ISOLASI DAN IDENTIFIKASI SENYAWA AKTIF ANTIRADIKAL BEBAS DARI KULIT BATANG KEPUH (Sterculia foetida L.)

Ni Wayan Rika Kumara Dewi, Made Dwike Swari Shanti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menentukan senyawa aktif antiradikal bebas dari kulit batang kepuh (Sterculia foetida L.). Uji aktivitas dilakukan secara invitro dengan metode DPPH (1,1-diphenyl-2-pycrylhidrazyl). Teknik pemisahan dilakukan dengan kromatografi kolom dan diidentifikasi dengan spektrofotometer FTIR dan UV-Vis.

Hasil maserasi yang memiliki aktivitas adalah ekstrak etanol. Selanjutnya dipartisi dengan etil asetat dan kloroform, diperoleh ekstrak kloroform yang menunjukkan hasil uji aktivitas antiradikal bebas yang paling tinggi dan dilanjutkan teknik pemisahan. Ekstrak dipisahkan dengan kromatografi kolom dengan fase diam silika gel. Pemisahan dan pemurnian menghasilkan 9 fraksi gabungan (A, B, C, D, E, F, G, H, I). Berdasarkan uji antiradikal bebas, semua fraksi menunjukkan hasil positif antiradikal bebas, yang relatif murni secara KLT adalah fraksi B yang berbentuk serbuk berwarna kuning muda seberat 0,0325 gram. Identifikasi dengan pereaksi Leibermann Burchard menunjukkan isolat FB adalah golongan senyawa triterpenoid. Spektrum UV-Vis dari isolat FB dengan dua puncak utama yang muncul pada panjang gelombang 212 nm sebagai λ maks diduga jenis transisi yang terjadi pada panjang gelombang 212 nm kemungkinan diakibatkan oleh terjadinya transisi elektronik dari n-σ* dari kromofor C=O dan puncak yang lain berupa bahu pada panjang gelombang 284 nm diakibatkan oleh terjadinya transisi elektronik n-π* dari ikatan rangkap C=O. Dugaan ini diperkuat oleh data dari spektrum inframerah yang menunjukkan adanya gugus fungsi –OH, CH alifatik, C=O, C=C alifatik, dan C-O.


Kata Kunci


Sterculia foetida L; antiradikal bebas;triterpenoid

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arya A.M., Ervizal A.M.Zuhud, Agus Hikmat, 2015, ‘Populasi, Sebaran dan Asosiasi Kepuh (Sterculia foetida L.) di Kabupaten Sumbawa Nusa Tenggara Barat’, Media Konservasi, Vol. 20, No. 3, hh. 277-287.

Doan Tran Duy Cuong, Ha Tuan Dat, Nguyen Trung Duan, Pham Dinh Thuong, Nguyen Tan Phat, Mai Dinh Tri, Dang Van Son, Nguyen Thi Hoa, Phan Nguyen Kim Tuyen, Nguyen Kim Phi Phung, 2019, ‘Isolation and Characterization of Six Flavonoids from The Leaves of Sterculia foetida Linn’, Vietnam J. Chem, 57 (4), 438-442.

Gunawan I W.G. dan Karda I M., 2015, ‘Identifikasi Senyawa Minyak Atsiri dan Uji Aktivitas Antioksidan Ekstrak Etanol Kulit Batang Kepuh (Sterculia foetida L.), Chem. Prog., Vol.8, No.1, hh. 12-16.

Cahyani N.P.S.E., Susiarni J., Dewi K.C.S., Melyandari N.L.P., Putra K.W.A., Swastini D.A., 2019, ‘Karakteristik dan Skrining Fitokimia Ekstrak Etanol 70% Batang Kepuh (Sterculia foetida L.)’, Jurnal Kimia (Journal of Chemistry), 13 (1), hh. 22-28.

Maryanti A. dan Hendarti R.L., 2014, Budidaya Kepuh (Sterculia foetida L.) untuk Antisipasi Kondisi Kering, IPB




DOI: https://doi.org/10.33024/jfm.v5i1.6799

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.licenseURL##: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/