Potensi Interaksi Obat Antihipertensi Pada Pasien Hipertensi Di Puskesmas Rantau Tijang Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus

Dananta Tri Hani Umpuan, Annisa Primadiamanti, Martianus Perangin Angin

Sari


Berdasarkan data World Health Organization (WHO), penyakit hipertensi ini menyerang 22% penduduk dunia dan diperkirakan pada tahun 2025 akan ada 1,5 miliar orang terkena hipertensi, dan setiap tahun 9,4 juta orang meninggal karena hipertensi dan penyakit hipertensi. komplikasinya (Riskesdas, 2018). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi risiko interaksi obat antihipertensi pada pasien hipertensi di Puskesmas Rantau Tijang Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus. Penelitian ini merupakan jenis penelitian non eksperimen dengan desain penelitian deskriptif. Pengambilan data secara retrospektif yaitu dari data rekam medis dan resep pasien hipertensi dengan penyakit penyerta periode Juli-Desember 2021 di Puskesmas Rantau Tijang Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus. Kemudian dianalisis menggunakan referensi dari drug.com. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik penderita hipertensi berdasarkan umur diperoleh hasil tertinggi pada umur 56-65 tahun sebanyak 30 penderita (38%). Karakteristik penderita hipertensi berdasarkan jenis kelamin, sebagian besar penderita wanita yaitu 50 penderita (62%). Karakteristik penderita hipertensi berdasarkan tekanan darah paling banyak ditemukan pada hipertensi stadium 1 sebanyak 40 penderita (50%). Diagnosis hipertensi dengan penyakit penyerta dengan jenis penyakit terbanyak terjadi pada dispepsia sebanyak 15 pasien (19%). Berdasarkan profil penggunaan obat antihipertensi dari 80 kasus, obat tunggal yang paling banyak digunakan adalah calcium channel blocker (amlodipine) sebanyak 62 kasus, sedangkan obat kombinasi yang paling banyak digunakan adalah calcium channel blocker (amlodipine) dengan angiotensin converting enzyme inhibitor. (kaptopril). 5 kasus. Berdasarkan tingkat keparahannya, kasus terbanyak adalah sedang sebanyak 41 kasus (80%), keparahan ringan 5 kasus (10%), keparahan berat 5 kasus (10%). Berdasarkan mekanisme farmakodinamik sebanyak 41 kasus (80%), dan mekanisme farmakokinetik sebanyak 10 kasus (20%). Dapat disimpulkan bahwa dari 80 kasus interaksi obat, 43 kasus (54%).


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adam, L. 2019. Determinan Hipertensi Pada Lanjut Usia. Jurnal Jambura Health and Sport, vol.1, no.2.

Agustin, O.M., Fitrianingsih. 2020. Kajian Interaksi Obat Berdasarkan Kategori Signifikansi Klinis Terhadap Pola Peresepan Pasien Rawat Jalan di Apotek X Jambi. Jurnal Farmasi, 1 (1), 01-10.

Agustina, R., Annisa, N., Prabowo, W.C. 2015. Potensi Interaksi Obat Resep Pasien Hipertensi di Salah Satu Rumah Sakit Pemerintah di Kota Samarinda. Jurnal Sains dan Kesehatan, 1 (4), 208-213.

Ahadiah, N., Suhardiana, H.E., Handayani, N. 2019. Evaluasi Kesesuaian Obat dan Dosis Antihipertensi di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit X Kota Tasikmalaya. Jurnal Media Informasi, 15 (2).

Ansar, J., Dwinata, I., M.A. 2019. Determinan Kejadian Hipertensi Pada Pengunjung Posbindu di Wilayah Kerja Puskesmas Ballaparang Kota Makassar. Jurnal Nasional Ilmu Kesehatan, 1 (3), 28-35.

Depkes RI, 2009. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tentang Kesehatan. Jakarta :

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kemenkes RI, 2016. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 74 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas. Jakarta : Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Mahamudu, Y.S., Citraningtyas, G., Rotinsulu, H. 2017. Kajian Potensi Interaksi Obat Antihipertensi Pada Pasien Hipertensi Primer di Instalasi Rawat Jalan RSUD Luwuk Periode Januari-Maret 2016.

Jurnal Ilmiah Farmasi, 6 (3).

Polopadang, Y., Mongie, J., Maarisit, W., Karauwan, F., 2021. Pola Peresepan Penggunaan Obat Antihipertensi di UPTD Puskesmas Airmadidi. Jurnal Biofarmasetikal Tropis, 4 (1),

-101.

Ramadhani, R., Bina, N.S. 2021. Statistika Penelitian Pendidikan. Analisis Perhitungan Matematis dan Aplikasi SPSS. Jakarta : Kencana.

Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS). 2018. Laporan Nasional. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Riset.

Syamsudin. 2013. Interaksi Obat : Konsep Dasar dan Klinis. Jakarta : UI Press.

Tim Bumi Medika. 2017. Berdamai dengan Hipertensi. Jakarta : Bumi Medika.

Zuniarto, A.A., Pandanwangi, S., Noviani, A. 2020. Kajian Interaksi Obat pada Resep di Poli Penyakit dalam RSU X Cirebon. Jurnal Ilmiah Indonesia, 5 (4).




DOI: https://doi.org/10.33024/jfm.v6i2.8167

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##