Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kecemasan Ibu Dalam Menghadapi Persalinan

Selvi Yulia Eka Putri* -  DIV Kebidanan Universitas Malahayati
Zarma Zarma -  DIII Kebidanan Universitas Malahayati, Indonesia
Nita Evrianasari -  Profesi Bidan Universitas Malahayati, Indonesia

Some factors influencing a pregnant mother’s anxiety in preparing for birthing include environment, depressed emotion, physical factors, age, knowledge/experience. Medical condition, education level, occupation, and personality of each individual. An interview result to 7 pregnant mothers with anxiety showed that 2 mothers had junior high school education level, 1 mother was unemployed, 2 mothers were primigravida, and 2 mothers were at 19 and 20 years old. The objective of this research was to find out the factors related to maternal anxiety in preparing birthing in Roli Yantina, Amd. Keb midwifery clinic in Negeri Katon of Pesawaran district in 2020.  

 

This was a quantitative analytic correlational research by using cross sectional approach. Population was 38 pregnant mothers at trimester III visiting Roli Yantina, Amd.Keb midwifery clinic in Negri Katon of Pesawaran district from January to June 2020. 34 respondent samples were taken by using accidental sampling. Data were analyzed by using chi square test. 

 

The research result showed that there were significant correlations of age (p-value 0.042 < 0.05), education level (p-value 0.011 < 0.05), occupation (p-value 0.017 < 0.05), and parity (p-value 0.040 < 0.50) to maternal anxiety in preparing birthing in Roli Yantina, Amd. Keb midwifery clinic. The researcher expects pregnant mothers to be more routine visiting antenatal care and to maintain healthy life style by joining exercising for pregnant mothers, consuming vegetables and fruits to have good birthing process.

Keywords                      : factors related to anxiety

 

ABSTRAK : FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KECEMASAN IBU DALAM MENGHADAPI PERSALINAN DI BPS ROLI YANTINA, Amd.Keb NEGERI KATON KABUPATEN PESAWARAN TAHUN 2020

 

Beberapa faktor yang mempengaruhi kecemasan ibu hamil dalam menghadapi persalinan adalah lingkungan, emosi yang ditekan, sebab-sebab fisik, usia, pengetahuan/pengalaman, kondisi medis, tingkat pendidikan, tingkat ekonomi, pekerjaa, dan kepribadian masing-masing individu.Berdasarkan wawancara kepada 7 ibu yang mengalami cemas, diketahui, 2 ibu mempunyai pendidikan SMP, 1 ibu tidak bekerja, 2 ibu merupakan primigravida dan 2 ibu berusia 19 dan 20 tahun. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kecemasan Ibu (umur, paritas, pekerjaan, dan pendidikan) Dalam Menghadapi Persalinan di BPS Roli Yantina, Amd.Keb Negri Katon Pesawaran Tahun 2020.

 

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuantitatif dan rancangan analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah rata-rata ibu hamil trimester III yang berkunjung di BPS Roli Yantina, Amd.Keb Negri Katon Pesawaran. setiap bulannya dari bulan januari-juni 2020 sebanyak 38 orang ibu hamil dengan jumlah sample berjumlah 34 ibu hamil. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik sample accidental sampling dan menggunakan analisis data uji Chi-square.

 

hasil penelitian faktor-faktor yang berhubungan dengan kecemasan ibu dalam menghadapi persalinan di BPS Roli Yantina Amd,Keb yaitu faktor usia p-value: 0,042<0,05 pendidikan p-value:0,011<0,05 pekerjaan              p-value:0,017<0,05 paritas p-value:0,040<0,05, dari keempat faktor diatas memiliki hubungan yang signifikan. Penelitian ini diharapkan kepada ibu hamil harus lebih rutin dalam melakukan kunjungan antenatal care, serta menjaga pola hidup sehat dengan cara mengikuti senam hamil, mengkonsumsi buah dan sayur, sehingga proses persalinan yang akan dijalani berjalan dengan baik.

Kata Kunci            : Faktor Faktor kecemasan & kecemasan ibu hamil

Pustaka                 : 18(2003-2019)

  1. Aprillia, Yesie. (2019). Bebas Takut. Hamil Dan Melahirkan. Jakarta: Kompas Gramedia.
  2. Al-Munajjid. (2010). Terapi Kecemasan. Solo: Aqwam Jembatan Ilmu.
  3. Aprina. (2015). Riset Penelitian. Bandar lampung:
  4. Aini, Halimah. (2010). Panduan Lengkap Menghadapi Persalinan. Yogyakarta: Tora Book Yogyakarta.
  5. Hidayat, A. Aziz Alimul. 2007. Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah, 2009.
  6. Irianto, Koes. (2015). Kesehatan Reproduksi. Bandung: Alfabeta.
  7. Mardjan.,Abrori. (2016). Pengaruh Kecemasan Pada Kehamilan Primipara Remaja. Pontianak. Agremedia.
  8. Merlis Simon (2018) tentang Faktor Yang Berhubungan Dengan Kecemasan Ibu Hamil Trimester III Dalam Menghadapi Persalinan Di RSUD LA Temmamala Kabupaten Soppeng
  9. Notoadmodjo, S. (2014). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  10. Nolan, Mary. (2010). Kelas Bersalin. Yogyakarta: Tora Book Yogyakarta.
  11. Nurfaizah Alza, Ismarwati (2018) tentang Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecemasan Ibu Hamil Trimester III
  12. Ramaiah, (2003). Kecemasan. Bagaimana mengatasi penyebabnya. Jakarta: Pustaka Populer Obor.
  13. Rini Camelia. (2019) Hubungan Pekerjaan dan pengetahuan ibu hamil tentang tanda bahaya kehamilan dengan kunjungan ANC
  14. Susanti, Ni Neneng. (2013). Psikologi Kehamilan. Jakarta: EGC.
  15. Setiadi, S., & Dermawan, A. C. (2007). Konsep dan penulisan riset keperawatan. Yogjakarta: Graha Ilmu.
  16. Sukarni. K. 2013. Kehamilan, Persalinan Dan Nifas. Yogyakarta: Medical Book.
  17. Sulistyaningsih, H. (2011). Metodologi Penelitian Kebidanan Kuantitatif Kualitatif. Jakarta: Graha Ilmu.
  18. Solehati, Tetti & Kosasih, (2015). Konsep & Aplikasi Relaksasi dalam Keperawatan Maternitas. Bandung: Refika Aditama.
  19. Wa Ode Zamriati, dkk (2013) tentang Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kecemasan Ibu Hamil Menjelang Persalinan Di Poli KIA PKM Tuminting

MJ : Midwifery Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.cense.