Pola asuh orang tua terhadap adiksi penggunaan gawai pada anak usia sekolah: Literature review
Abstract
Background: In this modern era, technological developments involving gadgets and gadgets are growing very rapidly. As adults, they already understand the use of the device and can control it themselves, but as children, they still tend to play, which has an addictive or addictive effect. Parenting patterns are very necessary to control and supervise the use of gadgets or gadgets in children.
Purpose: To determine the parenting pattern of the addiction to the use of gadgets in school-age children.
Method: Using a literature review study through a PEOS search strategy in one database, namely Google Scholar.
Results: There were 5 studies that met the inclusion criteria including using a cross-sectional, quasi-experimental design, and observational analytic; studies published between 2017-2022. Based on the results of the analysis, it was found that permissive parenting contributed to higher levels of gadget addiction in elementary school students. Democratic parenting affects the level of gadget addiction in elementary school students. Permissive parenting shows a high level of dependence among elementary school children.
Conclusion: Parenting patterns affect the level of device addiction in elementary school children.
Keywords: Parenting Style; Gadgets; Elementary school-age children
Pendahuluan: Di era modern ini, perkembangan teknologi yang melibatkan gadget dan gadget berkembang sangat pesat. Sebagai orang dewasa, mereka sudah memahami penggunaan perangkat dan dapat mengontrolnya sendiri, tetapi sebagai anak-anak, mereka masih cenderung bermain, yang efeknya menimbulkan kecanduan atau efek kecanduan. Pola asuh orang tua sangat diperlukan untuk mengontrol dan mengawasi penggunaan gawai atau gadget pada anak.
Tujuan: Untuk mengetahui pola asuh orang tua terhadap adiksi penggunaan gawai pada anak usia sekolah.
Metode: Menggunakan literature review study melalui strategi pencarian PEOS pada satu data base yaitu google scholar.
Hasil: Didapatkan 5 studi yang sesuai dengan kriteria inklusi diantaranya menggunakan desain cross-sectional, kuasi-eksperimental, observational analitik. studi yang dipublikasikan antara tahun 2017-2022. Berdasarkan hasil analisis didaptakn abahwa pola asuh permisif berkontribusi pada tingkat kecanduan gadget yang lebih tinggi pada siswa sekolah dasar. Pola asuh demokratis mempengaruhi tingkat kecanduan gadget pada siswa sekolah dasar. Pola asuh permisif menunjukkan tingkat ketergantungan yang tinggi di antara anak-anak sekolah dasar.
Simpulan: Pola asuh orang tua mempengaruhi tingkat kecanduan perangkat pada anak sekolah dasar.
Keywords
References
Adpriyadi, A., & Sudarto, S. (2020). Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dalam Pengembangan Potensi Diri Dan Karakter Anak Usia Dini. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 11(1), 26–38. https://doi.org/10.31932/ve.v11i1.572
Astrika, L. (2016). Intensi memilih mahasiswa dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun 2015 ditinjau dari pola asuh demokratis orang tua dan konformitas teman sebaya Lusia Astrika. Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 2(2), 5–11.
Aviani, D., Latiana, L., & Mulawarman, M. (2020). Dampak Gaya Pengasuhan Permisif Terhadap Penggunaan Gadget Pada Anak. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 3(1), 68–74.
Budiarti, A., Sustrami, D., & Febriani, V. (2022). The correlation between parenting styles and smartphone addiction among primary school students in Indonesia. International Journal Of Nursing And Midwifery Science (IJNMS), 6(1), 96-102.
Hafilda, A., Lestari, S., & Ratnasari, F. (2022). Hubungan pola asuh orang tua pada anak sekolah dasar dengan kecanduan gadget di desa mauk barat pada masa pandemi covid 19. Nusantara Hasana Journal, 1(12), 7-11.
Halawa, A., & Palan, M. Y. K. I. (2016). Hubungan Penggunaan Media Elektronik (Gadget) Dengan Perkembangan Sosial Anak Usia Sekolah. Jurnal Keperawatan, 5(2), 48–56. https://doi.org/10.47560/kep.v5i2.164
Katmini, K., & Syakur, A. (2020). Pola Asuh Orang Tua Otoriter dengan Kemampuan Activities Of Daily Living (ADL) pada Anak Retardasi Mental Usia 6-12 Tahun di SLB Yayasan Putra Asih Kediri Tahun 2018. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 5(1), 163–171.
Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. (2018). Kecanduan Gawai Ancam Anak-anak. Diakses dari: https://www.kominfo.go.id/content/detail/13547/kecanduan-gawai-ancam-anak-anak/0/sorotan_media
Masni, H. (2016). Peran Pola Asuh Demokratis Orangtua Terhadap Pengembangan Potensi Diri Dan Kreativitas Siswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 6(1), 58–74. http://dikdaya.unbari.ac.id/index.php/dikdaya/article/view/41
Moattari, M., Moattari, F., Kaka, G., Kouchesfahani, H. M., Sadraie, S. H., & Naghdi, M. (2017). Smartphone addiction, sleep quality and mechanism. Int J Cogn Behav, 1(002). https://doi.org/10.23937/ijcb-2017/1710002
Palit, H., & Aysia, D. (2017). Pengaruh Lama Waktu Penggunaan Gadget terhadap Kekuatan Genggaman Tangan.
Pratama, A. (2020). Peran Orangtua Dalam Mengawasi Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini (Studi Di Perumahan Griya Abdi Negara Kelurahan Sukabumi Bandar Lampung).
Pravitasari, T. (2012). Pengaruh Persepsi Pola Asuh Permisif Orang Tua Terhadap Perilaku Membolos. Educational Psychology Journal, 1(1), 1–8.
Rohim, A. (2021). Pengaruh Gadget Terhadap Tumbuh Kembang Anak Pada Saat Pandemi Covid-19.
Rusmianto, A., & Putra, K. P. (2020). Studi Pengetahuan Orang Tua tentang Gawai dan Pemberian Gawai pada Anak Usia 9-12 Tahun. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(1).
Sa'ngadah, N., Arief, Y. S., & Krisnana, I. (2020). Gambaran Pola Asuh Orang Tua pada Anak dengan Kecanduan Gadget. BIMIKI (Berkala Ilmiah Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia), 8(2), 56-62.
Suherman, R. N., Saidah, Q., Nurhayati, C., Susanto, T., & Huda, N. (2021). The relationship between parenting style and gadget addiction among preschoolers. Malaysian Journal of Medicine and Health Sciences, 17(June), 117–122.
Sumarni, T., & Sofiani, I. K. (2019). Pengaruh Gawai Dalam Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak Usia Dini (Studi Kasus Orang Tua dari Anak Usia 5 Tahun di TKIT Ibu Harapan Kecamatan Bengkalis). Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 11(1), 96-113.
Sussman, S., & Sussman, A. N. (2011). Considering the definition of addiction. International Journal of Environmental Research and Public Health, 8(10), 4025–4038. https://doi.org/10.3390/ijerph8104025
Widayani, S. (2020). Pembentukan Karakter Remaja Melalui Pola Asuh Demokratis Untuk Mencegah Kecanduan Gadget di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 276–281.
Yanizon, A., Rofiqah, T., & Ramdani, R. (2019). Upaya Pencegahan Pengaruh Gadget Pada Anak Melalui Kegiatan Penyuluhan Dan Sosialisasi Dampak Gadget Kepada Ibu-Ibu Kelurahan Tanjung Uma. Minda Baharu, 3(2), 133. https://doi.org/10.33373/jmb.v3i2.2065
DOI: https://doi.org/10.33024/hjk.v16i6.8304
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Holistik Jurnal Kesehatan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.