Hubungan antara Jaringan dan Efikasi Kolektif pada Perempuan dengan HIV di Yogyakarta

Evelyn Martina, Nugroho Susanto, FX. Joko Krisdiyanto

Abstract


HIV sangat berdambak bagi penderita dari aspek fisik, aspek sosial dan aspek psikologis. Aspek fisik, penyintas HIV (ODHA) semakin melemah akibat efek samping obat dan peningkatan virus dari HIV menuju AIDS, aspek sosial, ODHA tidak dapat dukungan sosial khususnya dari keluarga dan ODHA harus menghadapi stigma dan diskriminasi dari masyarakat, hal tersebut akan menganggu dalam aspek psikologis.. Berdasarkan  latar belakang di atas bisa dikatakan bahwa ODHA sangat membutuhkan motivasi untuk mengatasi masalah dalam dirinya, dengan mengikuti support group ODHA mendapatkan manfaat modal sosial masyarakat yaitu, kepercayaan, jaringan, dan norma sehingga diperlukan melakukan penelitian ini. Tujauan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara jaringan dan efikasi kolektif pada Perempuan dengan HIV. Penelitian ini jenis kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus  di KDS Diajeng, Desa Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman,  dengan sampel 50 responden. Teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling, analisis yang digunakan dalam penelitian ini uji adalah kendall-tau. Berdasarkan hasil analisis uji kendall-tau terdapat hubungan antara jaringan dan efikasi kolektif pada perempuan dengan HIV dengan nilai sebesar 0,000 (p<0,05) maka kesimpulan yang dapat diambil adalah ada hubungan antara  jaringan dan efikasi kolektif pada Perempuan dengan HIV di KDS Diajeng

Keywords


hiv, jaringan dan efikasi kolektif

References


Abdullah, S. M. (2019). Social Cognitive Teory : A bandura Thought Review Published in 1982-2012. Jurnal Psikodimesia.

Angelika, S., Satiadarma, M. P., & Koesma, E. R. (2019). Penerapan ARV Therapy untuk meningkatkan Self- Compassion pada orang dengan HIV/AIDS (ODHA). Jurnal Muara Ilmu Sosial.

Ayuniguntari, S. M. (2016). Hubungan Perilaku Organisasi dengan Kinerja Pegawai di Kementerian Agama Kantor Kota Bandung. Universitas Pasundan.

Elisanti, A. D. (2020). HIV-AIDS, Ibu Hamil dan Pencegahan pada janin.

Fathy, R. (2019). Modal Sosial : Konsep,Inklusivitas, dan Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Pemikiran Sosiologi.

Handayani, S., & Mardhiati, R. (2018). Keberlanjutan perdan dukungan sebaya di dalam sistem penanggulangan HIV di tingkat provinsi dan kota/ kabupaten di Indonesia. Jurnal Perilaku dan Promosi Kesehatan.

Husna, A. (2019). Resiliensi orang dengan HIV/AIDS dalam menghadapi STIGMA dan DISKRIMINASI. Universitas Muhamadiyah Malang.

Kadarwati, Soemanto, R., & Murti, B. (2017). pengaruh dukungan keluarga, modal sosial, efikasi diri, pendidikan, pekerjaan, penghasilan, dan status tinggal terhadap kualitas hidup usia lanjut di kota salatiga, jawa tengah. Journal of Epidemiology and Public Health.

KBBI, K. B. (2012). https://kbbi.web.id/sintas. Dipetik 06 04, 2021, dari https://kbbi.web.id/: https://kbbi.web.id/sintas

Kemenkes. (2018). Situasi Umum HIV/ AIDS dan Tes HIV. Jakarta.

Kemenkes, K. K. (2019). Situasi Penyakit HIV AIDS di Indonesia. Jakarta.

Krisdiyanto, J. (2019). Modal Sosial dan Efikasi Kolektif Menghadapi Bencana Erupsi Merapi.

Limalvin, N. P., Putri, W. W., & Sari, K. K. (2020). Gambaran dampak psikologis, sosial dan ekonomi pada ODHA di Yayasan Spirit Paramacitta Denpasar. Jurnal Intisari Sains Medis.

Masriadi. (2017). Epidemiologi Penyakit Menular. Depok: Rajawali.

Muazaroh, S., & Subandi. (2019, Juni). Kebutuhan Manusia dalam Pemikiran Abraham Maslow (Tinjauan Maqasid Syariah). 7.

Novitasari, Hutagalung, Silitonga, Johan, & Asbari. (2021). Membangun Perencanaan dan Kinerja Tim: Analisis Pengaruh Efikasi Kolektif dan Iklim Kecerdasan Emosional.

Rahakbauw, N. (2016). Dukungan Keluarga terhadap kelangsungan hidup ODHA (Orang dengan HIV/AIDS). Jurnal INSANI.

Sary, L., Angelina, C., & Winarsih. (2019). Faktor perilaku pencegahan penularan HIV/AIDS pada penderita HIV/AIDS di Rumah sakit umum daerah dr. H Abdul Moeloek. Jurnal Dunia Kesmas.

Subaris, H. (2016). Promosi Kesehatan, Pemberdayaan Masyarakat, dan Modal Sosial. Yogyakarta: Nuha Medika.

UNAIDS. (2019). UNAIDS DATA 2019. Switzerland: UNAIDS.




DOI: https://doi.org/10.33024/jdk.v11i2.6750

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Dunia Kesmas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:
Faculty of Health Sciences, Malahayati University

Editorial Address:
Jl. Pramuka No. 27 Kemiling Bandar Lampung Cq. Tim Jurnal Dunia Kesmas.
Whatsapp : 0822-8154-6379 (admin)