PENGARUH TERAPI AKTIVTTAS KELOMPOK STIMULASI PERSEPSI UMUM TERHADAP KEMAMPUAN PERSEPSI KLIEN YANG MENGALAMI GANGGUAN PERSEPSI DI RUANG KUTILANG RUMAH SAKIT JIWA DAERAH PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2010

Kresna Febriyanto, Muhammad Chandra Gunawan, Nida Amalia

Abstract


Sikap menarlk dirt dart linglcungan, curiga berlebihan, hingga perntrunan perhatian merupakan beberapa gejala dari gangguan jiwa yang memerlukan penanganan dart berbagai disiplin ilmu, diantaranya perawat jiwa. Berbagai terapi modalitas telah dikembangkan, salah satunya adalah terapi aktivitas kelompok (TAK) termasuk di dalamnya TAK stimulasi persepsi umum. Dari basil pra survey yang dilakukan tanggal 10 februari 2010 diperoleh data kasus yang sering terjadi yaitu gangguan persepsi salah satunya halusinasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahul pengaruh terapi aktivitas kelompok stimulasi persepsi umum terhadap kemampuan persepsi klien yang mengalami gangguan persepsi di ruang Kutilang Rumah Sakit Jiwa Daerah Provinsi Lampung tahun 2010. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan pendekatan pretest post test with control group. Populasi penelitian ini yaitu jumlah klien gangguan persepsi yang di rawat di ruang Kutilang Rumah Sakit Jiwa Daerah Provinsi Lampung selama tahun 2010. Tehnik pengambilan sampel dengan accidental sampling. Analisa data yang digunakan adalah uji t-test.
Hasil penelitian menggambarkan bahwa nilai kemampuan persepsi klien kelompok yang diberikan TAK stimulasi persepsi umum saat pre-test 4,80 dengan standar deviasi 2,396. Nilai mean kemampuan persepsi klien saat post-test 8,87 dengan standar deviasi 3,114. Hasil uji statistik diperoleh p-Value= 0,002 sehingga Ho ditolak. Berbeda dengan nilai kemampuan persepsi klien yang tidak diberikan perlakuan saat pre-test 4,80 dengan standar deviasi 0,611. Nilai mean kemampuan persepsi klien saat post-test 4,67 dengan standar deviasi 2,225 p-Value= 0,164. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan persepsi klien yang diberikan perlakuan TAK stimulasi persepsi umum dengan yang tidak diberi perlakuan TAK stimulasi persepsi umum di ruang Kutilang Rumah Sakit Jiwa daerah Provinsi Lampung tahun 2010. Hasil penelitim diharapkan menjadi masukan yang positif bagi institusi rumah sakit jiwa untuk memasukkan kegiatan TAK Stimulasi persepsi umum kedalam salah satu jadwal kegiatan rutin, serta melatih perawat jiwa agar mahir dan kompeten sebagai tPrapis kelompok.
Kata kunci : TAK stimulasi persepsi umum, kemampuan persepsi klien dengan gangguan persepsi

Keywords


TAK stimulasi persepsi umum, kemampuan persepsi klien dengan gangguan persepsi

References


Arini Sy, Dwiyanti E. Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Terjadinya Kelelahan Kerja Pada Pengumpul Tol Di Perusahaan Pengembang Jalan Tol Surabaya. Indones J Occup Saf Heal. 2017;4(2):113–22.

Ratih Dwi Kartikasari BS. Pengaruh Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Bagian Produksi PT. Surya Asbes Cement Group Malang). J Adm Bisnis [Internet]. 2017;44(1):89–95.

Riduansyah M, Erawan E, Arsyad Aw. Peran Dinas Pemadam Kebakaran Dalam Mensosialisasikan Bahaya Dan Pencegahan Kebakaran Di Kota Samarinda. 6. 2018 P. 363–73.

Islamiati F. Fungsi Petugas Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya. AntroUnairdotNet. 2017;VI(3):380–9.

Gaghiwu L, Josephus J, Rompas RM, Universitas Sam Ratulangi. Analisis Beberapa Faktor Penyebab Kelelahan Kerja pada Tenaga Kerja Bongkar Muat di Pelabuhan Samudera Bitung. 2016;4(1):59–70.

Nikita NE, Joseph WBS, Boky H. Kerja pada Petugas Pemadam Kebakaran Di Dinas Pemadam Kota Manado Tahun 2017. Kesehat Masy. 2017;15:1–6.

Hs I. Piyeung Mon Ara Aceh Besar Physical Health Of Smoking Elderly At Piyeung Mon Ara Village Of Aceh. Iii(3):263–73.

Wibowo A, Junianto T, Prasetyo Y. Kebugaran Jasmani Mahasiswa Teknik Otomotif. 2014;Xii(1).

Hidayat, Anwar. Perbedaan Cross Sectional, Case Control Dan Cohort - Uji Statistik. Stastikian.Com. [Online] 2012. [Dikutip: 23 01 2019.]

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D Alfabeta. 2011.

Rizaldy Ab, Sabri Ys. Artikel Penelitian Hubungan Perilaku Merokok Dengan Ketahanan Kardiorespirasi ( Ketahanan Jantung-Paru ) Siswa Smkn I Padang. J Kesehat Andalas. 2016;5(2):325–9.

Tika NP. Analisis Karakteristik Individu Dengan keluhan Kelelahan Kelelahan Kerja Pada Pengemudi Taksi Di Rungut Surabaya : 2016;

Pulvers K, Scheuermann TS, Romero DR, Basora B, Luo X, Ahluwalia JS. Classifying a smoker scale in adult daily and nondaily smokers. Nicotine Tob Res. 2014;16(5):591–9.

Lidya G, Johan J, Rizald Mr. Analisis Beberapa Faktor Penyebab Kelelahan Kerja Pada Tenaga Kerja Bongkar Muat Di Pelabuhan Samudera Bitung.

Wahyu Ts. Hubungan Antara Derajat Merokok Aktif, Ringan, Sedang, Berat Dengan Kadar Saturasi Oksigen Dalam Darah (SpO2) ; 2015:

Bambang H, Widodo H, Soebijianto S. Sikap, Beban Kerja Dan Kelelahan Kerja Pada Pekerja Pabrik Produksi Alumunium Yogyakarta: 2017;

Annisa S. Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Keluahan Musculoskeletal Disorders (MSDs) Pada Pekerja Bagian Meat Preparation PT. Bumi Sarimas Indonesia; 2017:

Atiqoh J, Wahyuni I, Lestantyo D. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kelelahan Kerja Pada Pekerja Konveksi Bagian Penjahitan Di Cv. Aneka Garment Gunungpati Semarang [Internet]. Vol. 2, Jurnal Kesehatan Masyarakat (E-Journal). 2014. P. 119–26.




DOI: https://doi.org/10.33024/jdk.v8i1.1490

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 HOLISTIK JURNAL KESEHATAN



Published by:
Faculty of Health Sciences, Malahayati University

Editorial Address:
Jl. Pramuka No. 27 Kemiling Bandar Lampung Cq. Tim Jurnal Dunia Kesmas.
Whatsapp : 0822-8154-6379 (admin)