RISIKO DISMENORE PRIMER PADA SISWI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) YAYASAN BADRUL LATIF (YBL) KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

Ani Kristianingsih, Vida Wira Utami, Dhini Easter Yanti

Abstract


Dismenore atau nyeri haid merupakan salah satu keluhan ginekologi yang paling umum pada perempuan muda yang datang ke klinik atau dokter. Hampir semua perempuan mengalami rasa tidak nyaman selama haid, seperti rasa tidak enak diperut bagian bawah dan biasanya disertai mual,pusing, bahkan pingsan. Prevalensi siswi dismenore primer SMP YBL sebanyak 83% Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui faktor risiko dismenore primer pada siswi SMP Yayasan Badrul Latif (YBL) Tahun 2014. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswi SMP YBL Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan.
Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif. Desain penelitian dengan pendekatan cross sectional. Jumlah populasi 163 mahasiswa. Penelitian ini chi square menggunakan sampel seluruh populasi. Pengumpulan data dengan wawancara. Analisis data dan regresi logistik ganda.
Hasil penelitian menunjukkan variabel yang memiliki hubungan terhadap dismenore primer adalah usia menarche (p=0,001), masa menstruasi (p=0,003), perokok (p=0,005), dan olah raga (p=0,001). Sedangkan variabel yang tidak ada hubungan adalah riwayat dismenore primer dan obesitas. Faktor risiko yang paling dominan adalah usia menache. Disimpulkan terdapat hubungan usia menarche, masa menstruasi, perokok, dan olah raga dengan dismenore primer. Disarankan penanganan dismenore primer dengan kompres air hangat dan dengan konsumsi makanan bergizi, menghindari stress dan kelelahan.
Kata kunci: Usia menarche, masa menstruasi, rokok, olah raga, dan dismenore primer.



DOI: https://doi.org/10.33024/jdk.v4i3.440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL DUNIA KESMAS



Published by:
Faculty of Health Sciences, Malahayati University

Editorial Address:
Jl. Pramuka No. 27 Kemiling Bandar Lampung Cq. Tim Jurnal Dunia Kesmas.
Whatsapp : 0822-8154-6379 (admin)