HUBUNGAN KINERJA PERAWAT DALAM TINDAKAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP PENYAKIT DALAM

Teguh Pribadi

Abstract


Kepuasan pelanggan adalah selisih kinerja institusi pelayanan keperawatan dengan harapan pasien sebagai penerima pelayanan. Cakupan pelayanan kesehatan rujukan di rumah sakit di Kota Bandar Lampung tahun sebesar 289.976 kunjungan rawat inap. Cakupan kunjungan rawat inap tertinggi terdapat pada RSUD Dr.H.Abdul
Moeloek sebesar 44.899. Wawancara dengan 10 pasien yang dirawat di ruangan penyakit dalam RSUD dr.H.Abdul Moeloek didapatkan (10%) mengatakan tidak puas dalam daya tanggap menanggapi keluhan pasien.
(30%) pasien puas pada keramahan dan sopan perawat. (30%) tidak puas kepada perawat yang terkesan tidak teliti selama memberikan tindakan. (30%) pasien mengeluh kurangnya perawat melakukan komunikasi.
Fenomena ketidakpuasan pasien dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah faktor kinerja pelayanan keperawatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kinerja perawat dalam tindakan
keperawatan dengan kepuasan pasien rawat inap penyakit dalam RSUD dr.H.Abdul Moeloek Provinsi Lampung tahun 2015.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan rancangan analitik observasional, menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pasien yang dirawat inap di Ruang Penyakit Dalam RSUD dr.H.Abdul Moeloek dengan hari rawat lebih dari 3 hari yang berjumlah 196 pasien. Sampel sebesar 66 orang menggunakan metode Proportionate Stratified random sampling . Analisis data menggunakan uji statistik Chi-Square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja perawat dalam tindakan keperawatan baik yaitu sebanyak 36 orang (54,5%), kepuasan pasien puas yaitu sebanyak 36 orang (54,5%). ada hubungan kinerja perawat dalam tindakan keperawatan dengan kepuasan pasien di ruang penyakit dalam RSUD dr.H.Abdul Moeloek Provinsi Lampung tahun 2015 dengan p-value 0,000<0,05 dan nilai OR 9,625. Diharapkan kepada pihak RSUD dr.H.Abdul Moeloek mengadakan rapat evaluasi secara rutin untuk mengetahui kendala yang dihadapi perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan kepada pasien.


Keywords


Kinerja perawat, Kepuasan pasien

Full Text:

PDF

References


Asmuji (2012). Manajemen Keperawatan konsep & aplikasi, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Azwar, Saifuddin (2013). Sikap manusia teori dan pengukurannya, Penerbit Pelajar Offset, Yogyakarta.Dinas kesehatan Kota Bandar Lampung (2013).

Profil Pelayanan Kesehatan Kota BandarLampung Tahun 2013, Bandar LampungHartono (2010). Manajemen Pemasaran untukRumah Sakit, penerbit Rineka Cipta.

Hastono (2007). Analisa Data Kesehatan,Penerbit Universitas Indonesia, Jakarta.

Ikhlashiah, Azura (2013). Skripsi.Gambaran tingkat kepuasanpasien dalam mutu pelayanankeperawatan di ruang rawat jalan RumahSakit Adenin Adenan Medan. ProgramStudi Ilmu Keperawatan UniversitasSumatera Utara Medan.

Kurniadi, Anwar (2013). Manajemenkeperawatan dan prospektifnya teori,konsep dan aplikasi , FalkultasKedokteran Universitas Indonesia,Jakarta.

Miranda, Dina (2014). Skripsi, Hubungan kinerjaperawat dengan kepuasan pasien diRuang Nuri RSUD dr. H. AbdulMeloek Provinsi Lampung 2014.ProgramStudi Ilmu KeperawatanUniversitas Malahayati BandarLampung.

Nursalam. (2013). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Penerbit Salemba Medika, Jakarta.

Nursalam (2014). Manajemen Keperawatanaplikasi dalam praktik keperawatanprofesional, Penerbit Salemba Medika, Jakarta.

Nursalam (2009). Manajemen Keperawatanaplikasi dalam praktik keperawatanprofesional. Edisi 2 Salemba Medika,Jakarta.

Notoatmodjo (2012). Promosi Kesehatan TeoriDan Aplikasi. edisi pertama. PT Rineka Cipta. Jakarta.

Octoberly, Angga Putra Lega (2014). Skripsi,Hubungan Motivasi Kerja Dengan kinerjaperawat pelaksana dalam memberikanasuhan keperawatan di Instalasi rawatinap Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H.Abdul Moeloek provinsi Lampung 2014.Program Studi Ilmu KeperawatanUniversitas Malahayati Bandar Lampung.

Rekam medik RSUD Abdoel Moeloek(2015). Laporan bulanan Jumlah pasien,BOR,ALOS,TOI bulan Januari,febuari,dan Maret. Bandar Lampung.

Rohmah, Nikmatur & Saiful Walid (2012).Proses Keperawatan teori & Aplikasi. ARRuzz Media Jogjakarta.

Siswanto (2013). Metodologi PenelitianKesehatan dan Kedokteran. Bursa Ilmu,Jogjakarta.

Sugiyono (2014). Statistika Untuk Penelitian.Penerbit Alfabeta, Bandung.

S.Suarli & Yanyan Bahtiar (2012).ManajemenKeperawatan dengan pendekatan Prakts. Erlangga Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.33024/hjk.v11i1.207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 HOLISTIK JURNAL KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.