ANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP NEUROLOGY DI RUMAH SAKIT ABDUL MOELOEK BANDAR LAMPUNG

Deva Juniar, Sugeng Eko Irianto, Dewi Rahayu, Kodrat Pramudho, Naza Tsasbita Hayuning Adila, Dita Novrisa

Abstract


Pendahuluan: Misi rumah sakit merupakan membagikan pelayanan kesehatan yang memberikan kepuasan pada pasien serta terjangkau kepada warga dengan tujuan tingkatkan derajat kesehatan segala warga. Misi rumah sakit universal merupakan membagikan pelayanan kesehatan merata kepada orang, terkoordinasi serta terpadu, dengan aksi promotif serta preventif, tercantum penerapan  referensi, dengan penekanan pada fokus utama yaitu pemulihan serta pengobatan.

Tujuan: Penelitian iini ibertujuan iuntuk imengetahui ifaktor-faktor iyang mempengaruhi ikepuasan ipasien irawat iinap iRumah iSakit Abdul MoeloekiBandar iLampung.

Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Jumlah sampel 66 orang diambil dengan teknik purposive sampling. Pengambilan data dilakukan menggunakan kuesioner faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien rawat inap di rumah sakit, kemudian dianalisis, dan disajikan dalam analisis univariat, bivariat, dan multivariat, menggunakan chi square dan regresi logistic.

Hasil: terdapat hubungan antara lingkungan, responsiveness, komunikasi dokter, komunikasi obat, kinerja perawat, intensitas Kembali terhadap kepuasan pasien rawat inap dan tidak terdapat hubungan antara net promotor score terhadap kepuasan pasien rawat inap. Faktor yang dominan berhubungan dengan kejadian kepuasan pasien rawat inap neurology di RSUD DR. H Abdul Moeloek Bandar Lampung adalah responsiveness (OR 11.134). 

Kesimpulan: Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Dalam data ini berarti responsiveness yang paling besar pengaruhnya terhadap kepuasan pasien dengan nilai 11.134. 

 

Kata kunci: kepuasan pasien, Responsiveness,Komunikasi dokter


Keywords


kepuasan pasien, Responsiveness,Komunikasi dokter

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33024/jdk.v13i3.16081

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Dunia Kesmas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:
Faculty of Health Sciences, Malahayati University

Editorial Address:
Jl. Pramuka No. 27 Kemiling Bandar Lampung Cq. Tim Jurnal Dunia Kesmas.
Whatsapp : 0822-8154-6379 (admin)