PENGUKURAN TINGKAT PENGETAHUAN SWAMEDIKASI TERHADAP PENYAKIT GASTRITIS PADA MASYARAKAT DI KELURAHAN GEDONG AIR BANDAR LAMPUNG

Fegy Seftia, Ardiyansyah Ardiyansyah, Rizky Hidayaturahmah

Sari


ABSTRAK
Latar Belakang. Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2011 menyajikan data, terdapat persentase penduduk yang mengalami keluhan kesehatan sebanyak 29,31% dan persentase penduduk yang mengobati sendiri 66,82%. Masyarakat dengan keluhan sakit gastritis yang melakukan swamedikasi sebesar 50%. Data BPS 2015 Gastritis masuk urutan ke 2 dari 10 daftar penyakit terbanyak di Lampung dengan jumlah kasus 163,318 (Dinkes Prov. Lampung, 2015). Gastritis adalah penyakit radang lambung yang mengganggu pencernaan karena adanya rasa tidak nyaman yang berasal dari daerah abdomen bagian atas, terjadi akibat peradangan pada lapisan permukaan mukosa lambung. Faktor dari dalam diri seperti stress, emosional, sedangkan faktor dari luar contohnya konsumsi makanan pedas dan konsumsi obat seperti obat pereda nyeri (Suryono, 2016). Tujuan penelitian dilakukan adalah agar dapat mengukur tingkat pengetahuan swamedikasi terhadap penyakit gastritis pada masyarakat di Kelurahan Gedong Air RT 004 Bandar Lampung. Penelitian ini dilakukan dengan cara pengisian kuesioner. Sampel penelitian ini berjumlah 50orang dan teknik pengambilan sampel yang digunakaan adalah purposive sampling. Kemudian data diinput menggunakan SPP dengan Metode Uji Analisis Univariat Skala Guttman. Hasil. Tingkat pengetahuan masyarakat Kelurahan Gedong Air RT 004 tentang gastritis tergolong baik (80%) , Kesimpulan. tingkat pengetahuan masyarakat Kelurahan Gedong Air RT 004 tentang gastritis berada pada ketegori baik.


Kata Kunci


Pengetahuan, Swamedikasi, Gastritis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2006. Proseder Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Depkes RI. 2012. Profil Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2012. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Kurnia. 2011. Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Gastritis Pada Pasien Yang berobat Jalan Di Puskesmas Gulai Bancah Kota Bukit Tinggi. Fakultas Kedokteran. Universitas Andalas.

Permatananda, P.A.N.K., Kristin, E., Endharti, D., Pinzon, R.T., & Sumada, I.K. (2018). Adverse Event of Antiepileptic Drugs: A Cross Sectional Study. MATEC Web of Conference 197 07004.

Prof, R., Manado, R. D. K., Rondonuwu, A. A., Wullur, A., & Lolo, A. (2014). Kajian Penatalaksanaan Terapi Pada Pasien Gastritis Di Instalasi Rawat Inap, 3(3), 303–309.

Suryono., Meilani, Ratna D. 2016. Pengetahuan Pasien Dengan Gastritis Tentang Pencegahan Kekambuhan Gastritis. Jurnal AKP. Vol. 7, No. 2.




DOI: https://doi.org/10.33024/jfm.v6i1.8133

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##