Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Jalan RSUD Pringsewu Kabupaten Pringsewu 2022

Samino Samino, Ulin Noa, Nurul Aryastuti, Torry Duet Irianto

Abstract


Indeks kepuasan masyarakat (IKM) secara umum di RSUD Pringsewu pada kurun 5 tahun tidak ada kenaikan dan cenderung menurun. Tahun 2016 (76,6), 2017 (76,8), 2018 (76,7), 2019 (76,1),  dan 2020 (75,7). Salah satu aspek penilaian kepuasan pasien terendah instalasi rawat jalan. Tujuan penelitian untuk mengetahui penyebab rendahnya kepuasan pasien di Instalasi Rawat.

Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel 120 responden, pengambilan data Agustus 2022 melalui wawancara terstruktur. Analisis data dengan chi square dan regresi logistik ganda, pada taraf signifikansi atau kepercayaan 95%.

Hasil uji chi square menujukkan bahwa variabel tangibles (p=0,021), reability (p=<0,001), responsiveness (p=<0,001), assurance (p=0,001), dan empathy (p=0,003), berhungan dengan kepuasan pasien rawat jalan. Hasil analisis multivariat dengan regresi logistik ganda menunjukkan variable reability merupakan faktor dominan yang berhubungan dengan kepuasan pasien (p=<0,001 dan OR=11,857). Disimpulkan bahwa variabel tangibles, reability, responsiveness, assurance, dan empathy merupakan faktor yang paling berhungan dengan kepuasan. Diharapkan rumah sakit lebih meningkatkan pelayanan terutama pada reability petugas melalui pertemuan mingguan/bulanan untuk menyamakan visi misi RS.

Kata Kunci : Kepuasan, service quality

Keywords


Kepuasan, service quality

References


Al-Assaf, A. (2009) Mutu Pelayanan Kesehatan:Perspektif Internasional (terj). Edited by S. Belawati. Jakarta: EGC.

Azwar, A. (2002) Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat. 1st edn. Jakarta: Depkes RI.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Republik Indonesia (2016) ‘Kamus Besar Bahasa Indonesia’. Jakarta. Available at: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/mutu

Budiman and Riyanto, A. (2013) Kapita Selekta Kuesioner: pengetahuan dan sikap dalam penelitian kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.

Fadilah, A. and Yusianto, W. (2019) ‘Hubungan kualitas pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien rawat inap bedah di rsud dr. loekmono hadi kudus’, Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama, 8(1), p. 35. Available at: https://doi.org/10.31596/jcu.v8i1.303.

Hastono, priyo S. (2016) Analisis data pada bidang kesehatan. 3rd edn. Depok: Rajawali Pers.

Hatam, N. et al. (2020) ‘Effective factors on improving the quality of hospital services in south of Iran’, Journal of the Pakistan Medical Association, 70(10), pp. 1709–1713. Available at: https://doi.org/10.47391/JPMA.865.

Herlambang, S. (2016) Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit (Cara Mudah Memahami Manajemen Pelayanan di Rumah Sakit dan Organisasi Pelayanan Kesehatan Lainnya. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Laeliyah, N. and Subekti, H. (2017) ‘Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di Rawat Jalan RSUD Kabupaten Indramayu’, Jurnal Kesehatan Vokasional, 1(2), p. 102. Available at: https://doi.org/10.22146/jkesvo.2757.

Lely, M. and Suryati, T. (2018) ‘Persepsi Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan Di Rumah Sakit’, Buletin Penelitian Kesehatan, 46(4), pp. 239–246. Availableat: https://doi.org/10.22435/bpk.v46i4.33.

Lupiyoadi Rambat, (2009). Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 2, PT. Salemba Empat, Jakarta

Mamik (2014) Pelayanan Kebidanan. Sidoarjo: Zifatama Publisher.

Masye, Rattu & Wantania, (2014). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Persepsi Mutu Pelayanan Kebidanan Di Instalasi Rawat Inap D RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado, Jurnal, Universitas Sam Ratulangi Manado.

Menkes Republik Indonesia (2008) ‘Keputusan Mentri Kesehatan Republik Indonesia 129/Menkes/SK/II/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit’, 129 [Preprint]. Jakarta: Kementria kesehatan.

Mowen and Hansen (2005) Akuntansi manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Muninjaya, A.A.G. (2011) Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. 3rd edn. Jakarta: EGC.

Notoatmodjo, S. (2010) Metodologi Penelitian Kesehatan. rev. Jakarta: Rineka Cipta.

Novitasari, A., Hidayat, M. and Kaporina, A. (2014) ‘Kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan keperawatan di RSUP Dr. Kariadi Semarang’, Jurnal Kedokteran Muhammadiyah, 3(1), pp. 1–7.

Nursalam (2014) Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. 4th edn. Edited by A. Suslia. Jakarta: Salemba Medika.

Permatasari, A. (2020) ‘Pelaksanaan Pelayanan Publik Yang Berkualitas’, DECISION: Jurnal Administrasi Publik, 2(1), pp. 51–56.

Pohan, I. (2007) Jaminan mutu layanan kesehatan : Dasar-dasar




DOI: https://doi.org/10.33024/jdk.v11i2.8311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Dunia Kesmas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:
Faculty of Health Sciences, Malahayati University

Editorial Address:
Jl. Pramuka No. 27 Kemiling Bandar Lampung Cq. Tim Jurnal Dunia Kesmas.
Whatsapp : 0822-8154-6379 (admin)