Hubungan Pola Asuh dan Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Perkembangan Emosional pada Anak Pra Sekolah di TK Paud Pakonda
Sari
ABSTRACT
The emotionality of preschoolers can be high or low, which can be determined by several factors, including the parenting style applied and the educational background of the mother which influences the emotional state of the child. Purpose to determine the relationship between parenting and educational level of parents on emotional development in pre-school children. The type of research used is quantitative with a descriptive and analytic research design, with a cross-sectional approach that was carried out in Pakonda PAUD Kindergarten. The results of the chi square test showed that the significance value (Asymp. Sig 2 tailed) was 0.38 so that the significance value was less than 0.05 (P>0.05). Because the significance value is less than 0.05, there is a relationship between Parenting Style and Children's Emotional Development. the significance value (Asymp. Sig 2 tailed) is 0.045 so that the significance value is less than 0.05 (P<0.05). Because the significance value is less than 0.05, there is a relationship between the Education Level of Parents and Children's Emotional Development. There is a relationship between parenting style and parental education level on the emotional development of preschoolers in Paud Paud Kindergarten.
Keywords: Parenting Style, Mother's Level of Education, Emotional Preschool Children
ABSTRAK
Emosional anak prasekolah dapat tinggi atau rendah dapat ditentukan oleh beberapa faktor diantaranya pola asuh yang diterapkan dan latar belakang Pendidikan ibu yang mempengaruhi emosional anak. Tujuan untuk mengetahui Hubungan Pola Asuh Dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Pada Anak Pra Sekolah. Jenis penelitian yang digunakan ialah kuantitatif dengan desain penelitian deskripsi analitik, dengan pendekatan cross sectional yang dilakukan di TK paud Pakonda. Hasil uji chi square menunjukan bahwa nilai signifikasi (Asymp. Sig 2 tailed) sebesar 0.38 sehingga nilai signifikasi lebih kecil dari 0.05 (P>0.05). Karena nilai signifikasi lebih kecil dari 0.05 maka terdapat hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Emosional Anak. nilai signifikasi (Asymp. Sig 2 tailed) sebesar 0.045 sehingga nilai signifikasi lebih kecil dari 0.05 (P<0.05). Karena nilai signifikasi lebih kecil dari 0.05 maka Terdapat hubungan antara Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Perkembangan Emosional Anak. Terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dan tingkat Pendidikan orang tua terhadap perkembangan emosional Anak Prasekolah di TK paud Pakonda.
Kata Kunci: Pola Asuh, Tingkat Pendidikan Ibu, Emosional Anak Prasekolah
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Aji, D. S. K., & Erna Kusuma Wati, S. R. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Pola Asuh Ibu Balita Di Kabupaten Banyumas. Jurnal Kesmas Indonesia, 8(1), 1–15.
Filtri, H. (2019). Perkembangan Emosional Anak Usia Dini Usia 5- 6 Tahun Ditinjau Dari Ibu yang Bekerja. Lectura: Jurnal Pendidkan Anak Usia Dini, 1(1), 32–37.
Indanah, I., & Yulisetyaningrum, Y. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 10(1), 221. https://doi.org/https://doi.org/10.26751/jikk.v10i1.645
Juhardin, Hos, H. J., & Roslan, H. S. (2019). Dampak Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Anak (Studi Di Desa Amberi Kecamatan Lambuya Kabupaten Konawe). Jurnal Neo Societal, 134(4), 635–646.
Lailatul, M., & Ni’mah., C. (2020). Hubungan Tingkat Pendidikan, Tingkat Pengetahuan dan Pola Asuh Ibu dengan Wasting dan Stunting pada Balita Keluarga Miskin. Media Gizi Indonesia, 10(1), 84–90.
Mawarni, A. E., Marmawi R, & Miranda, D. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kepercayaan Diri Anak Usia 4-6 Tahun Di Tk Raudhatul Jannah Kabupaten Bengkayang . Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(9), 1–8.
Nasruddin, I. (2019). Emosi dan Aspeknya. https://sumsel.kemenag.go.id/file/dokumen/emosidanimplikasinya.pdf
Notoatmodjo, S. (2020). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta.
Rabiatul, A. (2019). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 33–48.
Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 157–170. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206
Solihah, S., Ali, M., & Yuniarni, D. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Di Tk Mujahidin Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 10 (9)(1), 1–8.
Tata, P., Sekolah, T., Nurjannah, L., & Jahiban, M. (2018). Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 7(1), 33–48.
Tridhonanto, A. l., & Beranda, A. (2019). Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Gramedia.
DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v3i2.9395
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Publisher: Universitas Malahayati Lampung
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
kostenlose besucherzähler