EFEKTIFITAS PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MENGGUNAKAN MODUL DAN PRESENTASI YANG DISERTAI SELEBARAN TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG HIV / AIDS PADA SISWA SMUN 3 DAN SMUN I PANJANGAN KABUPATEN BANTUL TAHUN 2007–2008

Pri Hastuti, Luluk Mahaningsih

Abstract


Masalah sosial dan masalah kesehatan seperti KTD dan infeksi HIV / AIDS pada
umumnya sedang dihadapi oleh remaja saat ini. Sebanyak 2,3 juta penderita HIV / AIDS
adalah remaja dan para wanita (UNAIDS, 2004). Kurangnya pengetahuan tentang
HIV/AIDS disebabkan karena pendidikan kesehatan yang diberikan di sekolah, bimbingan
modul, leaflet dan CD tentang HIV / AIDS masih jarang. Untuk mencapai hal tersebut
program pencegahan melalui sekolah dianggap metode yang efektif yang memberikan
materi untuk mencapai tujuan pendidikan, yaitu peningkatan pengetahuan tentang
pencegahan infeksi HIV / AIDS.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pendidikan kesehatan dengan
penggunaan modul dan presentasi yang disertai dengan selebaran terhadap pengetahuan
tentang HIV / AIDS pada siswa SMUN 3 dan SMUN 1 Pejangan Bantul tahun 2007-2008.
Jenis penelitian adalah penelitian eksperimental dengan menggunakan pendekatan
pre- post test control group design. Subyek penelitian dikelompokan menjadi 2 dari SMU
yang berbeda dan ditentukan sebagai kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Setiap
sampel terdiri dari 42 orang terpilih dengan menggunakan cluster random sampling
kemudian diukur pengetahuan tentang HIV / AIDS menggunakan instrumen test. analisis
statistic menggunakan uji t dependen dengan tingkat signifikansi 0,005.
Nilai rata-rata pre-test dan post-test pada kelompok perlakuan masing-masing
73,81 (SD = 10,53) dan 84,17 (SD = 5,69). Sedangkan rerata nilai pre-test dan posttest
pada kelompok kontrol masing-masing 80,39 (SD = 8.13) dan 81.51 (SD = 6,97).
Uji beda pada sampel berpasangan dari kelompok perlakuan dengan nilai t 5,440 (nilai p
<0,05), yang artinya ada perbedaan pengetahuan antara pre-test dan post-test pada
kelompok perlakuan. Sedangkan uji beda pada sampel berpasangan dari kelompok
kontrol dengan nilai t 0,472 (nilai p> 0,05), yang artinya tidak ada perbedaan
pengetahuan antara pre-test dan post-test kelompok kontrol. Jadi, perbandingan antara
kedua kelompok diperoleh nilai t 3,771 (nilai p <0,005), yang berarti ada perbedaan
pengetahuan.
Terdapat perbedaan pengetahuan tentang HIV/AIDS pada siswa SMU dengan
penggunaan modul dan presentasi yang disertai leaflet.
Kata Kunci: Pendidikan Kesehatan, Pengetahuan, Modul, Leaflet, HIV / AIDS.



DOI: https://doi.org/10.33024/jdk.v1i4.339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL DUNIA KESMAS



Published by:
Faculty of Health Sciences, Malahayati University

Editorial Address:
Jl. Pramuka No. 27 Kemiling Bandar Lampung Cq. Tim Jurnal Dunia Kesmas.
Whatsapp : 0822-8154-6379 (admin)