PERBEDAAN METODE CERAMAH DENGAN METODE DISKUSI TERHADAP PENGETAHUAN REMAJA TENTANG KESEHATAN REPRODUKSI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PEKALONGAN LAMPUNG TIMUR

Bambang Dwijo Prihatno, Ummi Romayati, Dina Dwi Nuryani

Abstract


Perilaku seksual remaja sudah menjadi permasalahan dilihat dari tingginya tingkat perilaku seksual remaja yang terjadi. Jumlah kasus aborsi di Indonesia mencapai 4 juta jiwa per tahun dan 700 ribu diantaranya dilakukan oleh remaja. Pemerintah mengupayakan penanganannya dengan  program kesehatan reproduksi remaja. Pendidikan Kesehatan merupakan salah satu metode untuk mencegah perilaku seksual remaja yang membahayakan. Tujuan penelitian ini adalah diketahui perbedaan metode ceramah dengan diskusi terhadap tingkat pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi di SMP Negeri 3 Pekalongan Lampung Timur tahun 2012.

 Desain penelitian yang digunakan adalah quasi ekperiment. Dengan populasi siswa kelas VIII SMP Negeri  Pekalongan yang berjumlah 84 orang. Tekhnik pengambilan sampel dengan total populasi. Analisa data dengan menggunakan uji t indepandent.

 Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pengetahuan siswa sebelum penyuluhan adalah 6,50, rata-rata pengetahuan siswa sesudah penyuluhan dengan ceramah adalah 7,46, dan rata-rata pengetahuan siswa sesudah penyuluhan dengan diskusi adalah 8,64. Ada perbedaan antara metode ceramah dengan metode diskusi terhadap pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pekalongan Lampung Timur tahun 2012 ( ρ = 0,00 pada α = 5 % ). Dengan hasil penelitian tersebut disarankan kepada institusi pendidikan untuk memberikan informasi melalui penyuluhan dengan menggunakan metode diskusi kepada peserta didik tentang kesehatan reproduksi remaja sehingga siswa termotivasi untuk tidak melakukan perilaku seksual yang membahayakan.

 


Keywords


Kesehatan Reproduksi, Ceramah, dan Diskusi

Full Text:

PDF

References


Armai Arief, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Ciputat Pers, Jakarta, 2002.

BKKBN Provinsi Lampung, Remaja Hari Ini Adalah Pemimpin Masa Depan, Bandar Lampung, 2009.

Departeman Kesehatan RI, Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2005, Jakarta, 2006

Departemen Pendidikan dan Perpustakaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, 2002

Dasuki, Perbandingan Penggunaan Metode Ceramah dan Diskusi dalam Memahami Pelajaran Akidah Akhlak di MAN 11 Lebak Bulus Jakarta Selatan, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, 2006.

Effendy, Dasar-dasar Keperawatan Kesehatan Masyarakat, Rineka Cipta, Jakarta, 1998.

Hastono, Analisa Data, Fakultas Kesehatan Masyarakat UI, Depok, 2001.

Hatta, Muhammad, Pengantar llmu Pengetahuan, Yayasan Bina Pustaka.Jakarta, 1996

Hurlock, E, B, Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang rentang Kehidupan, Edisi ke-5, Erlangga, Jakarta, 1996

Notoatmojo, S, Metodologi Penelitian Kesehatan (edisi revisi),Rineka Cipta, Jakarta, 2005

Notoatmojo, S Ilmu Kesehatan Masyarakat Prinsip-Prinsip Dasar, (cet. kedua, 214 h), Rineka Cipta, Jakarta 2003

Notoatmojo, S , Pendidikan dan Perilaku Kesehatan, Rineka Cipta, Jakarta, 2003

Notoatmojo, S , Ilmu Kesehatan Masyarakat PrinsipPrinsip Dasar (cetakan kedua, 214 h), Rineka Cipta, Jakarta, 2005

Notoatmojo, S, Promosi Kesehatan & Ilmu Perilaku, Rineka Cipta, Jakarta, 2007

Pangkahila, Buku Ajar Tumbuh Kembang Remaja Dan Permasalahannya, CV. Agung Seto, Jakarta, 2004

PKBI Provinsi Lampung, Pendidikan Remaja Sebaya. www.pkbi.co.id, 2008

PKBI, Proses Belajar Aktif Kesehatan Reproduksi Remaja, Jakarta, 2004.

Prawirohardjo, Ilmu Kebidanan, Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo, Jakarta, 2005

Purwodarminto, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Balai Pustaka; Jakarta,1979.

Rumini dan Sundari, Memahami Remaja Dari Berbagai Persepektif Kajian Sosiologis. FISIP Universitas Airlangga, 2004

Roetiyah N.K., Strategi Belajar Mengajar, Rineka Cipta, Jakarta, 2008.

Samino, Cara Mudah Mengolah data Hasil Penelitian, FKM Unimal, 2010

Samino, Zaenal Abidin, Panduan Penulisan Skripsi, Fakultas Kesehatan

Masyarakat, Bandar Lampung, 2009.

Sarwono,Sarlito W, Psikologi Remaja, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2005

Soetjiningsih, Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahannya, Sagung Seto, Jakarta, 2008.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D,Alfabeta,Bandung,2009

Ucida, Perbedaan Metode Ceramah Dengan Metode Diskusi Terhadap Pengetahuan Remaja Tentang Narkoba Di SMK 2 Mei Bandar Lampung Tahun 2010, Skripsi FKM UNIMAL, Bandar Lampung, 2010

Wibowo, Kesehatan Reproduksi Remaja, Skala PKBI.

Jakarta, 1998 www,pskologi.co.id.

Ramonasari,2004. Remaja dan Kesehatan Reproduksi. Diakses pada tanggal 12 Februari 2012.

Zaluchu,F, Metode Penelitian Kesehatan, Cipta Pustaka Media, Bandung, 2005




DOI: https://doi.org/10.33024/hjk.v8i1.83

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 HOLISTIK JURNAL KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.