pengaruh empati dan keandalan terhadap kepuasan pasien peserta BPJS Kesehatan di unit rawat inap kelas III rumah Sakit Umum Daerah Prabumulih Tahun 2019

Sintya Pramita, Samino Samino, Fitri Ekasari

Abstract


Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti terlihat pada survei yang peneliti lakukan di RS secara langsung pada tanggal 14-20 Maret 2019 dari 15 pasien yang di unit rawat inap kelas III rumah sakit, Dari 15 orang, sebanyak 10 (66,7%) pasien mengungkapkan bahwa sikap petugas yang tidak segera melayani saat pasien datang, kurang ramah dalam melayani pasien dan buru-buru saat melakukan pemeriksaan serta memberikan informasinya kurang jelas dan sebanyak 5 (33,3%) pasien mengungkapkan bahwa petugas melayani keluhan yang disampaikan dengan cepat. Tujuan Penelitian diketahui pengaruh empati dan keandalan terhadap kepuasan pasien peserta BPJS Kesehatan di unit rawat inap kelas III rumah Sakit Umum Daerah Prabumulih tahun 2019. Jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien peserta BPJS yang dirawat inap di kelas III, sampel diambil secara purposive sampling. Variabel bebasempati dan keandalan.Variabel terikat penelitian ini kepuasan pasien.Penelitian telah dilakukan bulan Mei 2019 di unit rawat inap kelas III rumah Sakit Umum Daerah Prabumulih. Pengumpulan data dengan kuesioner, analisis data secara univariat dan bivariat (chi square). Hasil penelitian diketahui dari 135 responden sebanyak 51,9% responden kurang puas terhadap pelayanan, sebanyak 50,4% responden mengatakan kehandalan petugas rumah sakit kurang baik dan sebanyak 56,3% responden mengatakan empati petugas rumah sakit kurang baik. Ada pengaruh  keandalan dengan kepuasan pasien peserta BPJS Kesehatan di unit rawat inap kelas III rumah Sakit Umum Daerah Prabumulih tahun 2019. Ada pengaruh  empati dengan kepuasan pasien peserta BPJS Kesehatan di unit rawat inap kelas III rumah Sakit Umum Daerah Prabumulih tahun 2019.

References


Asmuji. (2013). Manajemen Keperawatan: Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Chong, N. T., & Mai, N.T.T. (2014). Service Quality and Its Impact on Patient Satisfaction: An Investigation in Vietnamse Public Hospitals. Journal of Emerging Economies & Islamic Research, 2 (1).

Junistian, H. H., PH, S.D.S.K.M, & Tanjung Anitasari, I.K. (2018). Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien BPJS Rawat Inap Kelas III di RSUD dr. Soeratno Gemolong (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Lawalata, Arthur. (2016). Hubungan Antara Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Penyakit Dalam Rsu Bethesda Gmim Tomohon. Universitas Sam Ratulangi. (diakses 10 Maret 2018 dari https://www.google.com/url).

Nursalam. (2016). Manajemen Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.

Pohan, Imbalo. S. (2013). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta : EGC.

Respati, S.A. (2015). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Puskesmas Halmahera Kotasemarang Tahun 2014 (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Ronayah, U. (2015). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Bukan Penerima Bantuan Iuran (Non PBI) di Puskesmas Halmahera Kota Semarang Tahun 2015 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).




DOI: https://doi.org/10.33024/jdk.v8i3.2056

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL DUNIA KESMAS



Published by:
Faculty of Health Sciences, Malahayati University

Editorial Address:
Jl. Pramuka No. 27 Kemiling Bandar Lampung Cq. Tim Jurnal Dunia Kesmas.
Whatsapp : 0822-8154-6379 (admin)