Hubungan pengetahuan dan motivasi dengan literasi kesehatan mental pada mahasiswa di Universitas Malahayati tahun 2023

Hafiratul Usfa, Christin Angelina Febriani, Nurhalina Sari

Abstract


Salah satu permasalahan yang signifikan di dunia dan Indonesia termasuk diantaranya adalah kesehatan jiwa. Menurut data (Riskesdas) Provinsi Lampung pada tahun 2013, Gangguan kesehatan mental pada remaja memiliki prevalensi gangguan berupa depresi mencapai 2,77% dan meningkat pada tahun 2018 sebesar 2,86% (Kemenkes RI, 2018). Permasalahan yang terjadi pada remaja mempunyai kecendrungan untuk melakukan perilaku berisiko yang akan menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan dalam bentuk fisik dan kesehatan mental. Tujuan penelitian yaitu mengetahui hubungan pengetahuan dan motivasi terhadap faktor yang berhubungan dengan literasi kesehatan mental pada mahasiswa di Universitas Malahayati Bandar Lampung Tahun 2023.Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 250 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling incidental. Instrumen yang digunakan adalah kuisoner google formulir. Uji statistik yang digunakan uji t-independent dan korelasi dan  regresi linear.Hasil analisis menggunakan uji t-independent dengan nilai p-value = 0,000 < (0,05) untuk pengetahuan yang artinya terdapat hubungan antara literasi kesehatan mental dengan faktor penegtahuan. Hasil uji korelasi dan regresi linear dengan nilai p-value 0,072 > (0,05)  untuk motivasi yang artinya tidak ada hubungan antara literasi kesehatan mental deng faktor motivasi. Saran kepada mahasiswa untuk mencara lebih informasi mengenai kesehatan mental dan membangun suasana yang menyenangkan, membuat daftar buku bacaan, sharing dengan teman dan alumni dan memanfaatkan fasilitas perpustakaan guna meningkatkan motivasi dalam literasi kesehatan mental.

Kata Kunci : Literasi Kesehatan Mental, Pengetahuan, Motivasi


References


Aisyaroh, N., Hudaya, I., & Supradewi, R. (2022). Trend Penelitian Kesehatan Mental Remaja Di Indonesia Dan Faktor Yang Mempengaruhi: Literature Review. Scientific Proceedings of Islamic and Complementary Medicine, 1(1), 41–51. https://doi.org/10.55116/spicm.v1i1.6

Badaruddin, A., Erlamsyah, E., & Said, A. (2016). Hubungan Kesehatan Mental dengan Motivasi Belajar Siswa. Konselor, 5(1), 50. https://doi.org/10.24036/02016516543-0-00

Bimrew Sendekie Belay. (2022). No Titleהכי קשה לראות את מה שבאמת לנגד העינים. In הארץ (Issue 8.5.2017).

Febrianti, A., Elita, V., & Dewi, W. N. (2022). Hubungan Pengetahuan Tentang Kesehatan Mental Dengan Status Mental Remaja. Riau Nursing Journal, 1(1), 70–79. https://doi.org/10.31258/rnj.1.1.70-79

Jorm, A. F., Korten, A. E., Jacomb, P. A., & Christensen, H., Rodgers, B., & Pollitt, P. (1997). “Mental health literacy.” A Survey of the Public’s Ability to Recognise Mental Disorders and Their Beliefs about the Effectiveness of Treatment. Medical Journal of Australia, 166(4): 182–186.

Jorm, A. F. (2012). Mental health literacy. Empowering the Community to Take Action for Better Mental Health, 67(3): 231–243.

Jorm, A. F. (2019). International handbook of health literacy: Research, practice and policy across the lifespan. Dalam Okan, O., Bauer, U., LevinZamir, D., Pinheiro, P., & Sørensen, K. (Eds.), International Handbook of Health Literacy: Research, Practice and Policy across the Lifespan, (hal. 53–66). Policy Press.

Kemenkes RI. (2018). Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018. Kementrian Kesehatan RI, 53(9), 1689–1699.

Mnatzaganian, C., Fricovsky, E., Best, B. M., & Singh, R. F. (2017). An interactive, multifaceted approach to enhancing pharmacy students’ health literacy knowledge and confidence. American Journal of Pharmaceutical Education, 81(2). https://doi.org/10.5688/ajpe81232

Ns. Satrio Kusumo, dkk. (2015). Buku Ajar Keperawatan Jiwa.

Nutbeam, D. (2000). Health literacy as a public health goal: A challenge for contemporary health education and communication strategies into the 21st century. Health Promotion International, 15(3), 259–267. https://doi.org/10.1093/heapro/15.3.259

Prof.Dr. Soekidjo Notoatmodjo. (2014). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta.

Rudianto, Z. N. (2022). Pengetahuan Generasi Z Tentang Literasi Kesehatan. Jurnal Pendidikan Kesehatan, 11(1), 49–72.

Veddayana, C., Anita, F., & Hardiana Rizka Puspita Ningrum. (2020). Meningkatkan Literasi Masyarakat Bangko Kanan dalam Menghadapi Pandemi COVID-19. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 4(2), 231–236. https://doi.org/10.37859/jpumri.v4i2.2153

World Health Organization. (2018). Adolescent and young adult health. Health Risks and Solutions. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/adolescents-health-risks-and-solutions

Kumboyono. (2011). Perbedaan Efek Penyuluhan Kesehatan Menggunakan Media Cetak Dengan Media Audio Visual Terhadap Peningkatan Pengetahuan Pasien Tuberkulosis. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, Volume 7, No. 1, Februari 2011.

Suryanda. (2007). Persepsi Masyarakat Terhadap Penyakit Kusta : Studi Kasus di Kecamatan Cambai Prabumulih. Tesis. UGM: Yogyakarta,

http://etd.ugm.ac.id/index.php?mod=penelitian_detail⊂=PenelitianDetail &act=view&typ=html&buku_id=34781&obyek_id=4 di akses 20 April 2013.




DOI: https://doi.org/10.33024/jdk.v12i3.10810

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Dunia Kesmas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:
Faculty of Health Sciences, Malahayati University

Editorial Address:
Jl. Pramuka No. 27 Kemiling Bandar Lampung Cq. Tim Jurnal Dunia Kesmas.
Whatsapp : 0822-8154-6379 (admin)