PERBEDAAN METODE BRAIN STORMING DENGAN METODE DISKUSI TERGHADAP PENGETAHUAN TENTANG BAHAYA MEROKOK PADA SISWA SMA NEGERI 1 KATIBUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

Rivani Gusvara Putri, Christin Angelina Febriani, Lolita sari

Abstract


Pada zaman modern saat ini, rokok bukanlah benda asing lagi. Bagi mereka yang hidup dikota maupun didesa umumnya mereka sudah mengenal benda yang bernama rokok ini. Penggunaan Tembakau Secara Global, tingkat persentase perokok aktif di Indonesia 2011 adalah 46,8% perokok pria dan 3,1% perokok wanita dengan usia 10 tahun. Dilaporkan, hingga 2011 jumlah kematian akibat rokok di dunia telah mencapai 6 juta jiwa per tahun, diperkirakan semakin lama tingkat kematian akibat rokok akan semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan siswa tentang bahaya merokok menggunakan metode Brain Storming dan Diskusi di SMA Negeri 1 Katibung.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperiment dengan pendekatan Pretest and Posstest Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa laki-laki kelas X yang berjumlah 58 dengan Sampel 40 responden ditentukan dengan cara proportionate random sampling. Pengambilan data menggunakan angket, dan analisa data menggunakan distribusi frekuensi dan uji T Independent.
Hasil penelitian berdasarkan uji univariat pretest Brain Storming menujukan rata-rata pengetahuan siswa 41.60, pretest diskusi menunjukan rata-rata pengetahuan siswa 41.00, posttest Brain Storming menunjukan rata-rata pengetahuan siswa 65.60, posttest diskusi 68.00. Uji bivariat didapatkan nilai rata-rata siswa sebelum penyuluhan dengan menggunakan metode Brain Storming dan diskusi adalah 24.00 sedangkan sesudah penyuluhan adalah 27.00. Hasil uji statistik didapatkan nilai ρ= 0.528 berarti pada α= 5% dapat disimpulkan tidak ada perbedaan pengetahuan responden antara metode Brain Storming dengan diskusi. Disarankan kepada institusi pendidikan memberikan informasi menggunakan metode lain yang sesuai dengan karakteristik siswa, seperti jumlah siswa, penggunaan bahasanya, dan lain-lain.
Kata kunci : Metode Brain Storming, Diskusi, Pengetahuan Bahaya Merokok



DOI: https://doi.org/10.33024/jdk.v4i3.439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL DUNIA KESMAS



Published by:
Faculty of Health Sciences, Malahayati University

Editorial Address:
Jl. Pramuka No. 27 Kemiling Bandar Lampung Cq. Tim Jurnal Dunia Kesmas.
Whatsapp : 0822-8154-6379 (admin)