Pengaruh Respon Time Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Dalam Pelayanan Pasien di Ruang IGD Rumah Sakit Aminah Kota Tangerang

Ema Yurnalis, Hendry Kiswanto Mendrofa

Sari


ABSTRACT : EFFECT OF NURSE'S RESPONSE TIME ON SATISFACTION LEVEL PATIENTS IN PATIENT SERVICES IN THE EMERGENCY ROOM OFTHE HOSPITAL AMINAH  TANGERANG CITY

 

Introduction : Response time is the speed in handling patients, calculated from the time the patient arrives until there is a response from the nurse, the response time of the nurse will affect the satisfaction of the patient's and patient's family based on meeting or exceeding the expectations of the patient and family.

Purpose: This study aims to identify the effect of the nurse's response time on the level of patient satisfaction in patient service in the emergency room at Aminah Hospital, Tangerang City.),

Method: the sampling technique uses Systematic random sampling. Researchers collected data using instruments about patient satisfaction in this study using a standardized questionnaire, namely the questionnaire of the gap model of the Supriyanto questionnaire (2015). Meanwhile, the response time instrument used the first emergency service observation sheet or emergency response time rate. statistical test using the Spearman Rank statistical test. Result : Based on the research results obtained with a value of p = 0.000. Because the p value = 0.000 or <0.05.

Conclusion : there is a significant relationship between the response time of the nurse to the level of patient satisfaction in patient service in the emergency room at Aminah Hospital, Tangerang City.

 

Keyword: Nurse's Response and Satisfaction Level

 

 

INTISARI: PENGARUH RESPON TIME PERAWAT TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DALAM PELAYANAN PASIEN DI RUANG IGD RUMAH SAKIT AMINAH KOTA TANGERANG

 

Latar Belakang : Response time merupakan kecepatan dalam penanganan pasien, dihitung sejak pasien datang sampai adanya tanggapan dari perawat, respon time perawat akan berpengaruh terhadap Kepuasan keluarga pasien dan pasien didasarkan pada terpenuhi atau terlampauinya harapan pasien dan keluarga.

Tujuan : Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi Pengaruh Respon Time Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Dalam Pelayanaan Pasien di Ruang IGD Rumah Sakit Aminah Kota Tangerang Tahun 2021, terdapat 90 pasien di Ruang IGD berpartisipasi dalam penelitian ini.

Metode penelitian : Jenis penelitian korelasional, dengan metode kuantitatif Eksperimen semu (Quasy experimental),teknik  pengambilan sampel menggunakan Systematic random sampling. Peneliti melakukan pengumpulan data dengan menggunakan Instrumen tentang kepuasan pasien pada  penelitian  ini  menggunakan kuisioner yang sudah baku yaitu kuisioner model kesenjangan kuisioner Supriyanto (2015) Sedangkan untuk intrumen Respon Time menggunakan lembar observasi pelayanan pertama gawat darurat atau emergency respon time rate. uji statistik menggunakan uji statistik Spearman Rank

Hasil : Berdasarkan hasil penelitian didapatkan dengan nilai p= 0,000. Karena nilai p value = 0,000 atau <0,05.

Kesimpulan : terdapat hubungan yang signifikan antara Respon Time Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Dalam  Pelayanaan Pasien di Ruang IGD Rumah Sakit Aminah Kota Tangerang

 

Kata kunci: Respon Perawat dan Tingkat Kepuasan 



Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arifah, U. (2013). Pengaruh Kualitas PelayananTerhadap Kepuasan Pasien

Rawat Jalan Di Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat (BBKPM). Ejournal UMM, 6(P-ISSN: 2086-3071, E-ISSN: 2443-0900), 34–42

Mendrofa, H. K., & Sagala, L. (2019). Pengaruh Pelatihan dan Penerapan Model Metode Asuhan Keperawatan Profesional (MAKP) Primary Nursing terhadap Kualitas Asuhan Keperawatan di Rumah Sakit Kota Medan. Indonesian Trust Health Journal, 2(2), 237-245.

Keputusan Mentri Kesehatan Republik Indonesia. (2009). Standar Intalasi Gawat darurat (IGD) Rumah Sakit. Jakarta : Mentri Kesehatan Republik Indonesia.

Kemenkes RI. (2013). Pedoman Teknis Sarana dan Prasarana Rumah Sakit Kelas C. Jakarta: 53-56

Kemenkes RI. (2017). Managemen keselamatan Pasien Kementrian Kesehatan Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan Badan Pengembangan Dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan Edisi Tahun 2017

Kemenkes RI. (2017). Managemen Informasi dan Kesehatan II System Dan Sub Sistem Playanan RIK Kementrian Kesehatan Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan Badan Pengembangan Dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan Edisi Tahun 2017

Martino. (2013). Aspek Medikolegal Pelayanan Gawat Darurat. Vol. 57. Jakarta: CV Remadja Karya.

Munijaya (2016). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC

Naser, R. W.; Mulyadi; Malara R.T (2015). Hubungan Faktor-Faktor Eksternal Dengan Response Time Perawat Dalam Penanganan Pasien Gawat Darurat Di IGD RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. E-journal Keperawatan Vol. 3 No.2

Profil Kesehatan Kota Tangerang, (2019)

Rimawati., Putra W. K. (2016). Gambaran Kepuasan Pasien Bpjs Terhadap Pelayanan Kesehatan. Jurnal Keperawatan Volume 9 (7).

Suhartati. (2011). Organisasi dan Manajemen Pelayanan Kesehatan.Teori dan Aplikasi dalam Pelayanan Puskesmas dan Rumah Sakit. Salemba Medika Jakarta: 25, 34-35.

Soeharto, A. (2013). Analisis Faktor Yang Berhubungan

Dengan Kinerja Perawat Melaksanakan Keselamatan Pasien.Ejournal UMM, 6(P-ISSN: 2086-3071, E-ISSN: 2443-0900), 34–42.

Widodo, E. (2015). Hubungan Response Time Perawat dalam Memberikan Pelayanan dengan Kepuasan Pelanggan di IGD RS. Panti Waluyo Surakarta. E-journal Keperawatan Vol. No.2

Wiston. (2015). Proporsi Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat -Article Text-113-1-10-20181125-1.pdf




DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v1i4.5186

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Publisher: Universitas Malahayati Lampung


Creative Commons License
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


kostenlose besucherzähler