FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU AMAN PEKERJA SAWMILL KELURAHAN PASIR PANJANG KOTA JAMBI TAHUN 2022

Wiza Dzakwan Bafadhal, Abul Ainin Hapis, Eti Kurniawati

Abstract


Perilaku aman merupakan kegiatan dari seseorang atau beberapa orang karyawan yang memperkecil kemungkinan terjadinya kecelakaan atau insiden, dari data kecelakaan memperkirakan bahwa 85% kecelakaan kerja terjadi adalah kontribusi dari perilaku kerja yang tidak aman. Bahwa 80-85% kecelakaan disebabkan oleh faktor manusia. Tujuan untuk mengetahui faktor faktor apa saja yang berhubungan dengan perilaku aman di Sawmill Kelurahan Pasir Panjang Kota Jambi tahun 2022. Penelitian menggunakan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan di Sawmil Kelurahan Pasir Panjang Kota Jambi. Sampel penelitian adalah pekerja di Sawmill Kelurahan Pasir Panjang Kota Jambi sebanyak 50 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuesioner. Teknik pengumpulan data adalah wawancara. Di analisis secara univariat dan bivariat menggunakan uji chi square. Sebanyak 18 responen memiliki perilaku tidak aman, 15 responden memiliki pengetahuan kurang baik, 27 responden memiliki sikap kurang baik, 19 responden memiliki motivasi kurang baik, 16 responden kurang tersampaikan dalam komunikasi pesan K3. Hasil bivariat menunjukkan ada hubungan pengetahuan (p-value=0,046), sikap (p-value=0,025), motivasi (p-value=0,026) dengan perilaku aman pada pekerja Sawmill Kelurahan Pasir Panjang Kota Jambi. Komunikasi pesan K3 (p=value=0,272) menunjukkan tidak ada hubungan dengan perilaku aman pada pekerja sawmill Kelurahan Pasir Panjang Kota Jambi. Diharapkan kepada pemilik untuk menerapkan budaya K3 melalui media promosi K3 dan untuk pekerja agar mengikuti kegiatan penyuluhan dan pelatihan guna mengembangkan dan menambah pengetahuan dan keterampilan serta memahami bahaya dan resiko di tempat kerja dan disarankan kepada pekerja untuk menggunakan APD secara lengkap yang di sediakan dengan baik dan benar.


References


Akbar. (2020). Hubungan Pengetahuan Dan Pengawasan Dengan Perilaku Tidak Aman Pada Pekerja Bekisting Pt Beton Konstruksi Wijaksana Tahun 2020.

Danggur Kondradus. (2006). Keselamatan Kesehatan Kerja: Membangun SDM Pekerja yang Sehat, Produktif dan Kompetitif (D. Kondradus, Ed.). Litbang Danggur.

E.S., G. (2001). The Psychology of safety handbook (E.S. Geller, Ed.). Lewis Publisher.

Heinrich, P. D. R. N. (1980). Industrial Accident Prevention. . Mc. GrowHill Book Company.

Rahmawati Yasinta, & Hananingtyas Izza. (2020). Determinan Perilaku Tidak Aman Pada Pegawai Di Unit Pelayanan Transmisi (UPT) Cawang Tahun 2020. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/EOHSJ

Sangaji. (2018). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Tidak Aman Pekerja Bagian Lambung Galangan Kapal Pt X.

Setiarsih, Y., Setyaningsih, Y., Widjasena, B., Mahasiswa, ), Keselamatan, P., Kerja, K., Semarang, U., Dosen, ), & Keselamatan, B. (2017). Hubungan Karakteristik Pekerja, Promosi K3, Dan Ketersediaan Alat Pelindung Diri (Apd) Dengan Perilaku Tidak Aman Pada Pekerja Mechanical Maintenance (Vol. 5). http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkm

Sipayung Riska Theodora, Lubis halinda Sari, & Syahri Isyatun mardhiyah. (2019). Hubungan Promosi Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Dengan Perilaku Aman (Safe Behavior) Pada Karyawan Bagian Produksi Pengolahan Minyak Sawit Di Ptpn Iv Kebun Dolok Ilir.

Suma’mur. (2013). Higiene Perusahaan dan Keselamatan Kerja (Suma’mur, Ed.; 2nd ed.). PT.Saksama.

Tarwaka. (2014). Manajemen dan Inplementasi K3 di Tempat Kerja.

Tarwaka. (2018). ). Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Ergonomi (K3E) dalam persfektif Bisnis. (Tarwaka, Ed.). Harapan Press.




DOI: https://doi.org/10.33024/jdk.v11i3.8207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Dunia Kesmas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:
Faculty of Health Sciences, Malahayati University

Editorial Address:
Jl. Pramuka No. 27 Kemiling Bandar Lampung Cq. Tim Jurnal Dunia Kesmas.
Whatsapp : 0822-8154-6379 (admin)