibinong Hospital. This research design uses descriptive analytics with a cross-sectional approach. The total sample for this research was 79 respondents. The multiple logistic regression test found that credentials and work culture were most related to nurse performance with a new work culture p-value of 0.018 and OR 461.878, and credentials p-value of 0.018 and OR 2.090. Based on the results of multiple logistic regression, it was found that the work culture variable was the factor most related to the performance of nurses at Bina Husada Cibinong Hospital. The majority of nurses' performance is good, with the most significant variables related to performance being re-credentials and work culture adaptation.
Keywords: Nurse Performance, Re-credentials, Work Culture Adaptation.
ABSTRAK
Rekredensial adalah proses re-evaluasi terhadap tenaga keperawatan yang telah memiliki kewenangan klnis untuk menentukan kelayakan pemberian kewenangan klnis. Pelaksanaan budaya kerja baru yang mengakuisisi RS, yang meliputi caring, respect, empathy, innovative dan Teamwork diharapkan dapat mempengaruhi kinerja perawat dalam memberikan pelayanan di Rumah sakit. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis hubungan rekredensial dan adaptasi budaya kerja baru terhadap kinerja perawat di RS Bina Husada Cibinong. Desain penelitian ini menggunakan deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel penelitian ini adalah 79 responden. Dari uji regresi logistik ganda didapatkan rekredensial dan budaya kerja yang paling berhubungan dengan kinerja perawat dengan budaya kerja baru p-value 0,018 dan OR 461,878, serta rekredensial p-value 0,018 dan OR 2,090. Berdasarkan hasil regresi logistik berganda didapatkan hasil variabel budaya kerja merupakan faktor yang paling berhubungan dengan kinerja perawat di RS Bina Husada Cibinong. Mayoritas kinerja perawat baik, dengan variabel yang paling signifikan dengan kinerja adalah rekredensial dan adaptasi budaya kerja.
Kata Kunci: Adaptasi Budaya Kerja, Kinerja Perawat, Rekredensial.
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Akmal, & Azliyanti, E. (2022). Peran Bahasa Motivasi Sebagai Pemoderasi Hubungan Perilaku Berbagai Pengetahuan Terhadap Perilaku Kerja Inovatif Dan Kepuasan Kerja. Among Makarti, 15(1), 77–89.
Asnawi, Kamil, Hajjul., Marthoenis., Marlina., Rahayunignsih, Endang Mutiawati., (2021). Peningkatan Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Perawat Melalui Pelatihan Kredensial Profesi Keperawatan. Journal of Telenursing (JOTING) Vol. 3 No.2, 470-477.
Irmayanti, P.A., Widiastini, N.M.A., Suarmanayasa, I.N. (2020). Pengaruh Kompetensi Dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol 2 No. 1, Juli 2020. 111-119.
Ayuningtyas, Dumilah. (2020). Manajemen Strategis Organisasi Pelayanan Kesehatan. PT Rajagravindo Persada.
André, B. Sjøvold, E. (2017). What Characterizes the Work Culture at A Hospital Unit That Successfully Implements Change – A Correlation Study. BMC Health Service Research. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5513374/pdf/12913_2017_Article_2436.pdf
Alfizi, et al, (2019). Analisis Penyebab Permasalahan Kinerja Karyawan Dengan Interrelationship Diagram. Majalah Ilmiah Solusi Vol. 17, No. 2. https://core.ac.uk/download/pdf/228865929.pdf
BPPKPD. (2019). Peran Pendidikan dan Pelatihan dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai. https://www.bppkpd.id/peran-diklat-dalam-meningkatkan-kinerja-pegawai/
Fahmi, Irham. (2021). Pengantar Ilmu Kepemimpinan. PT Rajagrafindo Persada.
Ferine, Kiki Farida. (2022). Pengukuran Kinerja SDM. PT Rajagrafindo Persada.
Hariyati, Tutik Sri. Sutoto. Irawaty, Dewi. (2018). Kredensial & Rekredensial Keperawatan Sesuai Snars. Komisi Akreditasi Rumah Sakit
Harvard Business Review. (2019). The Role of Mentorship in Career Development.
Hery, H. C. (2020). Manajemen Kinerja. Gava Media.
Ida. (2021, April 3). Pengaruh Kredensial Terhadap Kinerja Perawat Di Rsud R Syamsudin, Sh Kota Sukabumi. https://ojs.stikesmi.ac.id/index.php/ojs/article/view/23
Idhan, M. (2022). Kredensial Terhadap Peningkatan Mutu Layanan Keperawatan: An Integrative Review. journal2.stikeskendal.ac.id. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v14i4.526
Machdi, Imam. (2024). Statistik Indonesia 2023. Jakarta; Badan Pusat Statistik (BPS).
International Journal of Nursing Studies. (2020). Work Stress and Burnout Among Newly Graduated Nurses: A Systematic Review.
Kim, Young Yun. (2001). Becoming Intercultural: An Integrative Communication Theory and Cross-Cultural Adaptation. USA: Sage Publication.
Maslach, C., & Leiter, M. P. (2016). Burnout: A Multidimensional Perspective. In Cooper, C. L. (Ed.), Theories of Organizational Stress. Oxford University Press.
Nursalam (2022). Metodelogi Penelitian Ilmu Keperawatan. Salemba Medika
Nursalam (2022). Manajemen Keperawatan. Salemba Medika
Pirade, G.S. Andadari, R.K. Adhitya, Dhian. (April, 2020). Adaptasi Budaya Kerja Ekspatriat Amerika (Studi Pada Sekolah Internasional Di Salatiga). Jurnal Manajemen dan Kearifan Lokal Indonesia. Vol 4. https://journal.apmai.org/v2/index.php/jmkli/article/view/72/43
Permenkes No. 40 Tahun 2017. (n.d.). Database Peraturan | JDIH BPK. https://peraturan.bpk.go.id/Details/112121/permenkes-no-40-tahun-2017
PMK No 49 Tahun 2013: Rumah sakit harus membentuk Komite Keperawatan. https://www.mutupelayanankesehatan.net/22-editorial/992-pmk-no-49-tahun-2013-rumah-sakit-harus-membentuk-komite-keperawatan
Profil Kesehatan Indonesia 2021. (2023, July 11). https://www.kemkes.go.id/id/profil-kesehatan-indonesia-2021
Prihastono, E. (2012, January 10). Pengukuran Kepuasan Konsumen Pada Kualitas Pelayanan Customer Service Berbasis Web. https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ft1/article/view/1140
Sabran. Santi, M.W. Hendyca, D.S, Rozigin, M.C. (2023). Gambaran Budaya Kerja Organisasi Terhadap Adaptasi Rekam Medis Elektronik Dalam Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit. Jurnal Ilmu Kesehatan. https://arteri.sinergis.org/arteri/article/download/380/139/
Simanjuntak, T. (2021, December 30). Pengaruh Knowledge Sharing Dan Employee Engagement Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Narma Toserba, Narogong Bogor. Simanjuntak | Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen. https://jom.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jimen/article/view/60
Sabri, Luknis. Hastono, Sutanto Priyo. (2019). Statistik Kesehatan. PT Rajagravindo Persada.
Siagian, Nalom. Silviani, Irene. (2022). Metodelogi Kuantitatif. Raih Asa Sukses.
Soemohadiwidjojo, Arini T. (2024). Big Book KPI. Raih Asa Sukses.
UU No. 17 Tahun 2023. (n.d.). Database Peraturan | JDIH BPK. https://peraturan.bpk.go.id/Details/258028/uu-no-17-tahun-2023
World Health Organization (WHO). (2016). Global Strategy on Human Resources for Health: Workforce 2030.
WHO (2020). The State of the World’s Nursing 2020: Investing in Education, Jobs, and Leadership.
Yulianingsih, Nengsih. Priyanto. Suryatna, Y. Amalia, Linda, Fitriana, Usna Anisa. (2022). Kinerja Perawat. Raih Asa Sukses.
DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v5i12.19917
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Publisher: Universitas Malahayati Lampung

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
kostenlose besucherzähler


Panduan Penulisan





