Pengaruh edukasi metode bernyanyi dan video animasi cuci tangan pakai sabun terhadap kemampuan mencuci tangan dengan benar pada siswa-siswi taman kanak -kanak
Abstract
Hand washing in kindergarten school students using demonstration, song, and animated video
Background: Awareness to maintain personal health must be instilled from an early age. Pre-school-age children have a habit of paying less attention to the proper use of handwashing. One method of health promotion about hand washing that is interesting for children is the singing and animated video.
Purpose To determine the effect of using demonstration, song, and animated video about proper handwashing among kindergarten school students
Method: Quantitative research with two group pre-test post-test design. The population was all students at Hidayatullah Waydadi Kindergarten, Bandar Lampung City, and the samples were total population, as many as 46 students, divided by 2 groups, demonstration, song, and animated video. Each group consists of 23 participants. Data was collected with a checklist and observation sheets. The statistical test used Wilcoxon signed-rank test.
Results: The finding of 46 participants, before having intervention, all participants were improperly in handwashing (100%), and after having the intervention of demonstration, song, of 18 (78%) had a properly in handwashing and by an animated video of 19 (83%). Wilcoxon statistical test both groups showed p-value = 0.000 < (0.05).
Conclusion: There was an effect of using demonstration, song, and animated video about proper handwashing among kindergarten school students. The result by using an animated video it was more effective
Suggestion: It is necessary to apply to learn to use demonstrations, songs, and animated videos about properly and correctly handwashing among kindergarten school students. By using, animated video learning is easier to understand to the student.
Keyword: Hand washing; Kindergarten school students; Demonstration; Song; Animated video
Pendahuluan: Kesadaran untuk menjaga kesehatan diri, harus ditanamkan sejak dini. Anak usia pra sekolah mempunyai kebiasaan kurang memperhatikan perilaku mencuci tangan. Salah satu metode promosi kesehatan tentang cuci tangan yang menarik untuk anak yaitu dengan metode bernyanyi dan video animasi.
Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh demonstrasi, bernyanyi dan vieo animasi terhadap kemampuan cuci tangan pada siswa-siswa taman kanak-kanak (TK).
Metode:Penelitian kuantitatif dengan desain two group pre-test post-test. Populasinya adalah siswa-siswa TK Hidayatullah Waydadi, dan sampel menggunakan total populasi sebanyak 46 orang. Masing-masing grup berisi 23 partisipan. Pengumpulan data dengan lembar check list dan observasi. Uji statistik menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test.
Hasil: Diperoleh hasil dari 46 responden, sebelum intervensi seluruh responden tidak mampu melakukan tindakan cuci tangan dengan benar (100%), sesudah diberikan intervensi metode bernyanyi yang mampu melakukan tindakan cuci tangan dengan benar sejumlah 18 (78%) dan sejumlah 19 (83%) mampu melakukan cuci tangan engan benar melalui metode video animasi. Uji statistik Wilcoxon menunjukkan p value = 0,000 < α (0,05).
Simpulan: Terdapat pengaruh edukasi metode bernyanyi dan metode video animasi cuci tangan pakai sabun terhadap kemampuan mencuci tangan pada siswa-siswa taman kanak-kanak (TK).
Saran: Perlu diterapkan pembelajaran menggunakan demonstrasi, lagu, dan video animasi tentang cuci tangan yang baik dan benar di kalangan siswa sekolah TK dengan menggunakan video animasi pembelajaran lebih mudah dipahami oleh siswa.
Keywords
References
Ahmad, M., Nikmah, A. N., & Putri, N. L. M. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Cuci Tangan Melalui Metode Cerita Bergambar Terhadap Keterampilan Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Mahasiswa Kesehatan, 1, 8.
Andriani, V. D. (2017). Pengaruh Media Audio Visual Cuci Tangan Terhadap Kemampuan Cuci Tangan Pakai Sabun Anak Pra Sekolah. STIKES-Insan Cendekia Medika Jombang.
Badan Pusat Statistik. (2018). Proporsi Populasi yang Mempunyai Kebiasaan Cuci Tangan yang Benar menurut Wilayah (Persen). Badan Pusat Statistik. diakses melalui https://www.bps.go.id/indikator/indikator/view_data/0000/data/1813/sdgs_6/1
Buana, D. R. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-, 7(3).
Dewi, P. Y. A. (2017). Pengaruh Pelatihan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Terhadap Perilaku Mencuci Tangan Pada Anak Sekolah Dasar Di Sdn Mangge 2 Desa Mangge Kecamatan Barat Kabupaten Magetan Tahun 2017. Prodi S1 Keperawatan-STIKES Bhakti Husada Madiun.
Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung. (2020). Profil Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung.
Dinas Kesehatan Provinsi Lampung. (2020). Satuan Tugas Penanganan COVID-19. Apa Yang Dimaksud Dengan Pandemi? Satuan Tugas Penanganan COVID-19. https://covid19.go.id/tanya-jawab?search=Apa yang dimaksud dengan pandemi
Dinas Kesehatan Provinsi Lampung. (2021). Satuan Tugas Penanganan COVID-19. Peta Sebaran Kasus Per Provinsi. Diakses melalui Https://Covid19.Go.Id/Peta-Sebaran-Covid19. https://covid19.go.id/peta-sebaran-covid19
Ekasari, F., Farich, A., & Supiyah. (2013). Pengaruh Pengetahuan Ibu, Paparan Media, Peran Petugas Kesehatan Dan Dukungan Keluarga Terdekat Terhadap Pemberian Asi Eksklusif Di Wilayah Kecamatan Metro Selatan Kota Metro Tahun 2012. Jurnal Dunia Kesmas, 2(April), 80–85.
Fatmawati L, Syaiful Y, Ratnawati D.( 2019 ).Pengaruh Audiovisual Menonton Film Kartun TerhadaP Tingkat Kecemasan Saat Prosedur Injeksi Pada Anak Prasekolah.Jurnal Ilmiah Kesehatan.2(2)
Jayastri, N. P. C. (2014). Pengaruh Bernyanyi Lagu Cuci Tangan terhadap Pelaksanaan Teknik Mencuci Tangan Anak Prasekolah. FK-UDAYANA Denpasar.
Juliawan, D. G., Mirayanti, N. K. A., & Parwati, N. A. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Bernyanyi Lagu Cuci Tangan Terhadap Tindakan Mencuci Tangan Anak Prasekolah. Journal Center of Research Publication in Midwifery and Nursing, 3(1), 11–20.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.. (2018). Hasil Utama Riset Kesehatan Dasar. Kementerian Kesehatan RI Badan Penelitian Dan Pengembangan, 1–100. Diakses melalui http://www.depkes.go.id/resources/download/info-terkini/hasil-riskesdas-2018.pdf
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). 6 Langkah Mencuci Tangan Dengan Air Mengalir. diakses melalui https://infeksiemerging.kemkes.go.id/downloads/?dl_cat=7&dl_page=2#.XqE6dpmyTIV
Maryunani, A. (2017). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (2nd ed.). Trans InfoMedia.
Muliawan, J. U. (2009). Manajemen playgroup dan Taman Kanak-kanak. Diva Press.
Notoatmodjo, S. (2014a). Ilmu Perilaku Kesehatan (2nd ed.). Rineka Cipta.
Notoatmodjo, S. (2014b). Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan. PT. Rineka Cipta.
Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.
Pinasti, F. D. A. (2020). Analisis Dampak Pandemi Corona Virus Terhadap Tingkat Kesadaran Masyarakat dalam Penerapan Protokol Kesehatan. Wellness And Healthy Magazine, 2(2), 237–249.
Priyoto, P. (2015). Perubahan Dalam Perilaku Kesehatan. Graha Ilmu.
Priyoto, P. (2020). Teori Sikap & Perilaku dalam Kesehatan (Pertama). Nuha Medika.
Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L., Nelwan, E. J., Chen, L. K., Widhani, A., Wijaya, E., Wicaksana, B., Maksum, M., Annisa, F., Jasirwan, C. O. M., & Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45. https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415
Titin Purnama Sari, T. (2020). Perbedaan Penggunaan Metode Film Dengan Metode Bernyanyi Lagu Mencuci Tangan Dengan Benar Terhadap Kemampuan Mencuci Tangan Pada Anak Pra Sekolah Di Tk Ra Al Islam 03 Gebang Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Kusuma Husada).
World Health Organization. (2021). To prevent infection and to slow transmission of COVID-19. Diakses melalui https://www.who.int/health-topics/coronavirus#tab=tab_2
DOI: https://doi.org/10.33024/hjk.v15i4.5768
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Holistik Jurnal Kesehatan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.