Pengaruh simulasi pelatihan bantuan hidup dasar (BHD) terhadap pengetahuan dan motivasi siswa tentang penanganan kejadian kecelakaan lalu lintas

Made Novita Sari, Eka Yudha Chrisanto, Usastiawaty Cik Ayu Saadiah Isnainy

Abstract


The effect of basic life support training simulation on knowledge and motivation of first aid in road traffic accidents among high school students 

Background: Basic Life Support is the main foundation used to save someone who is  experiencing cardiac arrest. Accidents are events that can cause injury or even cause  death. Based on a survey at the South Lampung Police, there were 295 accident data in  2020. 

Purpose: To know the effect of basic life support training simulation on knowledge and motivation of first aid in road traffic accidents among high school students

Method: A quantitative, using a quasi-experimental design, and two-group (intervention group and control group) pretest-posttest design was carried out at Yadika Natar High School, Lampung on 08 May 2021 - 09 June 2021. The population of all students with a sample of 32 participants. Collecting data using a questionnaire distributed to participants. Data analysis by univariate (frequency distribution) and bivariate (Wilcoxson test).

Results: Finding that most of the participants' knowledge and motivation before the simulation was 6 (37.5%) for knowledge and motivation less than 8 (50.0%). After a  simulation of the knowledge level of 16 (100%) participants with 16 (100%) participants having prime motivation. There is a relationship between the basic life support training simulation on increasing knowledge and motivation about handling traffic accidents with a P-value of 0.001 for knowledge and a P-value of 0.000 for participants' motivation.

Conclusion: There is a relationship between the basic life support training simulation with increasing students' knowledge and motivation about handling traffic accidents at Yadika  Natar High School South Lampung in 2021 with an M±SD value before the simulation of  5.56±1.711 for participant knowledge and 47.06±9.657 for participant motivation. Meanwhile, after the simulation, the M±SD value was 7.88±1.408 for participant knowledge and 67.94±3.586 for participant motivation. The researcher hopes that the school can cooperate with the trainers to provide health education and counseling regularly to students about first aid measures in the event of a traffic accident.

Keywords: Basic life support training;  Simulation; Knowledge; Motivation; First aid; Road traffic accidents; High school students

Pendahuluan: Bantuan hidup dasar merupakan pondasi utama yang digunakan untuk  menyelamatkan seseorang yang sedang mengalami serangan jantung. Kecelakaan adalah  suatu kejadian yang dapat menyebabkan cedera atau bahkan menyebabkan  kematian. Berdasarkan survei di Polres Lampung Selatan, terdapat 295 data kecelakaan  pada tahun 2020. 

Tujuan: Pengaruh simulasi pelatihan bantuan hidup dasar (BHD) terhadap pengetahuan dan motivasi siswa tentang penanganan kejadian kecelakaan lalu lintas

Metode: Penelitian kuantitatif, menggunakan desain quasi-experimental, dan  rancangan two group pretest-posttest, dilakukan di SMA Yadika Natar Lampung  Selatan bulan 08 mei 2021 - 09 juni 2021. Partisipannya sebanyak 32 yang di bagi dalam 2 kelompok yaitu kelompok intervensi dan kelompok kontrol dengan masing- masing kelompok sebanyak 16 partisipan. Pengambilan  sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 32 partisipan. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang dibagikan  ke partisipan. Analisis data secara univariat (distribusi frekuensi) dan bivariat (uji  wilcoxon). 

Hasil: Diketahui pada kelompok intervensi sebagian besar pengetahuan dan motivasi partisipan sebelum simulasi  adalah 6 (37.5%) untuk pengetahuan dan motivasi kurang dari 8 (50.0%). Setelah  dilakukan simulasi tingkat pengetahuan baik sebanyak 16 (100%) partisipan dengan 16  (100%) partisipan memiliki motivasi tinggi. Ada hubungan antara simulasi pelatihan  bantuan hidup dasar terhadap peningkatan pengetahuan dan motivasi siswa tentang  penanganan kecelakaan lalu lintas dengan nilai P value sebesar 0.001 untuk pengetahuan  dan nilai P value sebesar 0.000 untuk motivasi partisipan. 

Simpulan: Ada hubungan antara simulasi pelatihan bantuan hidup dasar dengan  peningkatan pengetahuan dan motivasi siswa tentang penanganan kecelakaan lalu lintas  di SMA Yadika Natar Lampung Selatan tahun 2021 dengan nilai M±SD sebelum  simulasi sebesar 5.56±1.711 untuk pengetahuan partisipan dan 47.06±9.657 untuk  motivasi partisipan. Sedangkan setelah dilakukan simulasi didapatkan nilai M±SD  sebesar 7.88±1.408 untuk pengetahuan partisipan dan 67.94±3.586 untuk motivasi  partisipan. Peneliti berharap pihak sekolah dapat bekerjasama dengan para pelatih untuk  memberikan penyuluhan dan pendidikan kesehatan secara berkala kepada siswa tentang  tindakan pertolongan pertama pada saat terjadi kecelakaan lalu lintas. 

 


Keywords


Simulasi pelatihan bantuan hidup dasar (BHD); Pengetahuan; Motivasi; Siswa; Penanganan; Kecelakaan lalu lintas

References


Abdillah, P. P. (2020). Pengaruh Pemberian Pelatihan Bantuan Hidup Dasar Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Pada Siswa SMKN 1 Geger Madiun (Doctoral Dissertation, Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun).

Anisah, R. L., & Parmilah, P. (2020). Edukasi Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) Bagi Palang Merah Remaja (PMR) Meningkatkan Kesiapan Menolong Korban Kecelakaan (First Aid Education For Youth Red Cross Improve Readiness To Help Accident Victim). Jurnal Kesehatan, 9(2), 112-119.

Badan Pusat Statistik Republik Indonesia. (2018). Statistik Transportasi Darat 2018. Diambil Dari Jakarta: BPS RI/BPS-Statistics Indonesia: Https://Www. Bps.Go. Id/Publication/2019/11/27/7fdd3379108b4a60e046f4c8/Statistik-Transportasi-Darat-2018.Html.

Buamona, S., Kumaat, L. T., & Malara, R. T. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan Bantuan Hidup Dasar (Bhd) Pada Kecelakaan Lalu Lintas Pada Siswa SMA Negeri 1 Sanana Kabupaten Kepulauan Sula Maluku Utara. Jurnal Keperawatan, 5(1).

Hidayah, I. (2017). Pengaruh Pelatihan Bantuan Hidup Dasar Terhadap Peningkatan Motivasi Menolong Korban Kecelakaan Lalu Lintas Pada Polisi Kota Yogyakarta.Universitas Muhammadiyah: Yogyakarta.

Humaerah, P. (2020). Studi Gambaran Intensitas Pemakaian Gawai dan Pengaruhnya Terhadap Kesehatan serta Prestasi Belajar Siswa di SMA Handayani Sungguminasa (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).

Irman, O. (2019).Sikap Dengan Motivasi Dalam Memberikan Pertolongan Pertama Kasus Kecelakaan Lalu Lintas Pada Siswa Siswi SMK Negeri 1 Maumere. Journal Of Nursing Care And Biomoleculer, 4(1), 5-11.

Khalilati, N., Firdaus, S., & Rukmana, H. (2020). Efektifitas Skill Bantuan Hidup Dasar (Bhd) Dengan Metode Simulasi Dengan Kemampuan Siswa Di Sman 1 Tabunganen. Dinamika Kesehatan: Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan, 11(2), 446-456.

Marselena, S. F. A., Sudarsih, S., & Wahyuningsih, B. D. (2020). Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Tingkat Pengetahuan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Lalu Lintas Pada Remaja Karang Taruna Desa Jabon.

Mulyadi, N., & Katuuk, M. E. (2017).Pengaruh Simulasi Tindakan Resusitasi Jantung Paru (Rjp) Terhadap Tingkat Motivasi Siswa Menolong Korban Henti Jantung Di SMA Negeri 9 Binsus Manado. Jurnal Keperawatan, 5(1).

Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Octavia, S. A. (2020). Motivasi Belajar Dalam Perkembangan Remaja. Deepublish.

Prayitno, S., & Arini, T. (2021).Efektivitas Pelatihan Bantuan Hidup Dasar Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Pada Siswa. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 11(1), 133-142.

Saputro, W. W., & Jadmiko, A. W. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Simulasi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan di SMK Negeri 1 Mojosongo Boyolali (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Sari, A. P., & Utami, N. (2019). Pengaruh Intensitas Penggunaan Internet Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMA Negeri 13 Kerinci. JUANG: Jurnal Wahana Konseling, 2(1), 1-12.

Sary, Y. N. E. (2017).Perkembangan Kognitif Dan Emosi Psikologi Masa Remaja Awal. J-PENGMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1).

Suardana, I. W., & Mustika, I. W. (2017). Pelatihan Resusitasi Jantung Paru Terhadap Motivasi Menolong Korban Henti Jantung Pada Pelaku Wisata. Jurnal Gema Keperawatan, 10(1), 70-75.

Sukmandari, E. A., & Subekti, A. T. (2020). Penerapan Keselamatan Berkendara Pada Remaja Sebagai Upaya Menurunkan Angka Kecelakaan Lalu Lintas. Jabi: Jurnal Abdimas Bhakti Indonesia, 1(2), 7-7.

Syaiful, S., Dahlan, D., Larasati, R., & Martiningsih, M. (2019).Pengetahuan Siswa Tentang Bantuan Hidup Dasar (Bhd) Dengan Motivasi Menolong Korban Henti Jantung Pada Pelajar Sma. Bima Nursing Journal, 1(1), 26-33.

Syapitri, H., Hutajulu, J., Gultom, R., & Sipayung, R. (2020).Simulasi Bantuan Hidup Dasar (Bhd) Di SMK Kesehatan Sentra Medika Medan Johor. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 218-222.

Wahyuddin, M. (2020).Tingkat Pengetahuan Siswa Smk Baznas Sulawesi Selatan Tentang Tindakan Bantuan Hidup Dasar (Bhd). Jurnal Kesehatan Marendeng, 4(1), 35-40.




DOI: https://doi.org/10.33024/hjk.v15i3.4754

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Holistik Jurnal Kesehatan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.