HUBUNGAN PENGETAHUAN PENGELOLAAN MAKANAN DENGAN PRAKTEK HYGIENE SANITASI MAKANAN, PERALATAN MAKAN DAN KEBERSIHAN FASILITAS PADA KANTIN DI SEKOLAH DASAR NEGERI KOTA TANJUNGPINANG TAHUN 2013

Zainul Ikhwan, Hevi Horiza, Weni Enjelina

Abstract


 

Anak sekolah sebagai generasi penerus dan aset dan investasi utama dalam perkembangan dan keberlanjutan pembangunan. Oleh karenanya derajat kesehatannya perlu dijaga, dibina dan ditingkatkan. Sebagian besar anak sekolah dasar tidak sempat sarapan pagi sebelum berangkat ke sekolah. Hal ini disebabkan keterbatasan waktu orang tua, tidak sempat menyediakan sarapan ataupun anak yang tidak selera untuk sarapan. Makanan jajanan hadir sebagai jawaban atas permasalahan ini, dimana harganya sangat murah, mudah diperoleh dan banyak ragamnya, tapi disisi lain kualitas makanannya masih jauh dari aman, sehat dan bergizi. Upaya menyelenggarakan sanitasi makanan yang efektif melalui makanan, manusia, dan peralatan. Tujuan penelitian : hubungan pengetahuan pengelolaan makanan dengan praktek hygiene sanitasi makanan, peralatan makan dan kebersihan fasilitas pada kantin di Sekolah Dasar Negeri Kota

Tanjungpinang Tahun 2013

Jenis penelitian deskriftif analitik, penelitian lapangan yang bersifat observasional dengan pendekatan cross

sectional.Data disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dengan mengunakan uji chi-square.

Karakteristik individu penjamah makanan 40,0% berusia 41-48 tahun, 73,9% perempuan, 73,9% telah bekerja 1-7 tahun, tamat SLTA37,8%, berstatus kawin 77,8%, sebanyak37,6% mengikuti penyuluhan, dan 44,4% sudah pelatihan. Pengetahuan hygiene sanitasi kategori baik 80,0%,tindakan hygiene sanitasi kategori 33,3% bertindakan kurang, tindakan hygiene sanitasi peralatan 98,7% pada tindakannya tidak terdapat kawat kasa pada ventilasinya, tindakan kebersihan fasiltas sanitasi 28,9% bertindakan kurang. Hasil analisi data diperoleh ada hubungan pengetahuan pengelolaan makanan dan tindakan hygiene sanitasi makanan (p=0,048) ; tidak ada hubungan yang signifikan antar pengetahuan pengelolaan makanan dan tindakan sanitasi peralatan makanan (p=0,114) dan tindakan sanitasi peralatan makanan (p=0,250)

Disarankan kepada Dinas kesehatan membentuk sentra pedagang untuk sekolah serta meningkatkan upaya pengawasan dan pembinaan dan peningkatan pengetahuan siswa sebagai konsumen makanan jajanan tentang keamanan dan keracunan makanan. Bagi Dinas Pendidikan diharapkan memberikan pengetahuan dan pemahaman serta pembimbingan di lapangan baik dari segi penjaja makanan maupun terhadap murid dan terhadap kegiatan pembinaan dan pengawasan dipandang perlu dilakukan peningkatan melalui evalasi oleh instansi terkait secara berjenjang.

 


Keywords


Pengetahuan Penjamah Makanan, Hygiene SanitasiMakanan, Peralatan Makan

Full Text:

PDF

References


Agustina, Febria, 2009. Higiene Dan Sanitasi Pada Pedagang Makanan Jajanan Tradisional Di Lingkungan Sekolah Dasar Di Kelurahan Demang Lebar Daun Palembang.

Anonim, 2002, Memilih Makanandan Jajanan yang Sehat.

Balitang Depdiknas dan Lembaga Penelitian IPB.Bogor

Chandra,Budiman. 2006. Pengantar Kesehatan Lingkungan, EGC, Jakarta

Darma dan Gunawan, 2003, Higiene Dan Sanitasi Makanan Jajanan DiSimpang Selayang Kelurahan Simpang Selayang, Kecamatan Medan Tuntungan, Sumatera Utara. Medan.

Depkes RI, 1996. Pedoman Umum Program Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT-AS). Jakarta.

Depkes RI, 2001. Pedoman Penyuluhan gizi pada anak Sekolah oleh Petugas Puskesmas. Jakarta

Depkes RI, (2004). Prinsip Hygiene Sanitasi Makanan dan Minuman. Ditjen PPM dan PL. Jakarta.

Djaja, M. 2003. Banyak Makanan di Luar Rumah Tercemar Bakteri. http://www.kompas.com

Isnawati, 2003, Hubungan Higiene Sanitasi Keberadaan Bakteri Coliform Dalam Es Jeruk Di Warung Makan Kelurahan Tembalang Semarang Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 942/Menkes/SK/VII/2003 tentang Pedoman Persyaratan Hygiene Sanitasi Makanan Jajanan, Depkes RI.

Mukono, J. 2000. Prinsip Dasar Kesehatan Lingkungan. Airlangga University Press, Surabaya

Notoatmodjo, S. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta

Rachmawati, E. 2006. Waspadai Jajajan Anak di Sekolah.Penerbit Buku Kompas. Jakarta

Sabarguna, Subirosa Boy; et al (2011). Sanitasi Makanan dan Minuman Menuju Peningkatan Mutu Efisiensi Rumah Sakit. Salemba Medika. Jakarta

Sumantri, Arif, 2010. Kesehatan Lingkungan dan Perspektif Islam. Prenada Media. Jakarta.

Suwondo, A. 2004.Makalah Food Borne Diseases sebagai Salah Satu Sinyal Adanya Kontaminasi dan Bahan Toksik pada Pangan, Seminar Nasional Pangan dan Kesehatan. Universitas Diponegoro. Semarang.

Purnawijayanti HA, 2001. Sanitasi Higiene Dan Keselamatan Kerja Dalam Pengolahan Makanan, Jakarta

Qorih, M, Dkk. 1991. Penyuluhan Kesehatan Masyarakat di Bidang Sanitasi Makanan. APK, Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.33024/hjk.v8i4.268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 HOLISTIK JURNAL KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.