EVALUASI KEBERHASILAN PENERAPAN TERAPI ESA (Erythropoietin Stimulating Agent) PADA PASIEN HEMODIALISA DI RSUD PRINGSEWU

Martianus Perangin Angin, Nofita Nofita, Luciana Cindy Maharani

Sari


Keberhasilan terapi ESA berkaitan erat dengan penanganan anemia pada pasien hemodialisa, terutama bagi pasien yang mengalami Gagal Ginjal Kronik (GGK). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengevaluasi seberapa tinggi tingkat keberhasilan terapi ESA dalam menangani anemia pada pasien hemodialisa periode Januari – Desember 2019 di RSUD Pringsewu dengan beberapa indikator keberhasilan yang dilihat mulai dari target Hb tercapai, tidak adanya tambahan transfusi darah, dan terjadi perkembangan kesehatan pada pasien. Penelitian ini dilakukan secara  deskriptif dan observasional dengan rancangan metode retrospektif. Data dikumpulkan dari data rekam medik pasien yang dirangkum dalam sebuah tabel. Analisis data menggunakan rumus presentase (%). Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 106 sampel yaitu total seluruh pasien Unit hemodialisa di RSUD Pringsewu. Hasil penerapan terapi ESA ini telah dibuktikan berhasil pada 78 pasien dengan presentase 73,58%, yang berarti bahwa terapi ESA ini berhasil dalam menangani anemia yang terjadi pada pasien GGK.

Kata Kunci : Terapi ESA, Pasien Hemodialisa/GGK, Rumah Sakit

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dewi, S. P., & Anita, D. C. 2015. Hubungan lamanya hemodialisa dengan kualitas hidup pasien gagal ginjal di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. STIKES Aisyiyah Yogyakarta.

Indrasari, Nur, Denita. 2015. Perbedaan Kadar Ureum dan Kreatin pada Pasien Gagal Ginjal Kronik Berdasarkan Lama Menjalani Terapi Hemodialisa di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta.

Lubis, A. R., & Siregar, J. H. 2016. Anemia pada Penyakit Ginjal Kronik.

Lubis, A. R., Tarigan, R. R., Nasution, B. R., Ramadani, S., & Vegas, A. 2016. Pedoman Penatalaksanaan Gagal Ginjal Kronik.

Perhimpunan Nefrologi Indonesia 2011. Konsensus Manajemen Anemia pada Penyakit Ginjal Kronik PERNEFRI.

Purwinigtyas et al. 2019. Erythropoietin-Alpha in Chronic Kidney Disease Patients. Fol Med Indones, Vol. 55 No. 4 December 2019 : 306 – 310.

Saragih, D. A. 2010. Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kualitas Hidup Pasien Gagal Ginjal Kronis yang Menjalani Terapi Hemodialisa di RSUP Haji Adam Malik Medan.

Supriyadi, Wagiyo, & Widowati, SR. 2011. Tingkat kualitas hidup pasien gagal ginjal kronik terapi hemodialisis. Jurnal kesehatan masyarakat.

Kandarini, Yenny. 2013. Penatalaksanaan Anemia pada Penyakit Gagal Ginjal Kronik.




DOI: https://doi.org/10.33024/jfm.v4i1.4811

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.licenseURL##: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/