HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PEMAKAIAN ALAT PELINDUNG DIRI PADA PEKERJA PETERNAKAN SAPI DAN KAMBING DI KECAMATAN CIKALON GKABUPATEN TASIKMALAYA

Ringgo Alfarisi, Nucky Nurhikmah Rahman, Tusy Triwahyuni

Abstract


ABSTRAK

Berdasarkan laporan International Labour Organization(ILO) tahun 2017, diseluruh dunia terjadi lebih dari 317 juta kecelakaan dalam pekerjaan per tahun. Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) pada pekerja di lingkungan peternakan di Indonesia masih terbilang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap dengan pemakaian APD pada pekerja peternakan sapidan kambing di Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2018. Jenis penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan studi cross sectional. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh populasi pekerja peternakan sapidan kambing di Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya yang berjumlah 53 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran pengetahuan pekerja paling banyak pada kategori baik (33 orang, 62,3%), sikap pekerja paling banyak pada kategori baik (32 orang, 60,4%), dan perilaku penggunaan APD pekerja paling banyak pada kategori baik (35 orang, 66,0%).Terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan pekerja (p=0,027) dan sikap pekerja (p=0,046) dengan pemakaian APD. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan pekerja dan sikap pekerja dengan pemakaian APD.


References


Azwar, S..2013. Sikap Manusia. Edisi Ke 18. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Budiman dan Riyanto, A. 2013.Kapita Selekta Kuesioner Pengetahuan Dan Sikap Dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.

Direktorat Bina Kesehatan Kerja Kementerian Kesehatan RI . 2015.Kesehatan Kerja Bagi Peternak Unggas. Jakarta.

Geller, E. S. .2001.The Psychology of Safety Handbook. 2nd edn. London: Lewis Publisher.

Health and Safety Exevutive. 2015.Personal Protective Equipment. Available at: http://www.hse.gov.uk/toolbox/ppe.htm (Accessed: 30 August 2017).

International Labour Organization. 2013.Safety And Health At Work. Available at: http://www.ilo.org/global/topics/safety-and-health-at-work/lang--en/ind-ex.htm.(Accessed: 30 August 2017).

Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia. 2010.Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia, Nomor 8., pp. 1–69.

Melandari, Y. 2014.Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Kepatuhan Menggunakan Alat Pelindung Diri Pada Cleaning Service.Skripsi. Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. Jakarta.

Notoatmodjo, S. 2012.Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Revisi 2012. Jakarta: Rineka Cipta.

Prasetyanto, N. . 2011.Kadar H2S, NO2, Dan Debu Pada Peternakan Ayam Broiler Dengan Kondisi Lingkungan Yang Berbeda Di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Bogor.

Repi, A. A. .2015.Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap Dengan Tindakan Penggunaan Alat Pelindung Diri Pada Tenaga Kerja Di PT. Tropica Cocoprima Desa Lelema Kecamatan Tumpaan Kabupaten Minahasa Selatan. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi. Manado.

Saputro, V. A. 2015.Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap Dengan Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) Pada Pekerja Di Unit Kerja Produksi Pengecoran Logam. Skripsi. Fakultas Ilmu Kesehatan. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.33024/jdk.v7i4.1088

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Kesehatan Holistik



Published by:
Faculty of Health Sciences, Malahayati University

Editorial Address:
Jl. Pramuka No. 27 Kemiling Bandar Lampung Cq. Tim Jurnal Dunia Kesmas.
Whatsapp : 0822-8154-6379 (admin)