PENGUNAAN WHATS APP BUSINES KOPI TIGA BOLA DUNIA PLATFORM PEMESANAN KOPI DENGAN SISTEM RASA PERSONAL

Anissah Anisah, Anis Fitri Ani, Arisa Elipiana Elipiana

Abstract


Perkembangan teknologi digital telah membuka peluang baru bagi pelaku usaha untuk berinovasi dalam pelayanan pelanggan, termasuk di sektor minuman kopi yang semakin kompetitif. Program Kreativitas Mahasiswa ini bertujuan untuk mengembangkan model bisnis inovatif “Kopi Tiga Bola Dunia”, yaitu layanan pemesanan kopi berbasis WhatsApp Business dengan sistem rasa personal sesuai preferensi konsumen. Melalui pemanfaatan fitur katalog produk, balasan otomatis, dan integrasi pesan cepat, pelanggan dapat menyesuaikan rasa kopi mulai dari tingkat kekentalan, kadar gula, hingga campuran cita rasa tiga jenis kopi dunia (Arabika, Robusta, dan Liberika).

Metode yang digunakan meliputi observasi pasar, perancangan sistem layanan berbasis digital, uji rasa produk, serta promosi interaktif melalui media sosial. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa penggunaan WhatsApp Business mampu meningkatkan efisiensi pemesanan hingga 45%, memperluas jangkauan pelanggan muda, dan menciptakan pengalaman konsumsi kopi yang lebih personal dan interaktif. Inovasi ini diharapkan dapat menjadi model kewirausahaan kreatif bagi generasi muda yang menggabungkan teknologi komunikasi sederhana dengan nilai budaya kopi Nusantara untuk bersaing di pasar global.

Kata kunci: WhatsApp Business, kopi personal, inovasi digital, kewirausahaan muda, Kopi Tiga Bola Dunia


Full Text:

XML

References


Nursari, A., Suryani, N., & Rahmawati, D. (2023). Pemanfaatan Media Sosial WhatsApp Business dalam Meningkatkan Branding dan Pelayanan UMKM di Era Digital. Jurnal Komunikasi dan Bisnis Digital, 7(2), 115–126. Diakses 10 Oktober 2025 dari https://ejournal.kombisdigital.id

Cahyani, D., Firmansyah, D. D., Oktaviani, D., Sesilia, D. A., & Pratama, R. H. (2024). Optimalisasi Pemasaran Digital dan Keterampilan Kreatif bagi UMKM Toko Buket bunga untuk Meningkatkan Kualitas dan Penjualan. Welfare : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(4), 709–714. https://doi.org/10.30762/welfare.v2i4.1851

Rahyono, R., Nursari, A., Pratama, R. H., & Khotimah, A. K. (2024). Optimasi Penggunaan Whatsapp Business Sebagai Sarana Pengembangan Pemasaran Usaha Pada Masyarakat Tanggamus Sumber Mulyo. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 6(2), 177-183.

Asmirani, S., Wulan, M. N., Nursari, A., Setiyarini, E. Y., & Pratama, R. H. (2025). The Role of TikTok Live Streaming in Increasing Consumer Purchasing Power and Enhancing Online Shop Sales. Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Terapan, 4(4), 1390-1399.

Setiyarini, E. Y., Rosdyanti, T., Pratama, R. H., Indriani, I. A. D., & Nurofik, A. (2025). Building Brand Trust: The Role of Marketing in the Comfort of Using Tokopedia in Lampung Province. Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Terapan, 4(2), 170-177.




DOI: https://doi.org/10.33024/jbmm.v5i1.23080

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Bakti Masyarakat Manajemen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Please fill up form http://bit.ly/3IoFh5X

Decision Letter of The rector-University of Malahayati No. 941.60.4.06.09.2021


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.